Artikel Fitur

Postingan Terbaru

5 Platform Blogging Terbaik yang Bisa Digunakan Pemula

Aktivitas blogging makin hari agaknya semakin diminati. Selain karena ngeblog bisa jadi aktivitas untuk mencurahkan isi hati—terutama buat emak-emak nih, ia juga bisa menghasilkan pundi-pundi. Pundi-pundi apa? Pundi-pundi uang dan pahala, tentu saja. Kalau tidak, ya...

5 Tips Manajemen Waktu Blogger Agar Tetap Produktif

Entah sudah berapa banyak orang bertanya berapa blog yang saya punya, dan setiap mereka bertanya, saya selalu mengaku bahwa blog saya tidak hanya satu. Faktanya memang begitu, walaupun di antara yang banyak itu ada yang terkesan “dianak-kandungkan” dan...

5 Cara Menerbitkan Buku yang Bisa Ditempuh Penulis

Pernahkah kamu bertanya-tanya, jika penulis ke toko buku, apa yang akan dilakukannya? Jika kamu mengira untuk mencari buku yang ingin dibaca, itu benar sih, tapi ada satu hal lagi yang mungkin dilakukan penulis di toko buku. Hal itu adalah untuk mengecek distrubusi...

Tips Mudah Menulis Bagi Pemula

Bagi mereka yang baru belajar menulis, menyelesaikan satu buah tulisan sama sulitnya dengan menyelesaikan soal matematika kelas olimpiade. Hmm, apakah perumpaan saya berlebihan? Tapi saya tidak becanda kok, itu sangat berbeda dengan orang yang sudah terbiasa menulis,...

Cara Menghadirkan Kembali Cinta di Antara Kita

Apa yang kamu lakukan ketika bertemu sahabatmu di tengah jalan? Ketika kamu dan dia (atau mereka) sudah lama sekali tidak bertemu. Jika boleh saya terka, mungkin sebagian dari kamu akan berteriak, menjabat tangannya erat-erat hingga memeluknya. Lalu bilang long time...

Cara Ampuh Agar Konsisten Menulis Sekali Sehari

Setiap kali cerita-cerita sama teman, khususnya seputar menulis atau kepenulisan, mereka hampir selalu bilang "kalau kamu iyalah, gampang menulis, sebentar juga selesai" dan pernyataan senada lainnya. Tapi sebenarnya tidak juga. Beberapa waktu belakangan saya bahkan...

10 Sunnah Idul Fitri yang Sayang Untuk Ditinggalkan

Menurutmu, apa yang paling erat kaitannya dengan momen hari raya Idul Fitri? Apakah baju baru, tunjangan hari raya, ketupat atau hal lainnya? Memang benar beberapa hal tadi itu sangat erat kaitannya dengan Idul Fitri, namun itu hanyalah bagian dari budaya atau kalau...

Belajar Menjadi Orang Jujur

Saya pribadi tak sekali-dua kali terjebak dalam dilema, antara harus mengatakan hal yang sebenarnya tapi sulit, atau justru berkilah untuk mengambil jalan nyaman. Salah satu contohnya, ketika saya mendapatkan tawaran pekerjaan tapi memaksa saya "harus berbohong",...

Ini Lho Manfaat Merawat Hobi atau Kegemaran

Meski semenjak duduk di sekolah dasar saya sudah hobi menulis, saya betul-betul baru menyeriusinya selepas duduk di tahun terakhir SMA. Waktu itu, saya jadi lebih banyak menulis puisi dan prosa. Pernah sekolah kami mengadakan lomba puisi dan cerpen di peringatan bulan...

12 Ketentuan Kuliah di Jerman Ini Perlu Kamu Tahu

Bisa kuliah di Jerman itu memang sesuatu banget. Pasalnya, Jerman adalah negara yang super keren untuk dijadikan destinasi belajar ke luar negeri kamu. Cuma, ada beberapa ketentuan yang harus kamu pahami sebelum kamu memilih untuk studi di Jerman apalagi sampai nekat...

Singkirkan Keraguan dengan Bertanya di Fitur Q&A Umma

Saya suka kesal banget ketika menonton televisi di bulan Ramadhan. Bukan, bukan karena iklan sirup berjamuran, tapi karena beberapa kesalahpahaman orang mengenai hal yang membatalkan puasa. Gimana gak kesal coba, pasalnya itu bisa menyesatkan bagi orang-orang awam...

7 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat. Ia adalah bulan di mana pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya dan pahala dari amalan baik atau ibadah ditingkatkan dari biasanya. Maka, tak heran jika para mubaligh kerap mengajak kita untuk memperbanyak ibadah di bulan...

5 Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Sehat

Semenjak dunia dilanda pandemi, saya jadi jarang keluar rumah. Jarangnya saya keluar rumah juga menjadikan saya jarang untuk jalan-jalan alias ngider ke mana gitu. Bahkan meskipun hanya untuk makan mie ayam yang merupakan kuliner favorit saya bersama istri. Yah,...

5 Cara Menjadi Influencer Kebaikan di Zaman Kekinian

Sebelum kita membahas mengenai cara menjadi influencer kebaikan, saya jadi teringat entah sudah berapa kali saya mengganti domain blog ini. Sebenarnya, ini adalah blog saya yang tertua, kamu bahkan bisa menemukan arsip tulisan lama saya di sini--yang tentu saja masih...

5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Seseorang yang Baperan

Rasanya kamu tidak asing lagi dengan istilah baper bukan? Itu adalah kependekan dari bawa perasaan. Sedangkan baperan berarti suka bawa perasaan. Memang ada-ada saja istilah orang-orang di zaman kekinian, waktu saya masih duduk di bangku sekolah dulu tak ada istilah...

Cara Belajar Efektif dengan 5 Study Skill Ampuh

Nyatanya terlalu banyak hal yang ingin kita pelajari, ini dan itu dan semuanya. Kapan semua ini akan selesai? Jawabannya gak akan pernah selesai! Kok sentimen banget, Da? Ya, memang sepanjang hidup kita harus belajar, bukan? Hidup itu adalah untuk belajar, maka selama...

5 Cara Menghindari Stres Agar Tubuh Tetap Sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat? Saya rasa semua kita ingin kesehatan tubuh kita selalu prima agar dapat menunjang berbagai pekerjaan di keseharian kita. Oh ya, sebenarnya saya amat jarang menulis topik kesehatan, tapi baru-baru ini saya membaca...

Balasan Jerih Payah Berkontribusi Untuk Organisasi

Ada satu lelucon yang agaknya lucu, sesuatu yang sebenarnya membuat saya cukup miris tapi ya memang begitu adanya. Konon ada perbedaan antara pegawai, relawan dan aktivis kampus. Pegawai bekerja, ia dibayar. Relawan bekerja, ia tidak dibayar. Nah kalau aktivis kampus?...

Ceritaku Bangun Usaha dan Pentingnya Email Profesional untuk Bisnis

Pernahkah kamu mendengar bahwa pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar? Jika pernah, apakah kamu setuju dengan itu? Saya kira, kamu pun tidak akan menolaknya. Bagaimana tidak, kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai dan mendapatkan “bayaran” dari itu. Ya, minimal...

10 Alasan Ini Akan Buatmu Mantap Menunda Cinta Demi Kuliah

Mungkin banyak orang di luar sana yang beranggapan prinsip yang kamu pegang hari ini adalah prinsip yang aneh, tapi benar deh, kamu tidak perlu berpikiran itu sesuatu yang perlu ditutup-tutupi. Tentang status percintaanmu kini, dan semua hal yang terkait padanya....

error: Konten dilindungi