Dear Millennial, Perluas Pengetahuanmu dengan IDN App dan Ciptakanlah Perubahan

oleh | Des 7, 2020

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang baik, agaknya kamu pasti tahu kutipan terkenal dari Bung Karno, proklamator dan presiden pertama bangsa ini. Beliau berkata: “Berikan aku 10 orang pemuda maka akan kugoncang dunia.”.

Tahukah kamu bahwa pernyataan tersebut adalah sesuatu yang tidak lekang oleh waktu? Maksud saya, sampai kapanpun generasi muda akan tetap memiliki potensi itu. Tepatnya, generasi muda itu adalah agen perubahan yang bisa membawa perubahan besar pada dunia.

Beberapa waktu yang lalu, dunia dihebohkan oleh seorang remaja bertama Greta Thunberg. Pernahkah kamu mendengar nama itu?

Greta Thunberg adalah remaja perempuan aktivis lingkungan yang fotonya pernah dinobatkan menjadi Person Of The Year 2019 versi majalah Time. Penobatan itu membuat Thunberg yang lahir pada Januari 2003 menjadi topik perbincangan dunia.

Dikutip dari idntimes.com, Thunberg menjadi tokoh yang dirujuk oleh Tri Mumpuni, pemberdaya listrik sekaligus Eksekutif Direktur IBEKA. Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki “Greta” lainnya.

“Greta” yang ia maksud adalah para generasi millennial yang memiliki inisiatif dalam menyelamatkan kondisi alam dengan menggunakan energi terbarukan.

“Kalian (pada generasi millennial) harus yakin kalau Indonesia diberikan karunia alam oleh Allah SWT dengan sangat luar biasa,” kata Tri dalam kesempatan menjadi salah satu pembicara di panggung Visionary Leaders untuk Indonesia Millennial Summit 2020.

Tapi pernah tidak sih kamu bertanya-tanya,..

Modal apa yang dimiliki millennial atau generasi muda saat ini sehingga bisa membawa perubahan?

Modal Generasi Muda Untuk Membawa Perubahan

Omong-omong, dari dulu memang pemuda berhasil mencatatkan perubahan besar dalam sejarah. Para pahlawan negeri ini juga memulai langkah perjuangannya ketika berusia muda. Di kelas, kamu mungkin pernah belajar mengenai sejarah pergerakan pemuda. Masihkah kamu ingat dengan organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo)?

Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi tersebut bersifat sosial, ekonomi dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, sekarang kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional lho. Kebangkitan nasional yang digagas para pemuda, tentunya.

Selain itu, sejarah juga mencatat satu tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Generasi muda memiliki berbagai kelebihan yang tidak dipunyai oleh golongan tua. Yah, meski terkadang jalan pikiran anak muda tidak selalu sejalan dengan golongan tua.

Ah, saya jadi teringat Peristiwa Rengasdengklok. Apa kamu pernah mengetahui itu?

Kebebasan pers di era reformasi sekarang ini juga tidak terlepas dari peran besar mahasiswa yang merupakan pemuda.

Terlepas dari itu, ternyata banyak juga lho kelebihan generasi muda (khususnya kaum millennial) yang bisa menjadi modal mereka, hmm maksud saya kita (ehem, saya juga masih muda dan masuk ke kaum millennial lho), untuk membawa perubahan pada negara dan dunia.

Apa saja itu? Yuk, disimak.

SATU

Sikap Kritis Dalam Memandang Masalah

Pasca kekalahan Jepang pada Perang Pasifik, generasi muda bersepakat untuk mendesak Soekarno-Hatta untuk mempercepat proklamasi kemerdekaan. Hal ini dilakukan agar kemerdekaan Indonesia tidak menjadi seolah pemberian dari Jepang.

Golongan muda saat itu ingin dua orang proklamator tersebut jauh dari pengaruh Jepang. Akhirnya “diculik”-lah kedua bapak bangsa itu dan dibawa ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945. Akibat sikap kritis dan desakan pemuda, akhirnya golongan muda dan golongan tua bersepakat dan proklamasi kemerdekaan bisa digelar dengan segera, tepatnya sehari setelah itu.

Sikap kritis terhadap masalah adalah modal yang dimiliki oleh generasi muda sepanjang masa. Millennial pun memiliki hal ini, bahkan millennial mestinya lebih kritis karena semakin banyak persoalan bangsa yang harus diselesaikan dan butuh kontribusi generasi muda di dalamnya.

Peristiwa Rengasdengklok (Foto: id.wikipedia.org)

DUA

Memiliki Ambisi Untuk Sukses

Sebagai generasi millennial, ada satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari diri kita, yaitu sifat ambisius dalam mencapai sesuatu. Sebuah paper yang dipublikasikan di The Journal of Values-Based Leadership mengatakan bahwa generasi millennial itu globally aware atau sadar global, canggih secara teknologi, berorientasi tim, optimis, jenius multi-tasking, ambisius dan selalu ingin tahu.

Lebih lanjut, jika ia adalah seorang pekerja, millennial ambisius untuk mendapatkan penghargaan atau sekadar untuk show up di hadapan publik. Sikap ini tentu juga menjadi bekal utama kita untuk terus berjuang demi ambisi mencapai kesuksesan.

Dan, kesuksesan dapat membawa perubahan, bukan? Mulai dari perubahan terhadap diri sendiri, keluarga dan orang-orang dekat, hingga perubahan pada negara dan dunia.

TIGA

Kepercayaan Diri yang Tinggi

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, millennial memiliki sikap optimis dalam melakukan sesuatu. Sikap optimis itu tentu dilatarbelakangi oleh sikap percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri yang tinggi dari millennial dapat membantu mereka menghadapi berbagai rintangan dengan sikap positif.

Kepercayaan diri tersebut juga mendorong millennial untuk kreatif dalam melakukan berbagai hal. Hal-hal itulah yang menjadi modal bagi kita, generasi muda kekinian, untuk dapat menciptakan perubahan-perubahan dari skala kecil hingga besar.

EMPAT

Punya Kemampuan Multi-Tasking yang Baik

Lahir di era yang sudah kaya dengan teknologi membuat millennial tumbuh dan terbiasa dengan berbagai perkerjaan dalam satu waktu tertentu. Bisa dibilang, lahir di era teknologi menjadi “privilege” tersendiri bagi mereka. Hak istimewa ini membuat kita, generasi muda saat ini, memiliki beragam keahlian yang bisa digunakan dalam mencapai prestasi-prestasi dan membuat perubahan-perubahan besar.

Sebagai contoh, banyak dari kaum millennial yang berhasil meraup uang dan mandiri dari perkerjaan sebagai gamers dan YouTubers tapi bisa tetap berpretasi di sekolah atau kampus. Era digital juga membuka peluang bagi millennial untuk mempelajari berbagai skill yang bermanfaat di tengah kesibukannya sebagai pelajar ataupun pekerja.

LIMA

Berpikiran Terbuka

Millennial juga cenderung berpikiran terbuka. Kenapa demikian? Ya karena mereka kaya akan informasi yang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Keseharian yang tidak lepas dari internet membawa mereka pada kenyataan bahwa banyak orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat persoalan tertentu.

Sebenarnya, berpikiran terbuka ini juga bisa menjadi kelemahan dari kita generasi muda. Terlebih jika kita menelan mentah-mentah apa yang kita temukan di internet. Bisa-bisa termakan berita bohong.

Oleh karena itu, penting untuk memilih media yang bisa dipercayai kontennya. Membaca dari media juga akan membuat kita mengetahui berbagai persoalan negara ini. Alhasil, rasa kepedulian kita akan muncul dan mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Tapi sebelum itu, kita, millennial, perlu memperluas pengetahuan dengan banyak baca.

Di mana bisa baca banyak berita dan informasi penting dan bermanfaat?

Saya ataupun kamu bisa baca di aplikasi baca berita IDN App yang cocok banget dengan kaum millennial dan Gen Z.

Alasan Millennial dan Gen Z Perlu Download Aplikasi IDN App

Baik kecil maupun besar, perubahan mesti didahului oleh persiapan. Salah satu persiapan itu adalah mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk bergerak. Meski banyak orang yang tidak suka, jika kamu ingin membawa perubahan, kita harus rajin membaca.

Tenang saja, membaca di era ini tidak perlu dengan menggunakan buku super tebal dengan teks yang diketik rapat dan kecil. Sekarang kita bisa mengumpulkan informasi dengan baca berita dan artikel dari media daring (online) berbentuk aplikasi seperti IDN App.

Memang sebenarnya ada banyak aplikasi baca berita lainnya, tapi belum tentu aplikasi-aplikasi lain itu bisa cocok dengan generasi millennial dan Gen Z yang notabene punya ciri khas tersendiri.

IDN App merupakan aplikasi baca berita yang dikembangkan oleh IDN Media. Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan yang bisa jadi alasan kuat kita untuk mengunduh dan menggunakannya lho.

Inilah beberapa alasan mengapa IDN App perlu millennial dan Gen Z unduh.

Terlengkap

Kabar baik nih. Kita bisa eksplorasi berbagai topik yang ada di IDN App dan menyesuaikannya dengan minat kita. Selain itu, kita juga bisa memilih topik mana saja yang kita sukai agar IDN App dapat menampilkan informasi terkait topik tersebut.

For Your Information, ada sekitar 42 topik yang bisa kamu eksplorasi lebih jauh dan jadikan topik-topik favorit. Nah, kalau saya pribadi memilih News – Indonesia, Life – Education, Science – Discovery, News – World, Science – Experiment dan Opinion – Social sebagai topik pilihan saya. Jadi saya bisa mendapatkan informasi terkait topik-topik itu dengan cepat.

Teramah

Sebagai bagian dari millennial saya suka membaca berita yang ditulis dimuat di IDN App. Tahu kenapa? Karena menurut saya berita yang dimuat ditulis dengan bahasa yang ramah.

Bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dimengerti. Bahkan pada konten berita yang berat seperti berita politik dan hukum.

Selain itu, penulisan beritanya juga kerap menggunakan metode listicle yang cocok banget dengan millennial dan Gen Z.

Ternetral

Saya pribadi sering mengamati berbagai media, saya menemukan beberapa media yang cenderung berpihak pada golongan tertentu. Tapi IDN App TIDAK terlihat memihak pada satu golongan–kalaupun ada, mereka berpihak pada generasi muda dengan dibangunnya IDN App itu sendiri.

Berita-berita yang dimuat di IDN App, sepengamatan saya, bisa dibilang netral tanpa memihak. Termasuk berita-berita tentang isu-isu terhangat yang terjadi di waktu-waktu ke belakang hingga saat ini. Meskipun dibangun oleh dan untuk generasi muda, IDN App nyatanya dapat menjadi platform baca berita yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Terinteraktif

Ada yang unik di aplikasi IDN App, yaitu adanya fitur tanya jawab. Setiap member atau pengguna bisa membuat pertanyaan, atau justru menjawab pertanyaan orang lain. Fitur ini membawa IDN App menjadi aplikasi baca berita terinteraktif yang tidak hanya lengkap tetapi juga mudah digunakan.

Untuk membuat pertanyaan pun tidak sulit. Pengguna tinggal menekan ikon tambah (+) di menu baru di bawah. Setelah itu akan muncul pilihan untuk tanya jawab atau tulis artikel. Tinggal pilih “Tanya Jawab”, tulis pertanyaan serta pilih topik yang cocok dengan pertanyaan itu.

Terbuka

IDN App bisa dibilang sebagai media terbuka. Pasalnya member bisa lho menulis artikel agar bisa dibaca oleh banyak orang. Kamu-kamu yang hobi menulis dan berpikir kritis bisa tuh mengirimkan opini ke redaksi IDN Media agar tulisan kamu dimuat di IDN App.

“Apa untungnya?”

Pertama, kita jadi punya media untuk berbagi isi pikiran dan menyalurkan hobi menulis plus belajar menulis lebih banyak lagi. Selain itu, setiap tulisan yang berhasil terbit akan mendapatkan poin yang bisa kamu tukarkan dengan uang atau hadiah tertentu lainnya lho.

Terkece

Setelah semua alasan kenapa millennial dan Gen Z perlu unduh IDN App yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sangat masuk akal jika saya bilang IDN App adalah aplikasi baca berita yang terkece.

Bagaimana tidak, member bisa saling tanya-jawab hingga menulis artikel dan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang.

Topik artikel juga sangat banyak dan bisa dicocokkan dengan kesukaan kita. Dan yang terpenting, IDN App memang dibuat untuk generasi muda, seperti kamu dan saya. Keren banget deh pokoknya.

Perluas Pengetahuan dengan IDN App dan Ciptakan Perubahan

Nyatanya, perubahan-perubahan besar selalu membutuhkan aktor di belakangnya. Hebatnya, meskipun zaman telah berulang kali berganti, generasi muda selalu mempunyai peluang besar untuk membawa perubahan.

Di awal tadi saya menyinggung bagaimana generasi muda di masa lampau berkontribusi terhadap kemerdekaan Indonesia. Meskipun ruang, waktu dan tantangan mereka dengan kita tidak bisa disamakan, tapi paling tidak semangat juangnya bisa kita amalkan.

Hanya saja, sebelum kita muluk-muluk bicara membawa perubahan, tentu saja kita perlu membekali diri kita terlebih dahulu.

Salah satunya adalah membekali diri dengan wawasan mengenai hal-hal yang terjadi di negara kita dan dunia serta apa saja informasi yang penting dalam menambah kapasitas diri kita.

IDN App menjadi solusi yang tepat bagi kita, para millennial dan Gen Z, dalam memperoleh informasi-informasi berkualitas dan terkini ke ponsel kita masing-masing.

Jadi, yuk unduh IDN App sekarang. Bekali diri dengan pengatahuan yang cukup dan ciptakan gebrakan-gebrakan yang membawa perubahan. Baik untuk diri sendiri, orang-orang terkedekat hingga bangsa, negara dan dunia.[]

Referensi :

Wikipedia Indonesia. Greta Thunberg. Tersedia di https://id.wikipedia.org/wiki/Greta_Thunberg

Galih Persiana. IMS 2020: Mencari Greta Thunberg Indonesia untuk Selamatkan Bumi. Tersedia di https://www.idntimes.com/news/indonesia/galih/ims-2020-mencari-greta-thunberg-indonesia-untuk-selamatkan-bumi

Dannar, Paul R. (2013) “Millennials: What They Offer Our Organizations and How Leaders Can Make Sure They Deliver,” The Journal of Values-Based Leadership: Vol. 6 : Iss. 1 , Article 3. Tersedia di http://scholar.valpo.edu/jvbl/vol6/iss1/3

Gambar vektor didapat dari Freepik

error: Konten dilindungi