ASUS TUF Gaming A15, Laptop yang Rancak Bana Untuk Digunakan Setiap Kalangan

oleh | Jul 12, 2020 | Featured | 30 Komentar

asus tuf gaming a15

ASUS TUF Gaming A15

Sebagai seseorang yang (di masa kejayaan dulu) pernah memainkan lebih dari 20 judul game online dari tipe MMORPG, FPS, Casual dan sebagainya, saya tuh kadang kangen main game lagi. Cuma sekarang tidak bisa main game seleluasa dulu.

Ya, sejak menikah saya jadi harus menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sering dipusingkan oleh orang dewasa. Maksudnya itu bekerja untuk nafkah keluarga, sebagaimana teman-teman yang sekarang ini lebih mengenal saya sebagai blogger atau seorang internet marketer.

Tapi,… itu masih satu alasan sih, alasan satu lagi ada. Tapi ini jangan bilang-bilang ke orangnya ya. Alasan itu adalah istri saya yang lebih sulit untuk ditaklukkan dari pada bos terbesar di game MMORPG mana pun! Jadi kalau saya ketahuan main game bisa masuk dungeon sayanya!

“Kalau begitu kenapa mau buat ulasan laptop gaming?” pikir pembaca.

Nah, itulah masalahnya. Saat mendengar embel-embel gaming pada seri sebuah laptop, seringkali membuat orang berpikir bahwa itu laptop hanya cocok dipakai untuk main game. Padahal laptop gaming sangat mumpuni untuk digunakan pada berbagai kegiatan harian lho.

Namun sebelum kita membahas mengenai hal itu, pernah tidak Anda penasaran mengapa berbagai vendor laptop berlomba-lomba menghadirkan seri laptop gaming? Lalu saat mendengar embel-embel gaming, vendor apa yang langsung terlintas di benak Anda?

Kalau yang langsung terpikir oleh saya adalah ASUS, vendor asal Taiwan yang sudah mendunia. Jangan tanya kenapa, karena ASUS sudah “mengkavling” pasar di segmen ini. Bagaimana tidak, ASUS ROG (Republic of Gamers) menjadi laptop idaman para pemain game.

Tapi kabar baiknya, ada seri lainnya yang secara harga lebih murah dari ROG tapi performanya tetap mumpuni. Seri itu adalah TUF Gaming dengan varian anyarnya ASUS TUF Gaming A15 yang dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 4000 series. Kita akan ulas laptop ini nanti, tapi sebelumnya kita lihat seberapa “menarik” prosesornya terlebih dahulu.

Menilik Kegaharan Prosesor AMD Ryzen 4000 Series

Sebelum membahas mengenai AMD Ryzen 4000 series, ada sebuah fakta yang tidak bisa disangkal, yaitu pasar laptop gaming terus berkembang dari hari ke hari. Hal ini disebabkan karena pemain game juga semakin tumbuh.

Gamer saat ini tidak hanya sebutan bagi seseorang yang ingin melepas penat dan stres dengan bermain game, melainkan sudah menjadi profesi tersendiri. Munculnya profesi “baru” ini bahkan mulai menjadi pembahasan di kalangan akademis semenjak tahun 2000-an awal.

Sebuah artikel ilmiah bertajuk Competitive and Professional Gaming: Discussing Potential Benefits of Scientific Study yang dipublikasikan di International Journal of Cyber Behavior mencoba mendiskusikan fenomena baru di mana pemain game menjadikan game sebagai pekerjaan dan sebagian besar dari mereka bahkan tergolong “workaholic”.

Lebih lanjut tentang isi artikel itu, Anda bisa unduh dan baca di SINI. “Kok gak dibahas saja?”, hmmm, saya khawatir artikel ini justru jadi artikel ilmiah jika saya teruskan. 

Yang jelas, ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak vendor gencar mengembangkan laptop seri gaming.

Lalu, apa hubungannya narasi itu dengan AMD? Tepatnya AMD Ryzen 4000 Series? Nah, itu adalah sebuah pertanyaan yang bagus.

Sebagai perusahan besar di sektor semikonduktor yang memproduksi prosesor untuk komputer, tentu Advanced Micro Devices (AMD) membutuhkan waktu riset yang cukup lama untuk bisa mengeluarkan seri produk tertentu. Setidaknya butuh waktu 1 tahun bagi AMD untuk merilis AMD Ryzen 4000 series setelah merilis Ryzen 3000 series sebelumnya.

Waktu itu tentu belum termasuk waktu riset yang dihabiskan oleh peneliti mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar, terutama kebutuhan laptop untuk pekerjaan berat seperti gaming yang pasarnya terus meningkat. Artinya AMD juga membaca pasar seperti halnya para peneliti yang artikelnya saya sitasi tadi.

Lantas, apa yang membedakan Ryzen 4000 series dengan generasi sebelumnya?

Gampangnya, disadur dari merdeka.com, AMD Ryzen 4000 dibekali Zen 2 Core dengan instruksi per clock 15% lebih tinggi berkat teknologi 7 nm dengan densitas transistor ganda. Teknologi ini membuat konsumsi daya System on Chip (SOC) 20 persen lebih rendah dan performa per watt ganda yang semakin meningkatkan efisiensi daya.

Lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan AMD Ryzen 4000 series sebagai prosesor dengan teknologi 7 nm pertama di dunia.

N

Ultra Responsive

Dibekali lebih banyak core yang meningkatkan performa. Prosesor terbaru ini mendukung hingga 8 Zen 2 Core yang membuat pengguna bisa melakukan lebih banyak hal, lebih cepat, dan lebih baik dalam menunjang pekerjaan dan hiburan.

N

The Best Entertainment, Built-In

Disertai dengan built-in AMD Radeon Graphics yang membuat pengguna bisa mengedit foto, video dan menonton acara favorit dengan resolusi dan detail yang memukau.

N

Maximum Mobility

Efisiensi daya lebih maksimal dengan teknologi terbaru AMD ini, bahkan efisiensinya bisa mencapai 2x dibanding generasi sebelumnya.

Kabar baiknya, kegaharan prosesor AMD Ryzen 4000 series ini bisa Anda rasakan sendiri pada ASUS TUF Gaming A15, laptop terbaru di seri TUF Gaming keluaran ASUS yang gahar dan mumpuni di performa, namun ramah di kantong Anda.

7 Alasan ASUS TUF Gaming A15 Rancak Bana Untuk Semua Kalangan

Saya percaya bahwa setiap orang memiliki alasan untuk memilih atau melakukan sesuatu, tidak terkecuali dalam memilih laptop yang notabene jadi senjata utama sebagian besar orang dalam bekerja untuk diri sendiri dan menghidupi keluarga.

Karena saya juga “orang”, saya tentu juga punya alasan mengapa saya merekomendasikan ASUS TUF Gaming A15, tidak hanya kepada gamer melainkan Anda semua, apapun profesi dan latar belakang Anda.

Saya mencoba merangkum 7 alasan utama mengapa ASUS TUF Gaming A15 ini cocok untuk semua kalangan. Tujuh poin ini tentu tidak mewakili semuanya karena ada lebih banyak alasan lagi mengapa laptop satu ini worthy untuk dimiliki. Yuk disimak.

Susunan hardware pada ASUS TUF Gaming A15

#1 Dapur pacu yang mumpuni

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih laptop adalah performa yang dimilikinya. Oleh karena itulah saya menjadikan poin dapur pacu sebagai alasan pertama mengapa ASUS TUF Gaming A15 cocok untuk kalangan manapun.

Dapur pacu laptop ini tidak bisa dianggap remeh, pasalnya ia sudah dibekali prosesor dengan teknologi terkini dari AMD, yaitu AMD Ryzen 4000 series yang sudah saya ulas sebelumnya. Meski AMD sudah menyematkan AMD Radeon secara built-in pada prosesor, ASUS TUF Gaming A15 dibekali kartu grafis besutan NVIDIA yaitu NVIDIA GeForce GTX 16-Series.

Kartu grafis NVIDIA tadi tidak hanya powerful untuk gamer tetapi juga sangat optimal bagi para pekerja kreatif yang berkutat dengan video encoding dan rendering. Sementara itu, untuk pengguna yang butuh kinerja yang lebih tinggi, ada opsi GeForce 2060 dengan 6 GB GDDR6 VRAM yang bisa dipilih.

“RAM bawaannya berapa, Da?”

ASUS TUF Gaming A15 ini dibekali 8 GB DDR4 3200MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket untuk upgrade sampai 32 GB SDRAM, dual-channel. Sementara untuk ruang penyimpanan, Anda juga tidak perlu khawatir karena si cakep ini sudah dibekali dengan 512 GB SSD yang cukup lega dan sudah pasti bisa memproses data dengan lebih kencang–dibandingkan dengan HDD.

“Jadi sederhananya gimana, Da? Pusing dengan istilah teknis”

Jadi gampangnya, saya bisa bilang kalau ASUS TUF Gaming A15 ini punya bekal dapur pacu yang rancak bana untuk keperluan apapun, baik itu untuk gaming, blogging, business-ing (maaf kalau maksa banget buat tambahin -ing nya, hehe) dan pekerjaan harian lainnya.

Skor pengujian benchmark dengan 3DMark Time Spy

Skor pengujian benchmark dengan 3DMark Fire Strike

Satu hal lainnya yang membuat laptop ini menarik, kali ini bukan dari segi hardware melainkan software, adalah adanya pengaturan untuk mode operasional. Fitur ini membuat pengguna dapat menyesuaikan pemakaian dengan kebutuhan mereka masing-masing. Pastinya ini bisa membuat penggunaan sumber daya lebih optimal dan efisien.

Bekal dapur pacu yang mumpuni ini akan membuat ASUS TUF Gaming A15 tidak ngelag saat menjalankan software berat. Buat Anda yang gamer, tidak perlu ngomel lagi karena harus bermain di pengaturan frame rate atau FPS terendah agar bisa memainkan game kesayangan.

ASUS TUF Gaming A15 bahkan bisa dipakai untuk menjalankan game berat seperti Overwatch, GTA 5, Far Cry 5 dan sebagainya. Dengan ASUS TUF Gaming A15, para desainer grafis yang tidak perlu kesal karena laptop yang hang saat tracing bitmap buat dijadikan vektor. *curcol*

Antar muka pengaturan untuk penyesuaian pemakaian

#2 Desain yang elegan

Selain dapur pacu, tentu saja look atau tampilan juga menjadi pertimbangan yang menguatkan kita membeli sebuah barang tertentu, tidak terkecuali laptop. Nah, untuk desain sendiri nih, saya benar-benar kepincut sama laptop gaming satu ini.

ASUS TUF Gaming tersedia dalam 2 varian desain yaitu Fortress Grey dan Bonfire Black. Kedua desain ini cukup ramping, namun Fortress Grey terlihat lebih simpel, sedangkan Bonfire Black lebih menawan dengan aksen garis merah tua.

Kerennya lagi, desain sasis dari ASUS TUF Gaming A15 ini mengusung tekstur honeycomb dengan potongan strategis yang tak sebatas memberikan citra keren melainkan juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Jadi dengan adanya ventilasi ini emak papan motherboard dan anak-anaknya masih bisa napas alias tidak pengap.

Selain itu, perawakan ASUS TUF Gaming A15 semakin menawan dengan sentuhan material metal di beberapa bagian tertentu. Serta satu hal lagi yang saya suka pada laptop satu ini adalah lampu RGB di bawah keyboard atau papan tombol yang bisa diatur warnanya secara static, breathing, color cycle hingga strobing. Itu benar-benar keren pakai banget!

Desain punggung dan keyboard ASUS TUF Gaming A15

#3 High durability

Seperti kebanyakan laptop keluaran mereka, ASUS juga memberikan jaminan ketahanan pada ASUS TUF Gaming A15 ini. Laptop ini berhasil bertahan pada uji dengan standar MIL-STD-810H.

Beberapa tes telah dilakukan dan dilewati dengan baik, seperti uji jatuh, getaran, suhu ekstrim panas dan dingin, dan kelembaban untuk memastikan keandalan perangkat satu ini. Sederhananya, ASUS TUF Gaming A15 bisa bertahan meski jatuh dari ketinggian biasa secara tidak sengaja, atau bahkan terguncang-guncang saat Anda tengah berkendara.

#4 Dibekali Windows 10 Home, original dan 100% halal

Jika anda yang memiliki prinsip anti memakai sistem operasi ilegal namun tidak terbiasa dengan sistem operasi open source, Anda perlu bahagia, pasalnya ASUS TUF Gaming A15 membawa serta Windows 10 Home original sebagai sistem operasi bawaannya. Dengan adanya sistem operasi bawaan ini, Anda tidak perlu khawatir dan risau untuk membeli lisensi Windows sendiri.

Hanya saja, untuk keperluan bisnis, ASUS menyarankan untuk menggunakan Windows 10 Pro. Itu masuk akal sih, sebab berbagai fasilitas untuk bisnis ada di Windows 10 Pro, tidak di Windows 10 Home.

#5 Kaya konektivitas dan mudah di-upgrade

Laptop seri ini juga bisa dibilang laptop kaya konektivitas. Di sisi kiri laptop terdapat 2 port USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 port USB 3.2 Gen 2 Type-C, 3,5 mm Audio Jack, HDMI 2.0b, RJ45 untuk sambungan internet kabel serta port untuk power atau daya. Sedangkan di sisi kanan terdapat 1 port USB 2.0 Type-A dan Kensington Lock untuk sekuritas. Sementara untuk koneksi nirkabelnya ada Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2)) dan Bluetooth 5.0.

Tiga buah port USB Type A saya rasa sudah cukup banget, meskipun Anda terbiasa menggunakan keyboard eksternal untuk bekerja atau bermain game. Tapi keyboard ASUS TUF Gaming A15 ini sudah oke banget dan nyaman dipakai kok. Apalagi bisa tahan sampai 20 juta kali tekan.

Lagipula kalau Anda mau menyambungkan apapun di port yang ada pada ASUS TUF Gaming A15 ini ya ngapain juga saya sewot, itu kan punya Anda. Kecuali kalau mau nyolokin sesuatu ke laptop punya saya, cari gara-gara itu namanya. Eh.

Nah, kembali ke pembahasan, laptop satu ini juga mudah untuk ditingkatkan atau upgrade. Pada varian tertentu, tersedia 1 slot SSD ekstra dan 1 slot HDD untuk memperluas ruang penyimpanan. RAM-nya pun bisa ditingkatkan hingga 32GB karena adanya 2 slot RAM.

Untuk membuka penutup bawah sasisnya juga sangat mudah dan bisa dilakukan dengan obeng standar. Disertai dengan sekrup pop-terbuka khusus untuk menaikan sudut panel di bagian bawah, hal ini membuat penutupnya lebih mudah untuk dipisahkan.

Konektivitas di sisi kiri ASUS TUF Gaming A15

Konektivitas di sisi kanan ASUS TUF Gaming A15

#6 Baterai dan sistem pendinginan yang mantap punya

Dapur pacu yang mumpuni dan berbagai kelebihan lainnya sudah pasti membuat laptop ini akan dipakai untuk pekerjaan yang bisa dibilang berat. Katakanlah untuk bermain game, streaming sekian jam, atau bahkan rendering yang butuh waktu yang cukup lama.

ASUS paham banget nih dengan kebutuhan pengguna. Meski tidak terlalu besar, ASUS TUF Gaming A15 sudah dibekali baterai 48Wh Lithium-Polymer. Baterai ini cukup untuk digunakan menjelajah web hingga 8,7 jam dan memutar video hingga 12,3 jam. Kinerja  itu tentu harus diuji, terutama karena penggunaan laptop tidak hanya untuk browsing dan menonton saja. Nah, ketika dilakukan pengujian dengan PCMark 10 Battery untuk Modern Office, baterai ASUS TUF Gaming A15 sanggup bertahan hingga 5 jam lebih.

Pengguna juga tidak perlu khawatir laptopnya akan kepanasan jika digunakan dalam waktu yang lama. Ada beberapa heatpipe dan 3 heatsink yang akan menarik panas dari komponen inti dan membuangnya dengan cepat. Tidak hanya itu, ASUS TUF Gaming A15 juga dilengkapi dengan dual fan yang membuat pendinginan semakin cepat untuk dilakukan. Keseluruhan sistem pendingin ini didesain untuk dapat membersihkan sendiri sehingga perangkat tetap kuat untuk jangka panjang.

Lebih jauh, pengaturan mode pemakaian yang sempat saya singgung sebelumnya juga bisa mengatur kecepatan dan kebisingan fan atau kipasnya.

asus tuf gaming a15 battery test

Hasil pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office

#7 Teknologi layar dan audio terkini

Nah, ini alasan terakhir (yang saya rangkumkan) tentang mengapa ASUS TUF Gaming A15 cocok atau rancak bana bagi pengguna dari kalangan manapun. Laptop ini mengusung teknologi layar panel IPS-level berkecepatan tinggi hingga 144 Hz, sehingga cocok untuk menampilkan grafis yang bergerak cepat.

Selain itu, port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang disematkan pada laptop ini mendukung DisplayPort 1.4 dengan kemampuan G-SYNC. Port tersebut bisa dihubungkan dengan monitor eksternal untuk pekerjaan multitasking tingkat lanjut seperti programming dan sebagainya. Sementara secara fisik, ASUS TUF Gaming memiliki desain nano-edge display sehingga rasio layar terhadap bodinya lebih besar.

Pun di sektor audio, dua speaker dikenakan dengan empat cut-out yang memompa 1,8x lebih banyak suara dan bass yang 2,7x lebih dalam dari generasi sebelumnya. Hal ini semakin paripurna dengan teknologi DTS:X Ultra yang memberikan audio berkualitas teater dengan headset stereo.

“Hmm, istilah teknis lagi nih, gampangnya gimana, Da?”

Gampangnya, audio ASUS TUF Gaming A15 bisa dibilang dapat memanjakan pengguna, apalagi ada mode prasetel untuk musik, film dan genre game untuk memberikan user experience yang lebih baik. Jadi, semua jenis audio bisa diputar dengan baik dengan laptop ini. Bahkan jika Anda ingin menggunakannya untuk bekerja sembari mendengar ceramah agama, lagu rohani dan bahkan murotal juga bisa. Pasti lebih barokah! Insyaa Allah.

Selain apa yang saya jelaskan di atas, ASUS TUF Gaming A15 masih memiliki berbagai kelebihan yang worthy banget untuk dimiliki. Berikut spesifikasi dari laptop anyar ASUS ini.

ModelTUF Gaming A15 FX506
ProsesorAMD® Ryzen™ 7 4800H Processor,
AMD® Ryzen™ 5 4600H Processor,
Sistem OperasiWindows 10 Home 64-bit
Memori8 GB DDR4 3200MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket untuk ekspansi hingga 32 GB
Display15.6" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare IPS-level 144Hz Panel dengan 45% NTSC
dengan Adaptive Sync
GrafisNVIDIA® GeForce® RTX 2060 , with 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA® GeForce® GTX 1660TI , with 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA® GeForce® GTX 1650Ti , with 4GB GDDR6 VRAM
Penyimpanan512GB M.2 NVMe PCIe SSD
KeyboardChiclet keyboard with isolated numpad key
WebCamHD 720p CMOS module
NetworkingWi-Fi 5(802.11ac) 2x2 + Bluetooth 5.0
Input/Output2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
AudioDTS:X® Ultra
Baterai48 Wh lithium-polymer battery Battery
Adaptor DayaPlug type :ø6.0 (mm)
Output :
20 V DC, 7.5 A, 150 W / 9 A , 180 W
19.5 V DC, 11.8 A, 230 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi35.9 x 25.6 x 2.47 ~2.49 cm (WxDxH)
Berat2.3 kg
SekuritasKensington lock
fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Gaming SeriesFA Series

Setelah setelah semua penjelasan dan spesifikasi ASUS TUF Gaming A15 yang saya tuliskan di atas, tentu muncul sebuah pertanyaan yang pasti akan selalu ada dalam sebuah ulasan produk atau jasa. Pertanyaan itu adalah: berapa harganya? ASUS TUF Gaming A15 secara resmi dijual dengan harga mulai dari Rp. 14.299.000. Harga ini dapat bervariasi di pasaran karena sangat tergantung pada varian  sumber daya laptopnya.

Terlepas dari itu, harga tersebut menurut saya masih murah dan masuk akal menimbang performa gahar yang ditawarkan. Istilah kerennya, rasio price to performance-nya masih kecil sehingga worth it untuk dimiliki. Ini juga agaknya yang menjadi alasan mengapa ASUS merajai pasar laptop gaming di Indonesia, sebab pengguna bisa mendapatkan laptop gaming impiannya dengan harga yang murah.

7 Alasan Mengapa ASUS TUF Gaming A15 Rancak Bana Untuk Berbagai Kalangan

Dapur pacu yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan

Desain nan elegan dan futuristik

High durability di berbagai kondisi

Dibekali Windows 10 Home original, 100% halal 

Kaya konektivitas dan mudah di-upgrade

Baterai dan sistem pendinginan yang mantap 

Teknologi layar dan audio terkini

Jalani Hari dengan Produktif Bersama ASUS TUF Gaming A15

Sebagaimana yang saya ungkapkan di awal, anggapan bahwa laptop gaming hanya bisa dipakai untuk main game itu salah. Logikanya, jika game yang membutuhkan sumber daya yang besar bisa dijalankan dengan lancar, tentu saja pekerjaan lainnya juga bisa dilakukan bahkan dengan lebih lancar lagi.

Sumber daya atau resources yang disematkan pada laptop gaming, dalam hal ini ASUS TUF Gaming A15, adalah sumber daya yang mumpuni untuk melakukan tugas ganda (multitasking).

Sumber daya tersebut mengakomodir kebutuhan akan hiburan berkualitas tinggi seperti menjalankan video dengan kualitas tinggi, melakukan rendering multimedia hingga menjalankan software desain grafis.

Beberapa alasan yang telah saya ungkapan tadi serta spesifikasi mumpuni dari ASUS TUF Gaming A15 ini menjadi bukti yang cukup bahwa laptop ini cocok untuk semua kalangan. Entah itu seorang blogger yang merangkap desainer grafis dan web seperti saya, YouTuber yang butuh editing videonya, pebisnis yang ingin laptop berperforma tangguh dan baterai tahan lama, atau siapapun Anda.

ASUS TUF Gaming A15 adalah paket komplit nan rancak bana sebab bisa menemani Anda dalam segala kebutuhan harian dan hiburan. Sudah gitu, laptop ini bisa ditebus dengan harga yang cukup ramah untuk berbagai kalangan pengguna.
Tertarik untuk memiliki ASUS TUF Gaming A15? Kunjungi laman resminya di SINI untuk mendapatkan info lebih lanjut. Akhir kata, jalani hari dengan lebih produktif bersama ASUS TUF Gaming A15.

error: Konten dilindungi