Idealnya, kegiatan belajar seseorang dilakukan dengan duduk manis di atas kursi dan belajar menggunakan meja belajar. Posisi badan tegap dan mata fokus ke bahan bacaan. Tapi, yang saya jelaskan itu cara belajar konvensional, cara belajar mainstream. Faktanya, tidak sedikit pula teman-teman pelajar dan mahasiswa yang belajar dengan cara yang bisa dibilang unik. Kalau diperhatikan mungkin akan muncul anggapan “bisa masuk itu pelajaran dengan cara begituan?” tapi ya, pada kenyataannya, bagi mereka cara itu lebih efektif dan lebih cocok. Jadi di kesempatan ini saya ingin bahas 7 cara unik belajar yang mungkin pernah kamu lakukan. Dimulai dengan cara yang paling umum ya.

cara unik dalam belajar
Belajar dengan cara yang unik biar asik

Belajar sambil dengar musik

Banyak sebenarnya penganut cara belajar yang satu ini, mereka belajar namun sambil mendengar musik. Sejurus mungkin tampak mustahil, setidaknya otak akan repot saat multitasking mencerna konten musik dan pelajaran, tapi entah kenapa menurut mereka cara ini efektif. Atau barangkali cara ini bisa dipakai saat belajar membahas soal latihan tapi kalau saat menghafal not recommended banget.

Belajar dengan ditemani cemilan

Kegiatan belajar itu bikin jenuh. Setelah waktu berlalu pasti ada titik jenuh, oleh karena itu belajar harus ditemani. Salah satu teman belajar yang asik adalah cemilan. Banyak juga teman-teman yang baru mau belajar kalau ditemani makanan ringan atau cemilan lainnya. Minimal ditemani minuman seperti kopi kalau belajarnya pas malam hari.

Baca juga: Cemilan Sehat Teman Belajar yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Akademik

Belajar dan menghafal dengan suara yang keras

Mungkin kamu pernah dengar bahwa semakin banyak indera yang bekerja maka semakin besar serapan terhadap materi pelajaran. Ini mungkin bisa juga dibahasakan dengan semakin banyak tenaga yang dikeluarkan maka semakin baik otak mencerna pelajaran. Banyak juga lho, teman-teman pelajar maupun mahasiswa yang belajar dan menghafal dengan cara membacanya keras-keras. Mungkin biar lebih nempel di ingatan kali ya.

Belajar sambil nonton film

Cara apaan ini? Sudah pasti fokus bakal terpecah belah. Lebih parah dari sekadar mendengar musik, menonton film membutuhkan kemampuan mendengar dan melihat, otomatis kerja otak akan lebih berat dong. Belum lagi kalau film yang ditonton macam Inception yang njelimet, atau macam Hachiko yang bikin baper. Bisa gak kelar belajarmu. Tapi ya, ada juga pelajar atau mahasiswa yang melakukan ini. Duduk di depan laptop yang layarnya dibagi atau di depan televisi. Hmm, jangan coba di rumah karena hal ini cuma bisa dilakukan oleh profesional!

Baca juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar dari Diri Sendiri

Belajar di tengah keramaian

Belajar di tempat yang tentram, damai, sunyi itu mah sudah biasa. Belajar di tengah keramaian baru greget. Belajar di kantin atau di lorong kampus misalnya. Ada kok yang melakukan cara belajar semacam itu, namun kebanyakan memang saat belajar kelompok.

Belajar sambil jalan bolak-balik

Cara belajar unik yang satu ini saya pernah melakukannya, tapi kapan tepatnya benar-benar lupa, mungkin waktu sekolah dulu. Seingat saya waktu itu menghafal pelajaran. Saking susahnya menghafal materi sampai dibawa jalan bolak-balik sembari komat-kamit membaca materi. Cara ini juga ada dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa lain di muka bumi ini kok. Kamu sendiri, apakah pernah?

Baca juga: Berani Menanggung Malu dalam Belajar

Belajar semalam sebelum ujian dimulai

Yang ini jawaranya, mau pelajar mau mahasiswa banyak yang terlibat dengan cara belajar yang satu ini. Semalam sebelum ujian kocar-kacir belajar. Ditemani kopi begadang sampai pagi, eh, maksudnya sampai seberapa kuat. Materi sebanyak entah dicoba untuk dilahap dalam semalam. Apakah ini bisa dimasukkan ke dalam teori the power of kepepet, entahlah. Yang jelas, banyak juga pelajar dan mahasiswa yang diselamatkan cara belajar yang satu ini. Tapi, meskipun demikian, jangan gunakan cara ini, belajarlah secara rutin agar tidak terdesak ketika ujian akan datang.

Agar kegiatan belajar bisa efektif dan efisien tentunya kita perlu menciptakan lingkungan yang senyaman mungkin. Kita juga harus menemukan metode yang seaman mungkin. Metode yang paling cocok bagi kita sehingga kegiatan belajar kita tidak sia-sia. Mengenai 7 cara unik belajar di atas mungkin pernah kamu lakukan, mungkin juga tidak. Namun yang jelas, jangan pernah lelah untuk belajar. Salam hangat para pembelajar.

error: Konten dilindungi