Bebas Ribet, Daftar Kuliah ke Universitas Tarumanagara Pakai Aplikasi goKampus Saja

by | Dec 30, 2021 | Featured

Saat duduk-duduk santai menjelang waktu Ashar, ibu saya membuka cerita. Ibu mengungkapkan sebuah rahasia pada istri saya—sesuatu yang saya sendiri sudah tidak ingat. “Dulu Mama menemukan surat yang ditulis Fadli, isinya tentang keinginannya untuk kuliah” buka perempuan hebat itu.

Istri saya memasang raut serius. Tentu saja, ia akan mendengarkan sebuah informasi penting tentang seseorang yang menjadi imamnya—dan itu tidak boleh dilewatkan. “Karena membaca surat itu, kami suruh dia daftar kuliah, meskipun uangnya belum tahu dari mana” lanjut ibu saya. Saya, istri, dan adik perempuan saya menyimak penuturan itu dengan khidmat.

Jujur, saya pribadi lupa pernah menulis surat seperti itu, tapi saat mendengar itu seperti ada sebuah sentakan yang mengharukan. Perjuangan orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi saya bukanlah hal yang mudah. Hingga akhirnya, alhamdulillah, sekarang saya sudah berhasil menjadi seorang doktor setelah lulus program S3 akhir 2019 lalu.

Oh ya, saya masuk kuliah S1 pada 2010 lalu. Hingga saat artikel ini ditulis, itu berarti sudah lebih dari 1 dekade atau 10 tahun. Selama rentang itu, saya baru benar-benar baru tahu bahwa ada banyak sekali kampus berkualitas untuk tujuan kuliah. Tidak hanya kampus negeri, tapi juga kampus swasta. Salah satunya adalah Universitas Tarumanagara (UNTAR).

Kamu boleh menyebut saya kudet dan sebagainya, tapi memang dulu itu informasi tidak semudah zaman sekarang. Sekarang cari pilihan kampus terbaik bisa lewat aplikasi atau website saja. Salah satunya bisa melalui situs dan/atau aplikasi goKampus.

Universitas Tarumanagara: Salah Satu Kampus Swasta Terbaik dan 3 Besar di Jakarta

Sebagai anak daerah, frekuensi saya mengunjungi Jakarta masih bisa dihitung dengan jari. Saya menginjakkan kaki di ibukota hanya 2 kali saja. Itupun keduanya karena diundang dan dibiayai. Tapi saya benar-benar takjub, Jakarta adalah kota yang sangat sibuk sepanjang hari, 7×24 jam!

Tidak heran jika semua industri ada di Jakarta, apalagi sektor pendidikan, mulai dari pra-sekolah hingga perguruan tinggi, semua ada. Dan Universitas Tarumanagara (UNTAR) menjadi salah satu dari 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta.

Tidak hanya itu, saya pribadi menilai UNTAR adalah salah satu dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Opini ini tentu bukan tanpa alasan, adalah beberapa hal berikut yang membuat saya berani menyebut UNTAR sebagai kampus yang layak jadi pilihan.

Tangkapan layar website UNTAR dalam balutan grafis

Dianugerahi Peringkat atau Akreditasi A (Unggul)

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk mengetahui apakah sebuah kampus berkualitas atau tidak. UNTAR adalah satu dari segelintir kampus unggul di Indonesia lantaran mereka sudah mendapatkan akreditasi A (Unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Nilai tersebut termaktub dalam SK BAN-PT pada tahun 2017 lalu. Artinya, UNTAR termasuk jajaran kampus terbaik. Tidak hanya terbaik dalam sarana dan prasarana, tetapi juga sumber daya manusia serta banyak kriteria lainnya.

Ini cukup untuk menjadi alasan kuat yang mendorong seseorang untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiwa di UNTAR. Tapi tenang saja, masih ada banyak alasan lain mengapa UNTAR layak untuk jadi pilihan tempat kuliahmu.

Salah Satu dari PTS Terbaik di Indonesia

Tatkala melihat sejarah perjuangan UNTAR, saya jadi takjub. Tidak mudah membawa sebuah institusi pendidikan swasta menjadi salah satu yang terbaik dan sama berkualitasnya dengan institusi negeri—yang notabene didukung penuh oleh pemerintah, khususnya soal anggaran.

Jalan UNTAR untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas juga bukan hal yang mudah. Kampus yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat ini pernah jatuh dari berusaha bangkit hingga melakukan konsolidasi. UNTAR pernah kehilangan salah satu fakultas mereka, yaitu Fakultas Bahasa Inggris, ketika gejolak politik memuncak akibat peristiwa Gerakan 30 September.

Namun siapa sangka, kerja keras UNTAR pada akhirnya berbuah dan mengantarkan mereka menjadi kampus bermartabat dengan kualitas pendidikan yang bagus. Tidak hanya akreditasi institusi yang sudah A, program studi UNTAR juga sudah banyak memiliki akreditasi A, sedangkan sisanya adalah B.

Sehingga tidak berlebihan rasanya jika kita menyebut UNTAR sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia.

Cetak Alumni Berjiwa Wirausaha dan Berintegritas

Bagian ini yang paling saya suka. Sesuai sejarahnya, UNTAR berawal dari program studi dan fakultas ekonomi. Agaknya ini juga yang membuat UNTAR benar-benar memiliki visi yang baik berkenaan dengan bidang tersebut.

Meskipun saat ini kampus tersebut sudah memiliki tambahan 7 fakultas di luar ekonomi, mereka tetap berupaya mencetak alumni yang memiliki kemampuan entreprenuerial atau wirausaha.

Menurut hemat saya, kemampuan wirausaha adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh manusia zaman ini. Pasalnya, konon perdagangan adalah pintu rezeki yang bukaannya lebar. Bisnis juga akan mendorong terbukanya lapangan pekerjaan baru, bukan?

Tidak hanya profesional di bidangnya, UNTAR juga mendorong alumni mereka agar punya nilai paling penting bagi seorang pribadi yaitu integritas. Tanpa integritas, seseorang tidak akan bisa mencapai sebuah kesuksesan yang sejati.

3 Hal Alasan Saya Rekomendasikan UNTAR (rekap)

Akreditasi A

Nilai ini menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan, tenaga pengajar hingga sarana dan prasarana UNTAR sangat baik

PTS Terbaik

Dua istilah ini berbeda, keduanya punya jalan juang masing-masing di lapangan. Anda juga bisa mendirikan sekolah di ceruk ini

Visi Wirausaha

UNTAR memiliki visi menghasilkan alumni yang memiliki jiwa wirausaha. Ini sangat pentingdan menarik

Sebenarnya ada lebih banyak alasan mengapa UNTAR layak untuk kamu pilih sebagai tempat kuliahmu ataupun anak, keponakan, serta kerabat yang lain.

Misalnya saja UNTAR yang sudah banyak bekerjasama dengan berbagai pihak bagi dari dalam maupun luar negeri, serta hal lainnya. Alumni UNTAR sudah banyak tersebar, menjadi profesional di berbagai bidang. Sivitas akademika mereka juga banyak mengukir prestasi.

 

Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut di website UNTAR hingga bertanya langsung pada alumni dan mahasiswa aktif mereka.

Di samping itu, ada informasi sangat penting yang juga harus kamu tahu. Bahwa mendaftar kuliah di UNTAR sekarang tidak pakai ribet.

Approval atau persetujuannya bahkan bisa dilakukan dalam waktu 1 jam saja alias instant approval. Sudah begitu, kamu juga bisa melakukan pendaftaran ke kampus kece tersebut secara gratis.

“Bagaimana caranya?” tanya pembaca.

Gampang, tinggal download aplikasi goKampus dan lakukan pendaftaran di sana.

Daftar ke Universitas Tarumanagara dengan Mudah Melalui Aplikasi goKampus

Setelah semua penjelasan di atas, mungkin kamu penasaran nih, semudah apa sih mendaftarkan diri untuk kuliah di Universitas Tarumanagara via aplikasi goKampus?

Kamu bisa eksplor sendiri lho dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS). Setelah itu tinggal jelajahi semua kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi goKampus.

Setelah mengunduh dan menggunakannya, saya mendapati bahwa aplikasi goKampus punya antar muka (interface) yang ramah pengguna. Ada dua banner menu unggulan, yaitu Daftar Kuliah dan Upload Rapor.

Daftar Kuliah bisa kamu gunakan jika memang sudah tahu kampus yang ingin dituju. Sedangkan Upload Rapor bisa dipakai kalau masih bingung mau kuliah di jurusan apa. Tim goKampus akan mencoba bantu kamu untuk menemukan kampus dan jurusan kuliah yang cocok.

goKampus bahkan juga menyediakan fitur Tes Minat Bakat yang dapat membantu kamu mengenali diri kami dengan lebih baik.

Buat kamu calon mahasiswa dan butuh beasiswa, ada menu Beasiswa juga di aplikasi. Kamu bisa temukan beragam info beasiswa di sana. Besar beasiswa yang diberikan hingga 100% lho. Coba saja cek kalau tidak percaya.

Terakhir, masih ada nih beberapa fitur menarik di aplikasi goKampus seperti program goKampus University yang bikin kamu bisa kuliah online dan ditukar dengan SKS di kampus.

Tidak lupa program magang yang bisa kamu akses meskipun kamu bukan lagi seorang mahasiswa baru. Ayo, siapa yang mau?

The last but not least, kamu juga bisa mendapatkan beragam informasi penting dan bermanfaat di Blog goKampus. Jadi, yuk temukan beragam kemudahan di aplikasi goKampus di Android dan iOS sekarang!

Referensi:

  • Situs resmi dan aplikasi goKampus di https://gokampus.com/
  • Situs resmi Universitas Tarumanagara di https://untar.ac.id
  • Fahri Zulfikar. 2021. 7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Versi Kemendikbudristek 2020. Tersedia di https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5654649/7-universitas-swasta-terbaik-di-jakarta-versi-kemendikbudristek-2020
error: Konten dilindungi