Bagi kamu, mahasiswa, yang menjalankan kuliah sambil kerja kamu akan dihadapkan pada persoalan pelik dalam membagi waktu. Bagaimana memberi porsi yang tepat untuk kuliah dan bekerja. Seringkali pekerjaan jauh lebih banyak mengambil waktumu ketimbang belajar untuk kuliah. Oleh karena itu tidak banyak orang yang sukses kuliah sambil kerja. Namun meskipun sulit tentu masih ada upaya yang bisa dilakukan. Kamu tentu ingin sukses kuliah sambil bekerja bukan? Beberapa kiat sukses kuliah sambil kerja di bawah barangkali bisa membantumu.

Kiat mengatasi permasalahan dengan waktu

Hal yang paling menjadi kekhawatiran bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja adalah ketidaksanggupan mereka membagi waktu. Nyatanya waktu yang dihabiskan untuk bekerja jauh lebih banyak daripada untuk kuliah, hal itu membuat staminamu terkuras. Saat stamina hanya tinggal sisa-sisanya saja maka rasa malas akan datang dan membuatmu kesulitan menghadapi tatap muka dengan dosen dan tugas-tugas yang menumpuk. Untuk mengatasi permasalahan waktu ini, solusi terbaik adalah move on dari pekerjaan yang menyedot hampir seluruh perhatianmu. Cobalah mencari pekerjaan yang bertipe freelance atau pekerjaan lepas yang bisa kamu sesuaikan dengan jadwal harianmu. Namun bagaimana jika tidak menemukan pekerjaan seperti itu? Tenang saja Sob, hal berikut bisa kamu lakukan:

  • Gunakan akhir pekan atau hari libur untuk balas dendam belajar karena di hari-hari kerja perhatianmu terbagi dengan bekerja.
  • Bisa juga dengan mengambil pekerjaan yang cuma dilaksanakan di akhir pekan.
  • Bangun lebih awal dari biasanya, misalnya sebelum shubuh, untuk belajar beberapa menit/jam. Bagi kamu yang muslim bisa untuk shalat malam juga dan berdoa agar kuliah sambil kerjamu sukses.
  • Manfaatkan waktu sepulang kerja untuk belajar walau cuma sebentar.
  • Jika ada urusan penting perkuliahan bentrok dengan pekerjaan, mau tidak mau kamu harus membuat skala prioritas dengan mendahulukan salah satunya.
  • Lebih bijaklah dalam mengatur waktumu.

Di artikel saya sebelumnya saya pernah membahas mengenai tips manajemen waktu agar hidupmu lebih bermutu, jika ada waktu sempatkan juga membaca artikel itu ya.

Baca juga: Tips Manajemen Waktu Agar Hidup Lebih Bermutu

Kiat mengatasi persoalan dengan tempat bekerja

Kuliah sambil kerja akan membuatmu hidup di dua alam: alam kuliah dan alam kerja. Kedua alam tersebut memiliki ciri khas dan tekanannya masing-masing. Saat di tempat kerja, tidak pandang akan statusmu sebagai mahasiswa, atasan tetap akan meminta totalitasmu akan pekerjaan. Kamu harus tetap bekerja dengan profesional dan efisien. Sedapat mungkin menyelesaikan target harian. Namun meskipun telah seperti itu potensi konflik tetap ada, konflik dengan atasan/bos bahkan dengan sesama karyawan. Jika persoalan-persoalan itu muncul sebaiknya kamu melakukan hal seperti ini:

  • Memberitahukan keadaanmu sejujur-jujurnya dengan bos dan rekan kerja. Mereka harus tahu bahwa di luar kamu adalah seorang mahasiswa, kamu memiliki tanggung jawab lain. Dengan mengatakannya secara jujur maka mereka akan bisa memberikan pengertian.
  • Jika ada keperluan saat perkuliahan dan bentrok dengan jam kerja bicarakanlah dengan atasan dan beri janji bahwa kamu akan mengganti jam kerja yang terpakai di kemudian hari. Negoisasi itu penting.
  • Bila memang kamu lebih memprioritaskan kerja kamu bisa memilih jam kuliah sore atau malam tapi tidak semua kampus yang menyediakan ini.
  • Bila kamu lebih mempriotaskan kuliah namun pekerjaanmu membuatmu bermasalah dengan kuliah itu maka baiknya kamu cari pekerjaan yang lain.

Di artikel saya yang sebelumnya saya juga pernah membahas beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dijalani oleh mahasiswa, barangkali kamu bisa dapat inspirasi di sana.

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dijalani Mahasiswa

Kiat menghadapi persoalan dengan kuliah

Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa akan sulit membagi porsi waktu saat kamu telah memutuskan kuliah sambil kerja. Namun jika kamu ingin sukses kuliah sambil kerja beberapa kiat di bawah ini barangkali dapat membantumu. Sebab bagaimanapun pendidikan itu sangatlah penting. Pendidikan tinggi juga tidak memakan biaya yang sedikit, oleh karena itu kamu harus bijak dan pandai menyiasatinya. Beberapa kiat di bawah ini barangkali bisa kamu coba.

  • Setiap mahasiswa memiliki pembimbing akademik bukan? Nah, kamu perlu diskusi dengan beliau, atau kalau perlu curhat. Katakan yang sebenarnya pada sang dosen. Kenapa kamu harus kuliah sambil kerja dan di mana kerjanya. Minta pendapat dan nasehat dari beliau tentang permasalahan kamu. Selain itu, manatahu beliau punya informasi tentang pekerjaan yang bisa kamu lakukan yang lebih bersahabat dengan perkuliahanmu.
  • Jalin hubungan baik dengan teman sekelas. Hal ini penting lho. Ketika kamu akrab dan berhubungan baik dengan satu kelas maka mereka akan bersedia membagi informasi terkini kampus. Mereka akan bersedia membantumu dalam menyelesaikan tugas dan keperluan akademik lainnya.
  • Jangan menunda tugas kuliah sedetikpun! Ketika kamu menundanya kamu tidak bisa menjamin kamu akan punya waktu yang cukup untuk mengerjakannya. Pasalnya pekerjaanmu di luar sana akan menguras stamina, jadi ketika diberikan tugas kuliah cicillah saat ada waktu luang agar tidak menjadi berat saat deadline akan datang.

Alasan kebanyakan mahasiswa kuliah sambil kerja adalah untuk memenuhi kebutuhan finansial. Tidak semua mahasiswa yang beruntung dalam segi ekonomi. Saat kamu dihadapkan dengan pilihan kuliah sambil kerja kamu harus berpandai-pandai agar kuliah sambil kerjanya bisa sukses. Kamu lebih tahu dengan diri dan kebutuhanmu, jadi lakukanlah yang terbaik dan janganlah mudah mengeluh. Nahkoda handal tidak lahir dari lautan yang tenang melainkan lautan yang berbadai dan bergelombang, setuju? Salam semangat.

error: Konten dilindungi