Menjadi mahasiswa memang melelahkan, selain memikirkan beban kuliah yang jauh lebih berat dari barbel manapun seorang mahasiswa juga dituntut untuk menjadi akuntan handal. Bayangkan, di tengah kesibukan mereka dalam mengaruhi samudera kehidupan mahasiswa mereka harus menyempatkan waktu mengatur neraca keuangan. Hingga tidak jarang ide untuk mencari pekerjaan sampingan untuk mahasiswa pun muncul di benak mereka. Pasalnya, mereka tidak bisa mengandalkan uang kiriman dari donatur (orang tua) saja karena kebutuhan mahasiswa yang 11-12 dengan banyaknya tugas dari dosen. Pekerjaan sampingan yang dicari tentu pekerjaan yang mudah dan tidak mengganggu aktifitas kuliah. Berikut saya rangkumkan 7 pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa jadi referensi bagi kamu. Simak ya.

1. Guru les atau guru privat

Sumber gambar: loop.co.id

Mengambil pekerjaan sampingan menjadi guru les atau guru privat adalah pekerjaan termudah bagi mahasiswa, terutama mereka yang mengajar sesuai dengan bidang yang dipelajari di kampus. Misal, teman-teman dari FMIPA mengajar pelajaran IPA. Contoh umum lainnya adalah mengajar Bahasa Inggris dan Matematika. Untuk gaji, biasanya kamu akan dibayar dalam hitungan  jam atau pertemuan. Jadwal dan intensitas mengajarpun bisa ditentukan dengan kesepakatan sehingga kamu bisa mengatur waktu kuliah dengan waktu kerja. Menjadi guru les atau guru privat adalah rekomendasi teratas untuk mahasiswa.

2. Menjual tiket pesawat atau paket tour

Sumber gambar: batampos.co.id

Pekerjaan sampingan yang satu ini juga layak untuk dicoba, caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan kerja sama dengan perusahaan tour dan travel, menginvestasikan sekian uang dan setelah itu kamu sudah bisa melakukan transaksi penjualan tiket atau paket tour kepada teman-teman di kampus atau siapapun. Gajimu berasal dari keuntungan penjualan tiket tersebut, semakin banyak yang terjual semakin banyak uang yang kamu dapat.

3. Menjual pulsa

Sumber gambar: tokopedia.com

Pekerjaan sampingan satu ini adalah yang paling umum dijalani oleh mahasiswa. Sistem yang dipakai hampir sama dengan poin nomor 2, kamu menginvestasikan sekian uang sebagai saldo awal dan setelah itu kamu bisa menjual pulsa baik itu pulsa seluler atau pulsa listrik tergantung produk apa yang kamu ambil dengan distributor utama.

4. Menjadi pekerja lepas

Sumber gambar: blog.peopleperhour.com

Pekerjaan sampingan mahasiswa lainnya yang layak untuk kamu coba adalah menjadi pekerja lepas. Pekerja lepas ini banyak sekali jenisnya sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan waktumu. Beberapa di antaranya kamu bisa menjadi penulis lepas, penerjemah lepas, web designer dan segala macamnya. Keuntungan menjadi pekerja lepas adalah kamu bisa mengerjakannya di rumah atau di kost tanpa harus ngantor.

Baca Juga: Inilah Hobi Mahasiswa yang Bisa Hasilkan Uang

5. Menjadi pelayan kafe atau kantin

Sumber gambar: mrizkiaulia.wordpress.com

Banyak juga di antara mahasiswa yang menjadi pegawai paruh waktu di kafe-kafe atau kantin-kantin di luar waktu sibuk mereka. Mereka bekerja dalam shift tertentu setelah pulang kuliah atau di hari libur sehingga tidak mengganggu tugas utama sebagai mahasiswa.

6. Menjadi distributor produk

Sumber gambar: omahijabku.wordpress.com

Satu lagi pekerjaan sampingan yang sering digandrungi oleh mahasiswa adalah menjadi distributor produk, produk mainstream yang sering dijual adalah hijab hingga kosmetik, ada juga produk-produk lainnya. Dengan memanfaatkan media sosial mahasiswa yang bersangkutan menggaet calon pembeli.

7. Menjadi seorang blogger

Sumber gambar: www.reloadfood.com

Lho, kok menjadi seorang blogger? Mungkin pertanyaan demikian muncul di benakmu. Tahukah, dengan menjadi seorang blogger dengan blog populer yang ramai dikunjungi, kamu bisa membuat blogmu menjadi mesin uang. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memonetisasi blogmu hingga ia menjadi sumber penghasilan sampingan. Kamu bisa menjadi publisher iklan, menawarkan jasa, mengikuti program affiliate marketing dan sebagainya yang terbingkai dalam satu kelompok besar bernama Internet Marketing. Cuma, kamu perlu mempelajari beberapa hal dan butuh waktu yang cukup lama hingga blogmu bisa menghasilkan uang.

Baca juga: Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja

Nah, itulah 7 pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa saya rangkum untuk menjadi referensi bagi kamu. Tertarik untuk menjalani pekerjaan sampingan ini? Tidak ada salahnya dicoba , tapi jangan sampai hal tersebut mengganggu pekerjaan utama kita sebagai mahasiswa: belajar dan tamat tepat waktu. Semoga artikel ini bermanfaat.[]

error: Konten dilindungi