Kamu mungkin sudah terbiasa mendengar kalimat bahwa waktu adalah uang. Artinya, waktu itu teramat penting sehingga membuang-membuang waktu sama halnya dengan membuang-buang uang. Tapi sayangnya, jika uang dapat dicari lagi namun waktu tidak begitu, ia tidak akan pernah kembali. Oleh karena itulah kita perlu menjadi bijak dalam mengatur waktu, berikut 7 tips manajemen waktu dengan efisien agar waktumu tidak terbuang percuma.

1. Mulailah dengan membuat daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan (to do list)
Semua tugas, janji dan rencana harus dibuatkan ke dalam daftar yang mudah kamu lihat. Tujuannya adalah agar tidak ada kegiatan yang terlupa.



2. Kelompokkan daftar tadi ke dalam 4 kuadran
Empat kuadran itu adalah 1) penting dan mendesak, 2) tidak penting dan mendesak, 3) penting dan tidak mendesak, 4) tidak penting dan tidak mendesak. Setelah kamu mengelompokkan daftar tadi utamakanlah kuadran pertama dan sebisa mungkin tinggalkan kuadran keempat dengan mencari kegiatan pengganti yang lebih penting.

3. Buatlah timeline pekerjaan
Sekarang kamu sudah mempunyai daftar pekerjaan dan sudah membaginya ke dalam 4 kuadran, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberikan penjadwalan atau timeline untuk beberapa pekerjaan yang memungkinkan. Mulailah dengan kuadran pertama hingga ke kuadran keempat.

4. Jangan menunda-nunda pekerjaan
Jika 3 tahap di atas sudah selesai maka hal yang perlu kamu lakukan adalah melaksanakannya dengan tepat waktu, jangan menunda-nunda pekerjaan. Sebab penundaan akan mengacaukan jadwal yang sudah, susah-susah, kamu buat.

5. Hindarilah sifat perfeksionis
Ada perbedaan besar antara menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan baik dengan berusaha mati-matian mendapatkan hasil yang sempurna. Jangan mengejar kesempurnaan karena itu akan memakan waktu kamu. Memelihara sifat perfeksionis hanya akan menimbulkan kekecewaan karena kesempurnaan adalah sesuatu yang mustahil dilakukan manusia.

6. Lakukanlah pekerjaan dengan niat dan tujuan yang baik
Niat menjadi sangat penting. Niat kita akan berhubungan kuat dengan semangat kita melaksanakan suatu pekerjaan itu. Niatkanlah pekerjaan kita untuk memperoleh ridho dari Tuhan di samping kita melakukannya untuk keluarga, rekan kerja atau lainnya. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

7. Jika telah selesai dengan satu pekerjaan lakukanlah pekerjaan lain
Hal terakhir yang bisa saya bagikan dalam 7 tips manajemen waktu agar hidupmu lebih bermutu adalah lakukanlah pekerjaan lain saat kamu telah selesai dengan satu pekerjaan. Jangan mengambil jeda yang lama agar tidak banyak waktu yang terbuang percuma. Lihat kembali daftar dan jadwal yang telah dibuat dan katakan pada dirimu bahwa kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang tersedia.

Semoga tips ini bermanfaat, jangan lupa bagikan agar yang lain juga dapat mengambil manfaatnya ya. Salam semangat.[]

error: Konten dilindungi