Tips mengerjakan skripsi dengan cepat dan efisien. Skipsi adalah sesuatu yang menjadi syarat bagi seorang untuk menyelesaikan baktinya sebagai mahasiswa. Kalau belum menyelesaikan skripsi ya belum wisuda. Namun yang namanya skripsi bukan suatu hal yang mudah untuk dikerjakan, ia malah kerap menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa. Skripsi adalah ujian tersendiri bagi mahasiswa, bermain-main dengan skripsi bisa membuatmu menjadi mahasiswa abadi. So, bagaimanapun si skripsi harus selesai dengan cepat sebelum terlambat. Berikut saya bagikan tips mengerjakan skripsi dengan cepat dan efisien yang berasal dari pengalaman pribadi saya sendiri. Mudah-mudah tips atau kiat mengerjakan skripsi ini bisa bermanfaat bagi kamu.

sukses mengerjakan skripsi dengan cepat
Sumber gambar: heryenzuss.wordpress.com

Mulailah dengan memilih dosen pembimbing yang care dan friendly
Nasib skripsimu sangat bergantung dengan dosen pembimbing, oleh karena itu sebelum semua terlambat kamu harus berpandai-pandai dalam memilih dosen yang akan kamu jadikan sebagai pembimbing skripsi. Sebab, jika salah-salah bisa bahaya. Bertanyalah pada orang-orang terdahulu tentang dosen-dosen tertentu dan pilihlah dosen yang paling peduli dan bersahabat dengan mahasiswa. Dosen pembimbing yang tidak susah ditemui dan tidak muluk-muluk. Hindarilah dosen yang sibuk, moody dan banyak maunya.

Baca juga: Tipe-tipe Dosen dan Cara Menghadapinya

Pilihlah judul yang paling mungkin untuk dikerjakan
Memilih judul yang baik itu penting lho, oleh karena itu pilihlah judul yang memang bisa kamu kerjakan. Judul yang alat atau objeknya gampang ditemukan. Kalau bisa lanjutkan saja penelitian sebelumnya dengan memberi variasi agar kamu tidak perlu memulai dari awal. Saya teringat sewaktu seminar proposal skripsi waktu itu, pertanyaan salah seorang dosen penguji hanya satu: alat-alat yang di proposal anda ini bisa dipastikan dapat diperoleh dengan mudah? Saya menjawab iya. Sang dosen bilang, kalau bisa syukurlah karena akan buang-buang waktu jika mencarinya susah.

Untuk judul skripsi biasanya boleh dicari oleh mahasiswa atau diserahkan kepada dosen pembimbing untuk mencarikan. Di antara kedua itu ada plus dan minusnya. Judul yang dicari sendiri akan lebih mudah bagi kita untuk menyesuaikan dengan kemampuan kita namun jika akan sulit untuk berkonsultasi dengan dosen jika di luar bidang beliau. Sedangkan judul yang dipilihkan dosen akan lebih mudah dalam bimbingan, apalagi jika judul tersebut merupakan proyek dari dosennya, selain mudah dalam bimbingan juga mudah dalam pembiayaan (dibantu sebagian atau penuh oleh dosen yang bersangkutan), hanya saja judul dari dosen tidak bisa dikerjakan dengan cepat.

Buatlah timeline pengerjaan skripsi
Membuat timeline sangat penting agar skripsimu berjalan sesuai target dan rencana. Kamu perlu mendetilkan proses-proses yang harus kamu lalui dalam jadwal yang akan kamu buat. Mengenai kapan harus mengambil data, kapan harus turun ke lapangan, kapan harus ke pustaka dan segala macamnya. Intinya kamu harus pandai mengatur waktumu.

Baca juga: 7 Tips Mengelola Waktu Agar Hidup Bermutu

Carilah referensi terkait skripsi kamu
Agar kamu dapat mengerjakan skripsi dengan cepat dan efisien carilah atau kumpulkanlah referensi-referensi terkait skripsi yang sedang kamu kerjakan. Dalam pengerjaan skripsi pasti ada momen di mana kamu akan menemukan kebuntuan, saat hal itu datang bukalah referensi-referensi yang kamu punya. Kutiplah referensi dengan benar agar terhindari dari tindakan plagiarisme.

Baca juga: Bahaya Plagiarisme Bagi Mahasiswa dan Pelajar

Jika kamu telah memulai jangan mengambil jeda istirahat yang panjang
Seringkali mahasiswa suka menunda-nunda. Misalkan hari ini mengerjakan skripsi, besok libur. Akhirnya malah kelupaan dan kebanyakan liburnya. Banyak yang bilang mengerjakan skripsi itu banyak godaannya, memang begitulah adanya. Kita butuh semangat ekstra, berkali-kali lipat dari semangat yang kita butuhkan untuk masuk kuliah. Oleh karena itu jika kamu mendapatkan semangat itu, jaga semangat mengerjakan skripsi itu dengan mengerjakan skripsinya secara kontinyu. Sebab, sekali kamu mengambil jeda perasaan malas akan berkuasa. Selain itu hinndari pula kebiasaan-kebiasaan buruk mahasiswa lainnya.

Baca juga: Inilah Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Harus Dihindari

Rajin-rajinlah bertanya kepada dosen pembimbing atau teman
Jika ada kendala dalam pengerjaan skripsi jangan pernah sembunyikan dan berlagak bisa untuk menyelesaikannya sendiri. Tanyakanlah pada pembimbingmu, karena bagaimanapun itu sudah tugas beliau. Tanyakan juga pada teman-teman yang mengerti agar kamu bisa menemukan solusinya segera. Jika dipendam begitu saja, kamu hanya akan menghabiskan waktu sehingga skripsimu lama selesainya, tamat pun jadi tertunda.

Atur intensitas bimbingan
Seperti yang saya bilang di awal, nasib skripsi kita berada di tangan pembimbing, oleh karena itu kamu harus bisa mengadakan pertemuan yang rutin dengan pembimbing untuk membahas perkembangan skripsi kamu. Memang sulit untuk menemui dosen, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba menanyakan pada beliau dan membuat kesepakatan. Misalkan bimbingan seminggu sekali atau dengan rentang lainnya.

Jangan pernah membuat masalah dengan dosen pembimbing

Tips mengerjakan skripsi dengan cepat dan efisien selanjutnya adalah jangan membuat masalah dengan dosen pembimbing. Sekalipun jangan pernah coba untuk membuat masalah dengan dosen pembimbingmu. Jika beliau banyak omongnya ya terima saja dengan baik. Ketika bimbingan banyak-banyaklah bersabar, mengiyakan atau mengangguk. Ketika diberi tugas revisi kerjakan dengan cepat. Sebab ketika dosen sudah kehilangan respek dengan mahasiswa bimbingannya yang akan rugi juga mahasiswanya. Kamu pasti tidak mau rugikan?

Usaha maksimal dan jangan lupa berdoa
Berusahalah dengan maksimal dan lengkapi dengan doa. Sebelum kamu bimbingan pastikan bahwa laporanmu sudah benar sehingga tidak banyak coretan yang akan dibuat dosen. Dan jangan frustasi ketika sudah ditulis sebaik mungkin masih dicoret-coret juga. Yakinlah Sobat, setiap kali bimbingan, coretan itu pasti akan ada. Nah, jika usahamu sudah maksimal berdoalah kepada Tuhan agar dimudahkan, agar hati sang dosen pembimbing dilebutkan, agar proses skripsimu berjalan lancar dan agar kamu segera di wisuda.

Nah, itulah tips mengerjakan skripsi dengan cepat dan efisien ala Jurnal Pembelajar, mungkin ada yang mau menambahkan? Semoga tips di atas bermanfaat bagi kamu yang sedang dilanda kegalauan oleh skripsi ataupun yang baru akan menjalaninya. Salam semangat.

error: Konten dilindungi