Hai pelajar, menjadi seorang pelajar memang banyak tuntutannya. Sederet target, sekian tuntutan, yang harus kamu penuhi sebelum masa kelulusan datang. Suka dan duka. Berjuang, berlari, terjatuh dan bangun lagi. Jatuh-bangunnya kita itu, adalah cita rasanya. Saat memiliki banyak teman, mau berapa kalipun jatuh akan selalu ada tangan yang membantumu untuk kembali berdiri. Bersama teman-teman kehidupan pelajarmu akan semakin menyenangkan. Saat bersama kalian juga bisa saling mengingatkan, termasuk tentang pantangan-pantangan bagi pelajar yang harus kamu jauhi. Semoga tulisan yang saya beri judul “Hai pelajar, jauhi pantangan-pantangan ini demi masa depanmu” bisa bermanfaat bagi kehidupanmu. Check this out!

merdeka.com

1. Meremehkan dan jarang membaca buku
Banyak pelajar yang suka meremehkan buku, alasannya sih macam-macam. Ada yang gak mau beli atau pinjam buku di perpustakaan karena “ya ngapain pake buku, berat-beratin tas aja, kan bisa dicari di internet!”. Ehh, bagaimanapun juga buku adalah rujukan pertama adalah benda yang bisa membantumu sukses dalam mengarungi samudera persekolahan. Jadi meremehkan buku dan jarang membacanya adalah pantangan bagi pelajar, hindarilah demi masa depanmu.

Baca juga: 10 alasan membaca buku menyelamatkan hidupmu

2. Bermalas-malasan dan bolos sekolah
Sekolah memang menjemukan, tiap hari kamu akan dihadapkan dengan hal-hal yang sama. Siapapun di dunia ini mungkin akan bosan jika harus melakukan hal yang sama setiap hari. Tapi bagaimanapun, bersikap malas-malasan hingga bolos sekolah adalah pantangan bagi pelajar. Agar kegiatan sekolahmu tidak menjemukan dan jadi menyenangkan ikutilah kegiatan ekstrakulikuler. Tentang ini akan saya bahas lain kali.

3. Merokok
Demi apa, agar kamu percaya bahwa merorok itu adalah pantangan yang besar bagi pelajar. Terkadang teman-teman pelajar mengetahui dampak buruk dari merokok itu tapi masih saja melakukannya. Jika kamu beranggapan merokok membuatmu keren, percayalah anggapanmu itu benar-benar salah. Yang ada malah kamu jadi tidak keren karena sakit-sakitan dan uang jajan yang didapat habis cuma buat dibakar.

4. Menyalahgunakan teknologi
Perkembangan teknologi selalu membawa dampak positif dan dampak negatif, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Teknologi bisa sangat membantu kita sebagai pelajar namun juga bisa merusak kita. Sebagai contoh game, kebanyakan bermain game akan membuatmu lalai dan tidak produktif sehingga bisa mengganggu kehidupan sekolahmu. Yang lebih parah adalah menggunakan internet untuk mengakses pornografi. Menyalahgunakan teknologi adalah pantangan bagi pelajar, jadi bijaklah dalam penggunaannya ya.

5. Pacaran
Sebagai seorang pelajar sebaiknya kamu menghindari kegiatan pacaran, mau itu yang sudah jelas statusnya hingga yang tanpa status sekalipun, intinya mah sama saja. Di mana-mana orang pacaran akan tersita perhatian dan pikirannya, sehingga fokus dan konsentrasinya tercepah. Jika ada yang berdalih pacaran sebagai penambah semangat, apakah tidak cukup ayah, ibu dan keluarga lainnya untuk menjadi penyemangatmu? Dan lagi, kamu masih muda untuk terlibat romansa, jalanmu masih sangat panjang. Demi masa depanmu, tinggalkanlah pacaran dan fokuslah untuk sekolah 🙂

Baca juga: Menunda nyatakan cinta

6. Tidak menghargai teman, melakukan tindak bullying hingga tawuran
Tidak menghargai teman-teman apalagi hingga menyakiti atau mem-bully teman adalah pantangan bagi pelajar lainnya. Saat kamu di sekolah, carilah teman-teman sebanyak mungkin. Jalinlah persahabatan dengan mereka. Kalau kamu menyakiti temanmu, mana tahu di masa depan nasibnya lebih baik dari nasibmu. Mana tahu di masa depan dia lebih sukses darimu. Ingatlah, setiap perbuatan pasti ada balasannya, cepat atau lambat. Selain itu hindari pula perkelahian dan tawuran, karena kerugian yang akan kamu dapatkan jauh lebih besar dari keuntungannya.

7. Tidak hormat kepada guru
Pantangan terakhir ini juga kerap dilakukan oleh pelajar, karena satu atau dua alasan mereka kerap tidak hormat kepada guru. Bagaimanapun juga, guru-guru adalah orang tua kita di sekolah, mereka bertanggung jawab atas kita. Hormatilah guru sebagaimana kita hormat kepada orang tua.

Nah, Sob, barangkali itulah pantangan-pantangan bagi pelajar, jauhi pantangan-pantangan itu demi masa depanmu. Jadilah pelajar yang baik dan berprestasi. Masa depan kamu sendiri yang menentukan. Salam semangat.[]

error: Konten dilindungi