Kita mulai tulisan ini dengan peribahasa yang sangat populer itu: buku adalah jendela dunia. Seseorang yang meluangkan waktunya untuk membaca adalah orang yang memberi kesempatan bagi dirinya sendiri untuk mengetahui lebih banyak hal, mengembangkan ranah pemikirannya dan juga menyelamatkan hidupnya. Kali ini saya mencoba merangkum sebuah artikel menarik dari situs whytoread.com yang bertajuk 10 Reasons Why Reading Books Will Save Your Life. Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita bersama. Nah, inilah 10 alasan kenapa membaca buku menyelamatkan hidupmu.

1. Untuk Meningkatkan Kemampuan Verbal Kamu
Kebiasaan membaca buku akan menambah kosa kata yang kamu kenali/kuasai, meskipun ini tidak selalu membuat kemampuan komunikasi kita menjadi lebih baik tapi setidaknya semakin sering kita membaca semakin banyak kosa kata baru yang kita pahami.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
Ketika seseorang sedang asyik membaca konsentrasinya akan tertuju pada bahan bacaan–hal ini lebih dikhususkan pada kegiatan membaca buku. Sehingga tidak jarang kita temukan orang yang sedang membaca perlu dipanggil berkali-kali agar ia mendengar. Dengan kata lain membaca dapat meningkatkan konsentrasimu, bukan?

3. Membuatmu Terbiasa Menikmati Seni dan Berpikiran Positif tentang Dunia
Ada ungkapan bahwa hidup indah dengan seni. Menulispun adalah seni dalam merangkai kata. Membaca akan membuat jiwamu lembut dan fakta-fakta yang kamu temukan dalam kegiatan membaca bisa merubah perspektifmu tentang dunia.

4. Meningkatkan Daya Imajinasimu
Suka membaca cerita? Dalam artikel Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita Suka Membaca Cerita yang saya tulis sebelumnya dijelaskan bahwa cerita bisa membuat orang tenggelam di dalamnya. Membaca cerita atau apapun akan membuatmu tertarik untuk mengimajinasikannya di dalam pikiran, dan itu tentu saja akan meningkatkan daya imajinasimu.

5. Membaca Membuatmu Pintar
Dari zaman kita bersekolah sampai saat ini pun, guru-guru akan selalu berpesan agar kita sering membaca. Saya teringat dengan guru SD dulu, “rajin-rajinlah membaca meskipun dari koran bungkus cabai yang dibeli orang tuamu di pasar”. Tidak ada yang menyangkal membaca akan membuat kita pintar, bukan?

6. Membuatmu Menjadi Pribadi yang Menarik
Punya banyak bahan dari membaca membuatmu gampang untuk masuk ke dalam percakapan, berdiskusi dengan orang lain atau berbagi ilmu. Kamu bisa menjadi pribadi yang menarik karena pengetahuanmu.

7. Mengurangi Stress
Membaca juga merupakan kegiatan menghibur diri, saat kamu mulai merasa penat jangan lupa luangkan sedikit waktu untuk membaca.

8. Meningkatkan Daya Ingat
Kegiatan membaca dipercayai meningkatkan daya ingat, tidak seperti menonton film atau mendengarkan radio/tape, pada saat membaca kita punya kendali untuk berhenti, mengingat, menulis dan sebagai macamnya.

9. Membentuk Kepribadianmu
Alam terkembang menjadi guru. Buku atau fenomena apapun yang kamu baca akan membantumu untuk menemukan jati diri dan membentuk kepribadianmu.

10. Membaca adalah Hiburan
The most interesting value atau bagian terpenting dari membaca adalah bahwa membaca adalah hiburan. Kamu bisa membaca buku-buku yang menarik yang bisa menghilangkan kegalauan atau kegundahan.

Nah, itulah tadi 10 alasan membaca buku menyelamatkan hidupmu, semoga bisa bermanfaat dan meningkatkan minat kita terhadap membaca. Selain 10 alasan di atas, membaca juga syarat utama agar kamu bisa mahir menulis. Selamat membaca.

sumber gambar: log.viva.co.id

error: Konten dilindungi