Halo sahabat mahasiswa, kali ini saya akan berbagi mengenai hobi mahasiswa yang bisa menghasilkan uang. Saya rasa topik ini penting karena banyak mahasiswa yang memiliki kegemaran namun belum memanfaatkan kegemaran atau hobi itu dengan maksimal. Ridwan Kamil, walikota Bandung, pernah bilang “Pekerjaan yang paling asyik itu adalah hobi yang dibayar”. Itu bukan cuma pernyataan ngasal lho, Sob. Sebab, saya sendiri sudah lama merasakannya.

Sebagai seorang mahasiswa kita harus bisa menjadi akuntan pribadi untuk diri sendiri. Kita dituntut bisa mengelola sumber daya yang ada dan memastikan agar sumber daya tersebut bisa tepat sasaran dan tidak habis sebelum waktunya. Terlebih bagi mereka yang berasal dari keluarga yang sederhana, selain memutar otak untuk memikirkan urusan kuliah mereka juga harus memutar otak untuk memikirkan persoalan finansial. Tidak jarang juga kita temukan ada teman-teman mahasiswa yang bekerja sampingan untuk membiayai diri sendiri bahkan membiayai keluarganya di sela-sela kesibukannya. Semoga berkah dan lindungan Tuhan selalu menyertai mereka. Oleh karena itu, kali ini saya tertarik untuk menulis topik ini. Berikut akan saya bahas 7 hobi mahasiswa yang bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Menulis

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Menulis (credit by condesign from pixabay.com)
Kamu punya hobi menulis? Itu aset lho, Sob. Kegemaran kita menulis bisa diuangkan dengan cara mengirimkan tulisan ke media cetak/online yang memberikan honor bagi para penulis lepas. Di akhir 2011 lalu saya mulai intens mengirimkan tulisan saya ke media, beberapa tulisan saya pernah dimuat dan alhamdulillah ada bayarannya, lumayan buat nambah uang saku. Selain itu, bagi kamu yang suka menulis bisa juga menawarkan jasamu untuk mengisi konten/artikel di website atau di media lain. Banyak situs pekerja lepas yang bisa kamu ikuti untuk mencari freelance job kepenulisan ini, salah duanya adalah freelancer.com dan sribulancer.com.
Masih terkait dengan kepenulisan, bagi kamu yang hobi membaca buku bisa menulis review/resensi tentang buku tersebut. Bagi kamu yang cukup paham dengan Ejaan yang Disempurnakan (EyD) dan teori-teori kepenulisan lainnya bisa juga bekerja sebagai editor dan proofreader. Bisa jadi trainer kepenulisan juga. Bagaimana?

Sosial Media

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Media Sosial (credit by gerald from pixabay.com)
Yang hobi ngotak-atik dan eksis di media sosial, kamu juga bisa menguangkan hobi tersebut. Sekarang ini ada profesi khusus yang disebut Social Media Specialist, kerjanya gampang banget, tinggal update beberapa akun media sosial perusahaan tempat kita bekerja dengan konsisten. Cuma itu dan dibayar. Peluang bagus bukan, daripada nge-galau mulu di linimasa media sosial dan menghabiskan waktu buat stalking mantan akun media sosial orang lain atau idola.

Desain Grafis

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Desain Grafis (credit by markusspiske form pixabay.com)
Hobi desain grafis? Baik itu berbasis vektor maupun bitmap, uangkan saja. Ada banyak komunitas desain yang berbagi informasi mengenai pekerjaan dan ilmu desain itu sendiri. Banyak juga orang/pelaku usaha yang membutuhkan jasa desain grafis. Peluang itu bisa kamu ambil kalau kamu mau. Saya pribadi pernah mendalami hobi ini dan bisa menghasilkan beberapa uang dari desain!

Video Maker & Editing

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Bikin Video (credit by jschofield form pixabay.com)
Siapa yang pernah melihat video-videonya WANT Production, Bayu Skak, Kevin Anggara, Last Day Production dan lainnya. Tahukah kamu mereka membuat video, menguploadnya ke YouTube dan mendapatkan uang. Ketika video yang kamu buat menarik banyak penonton video tersebut bisa dimonetisasi sehingga menjadi sumber penghasilan sampingan (atau bahkan utama).

Fotografi

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Fotografi (credit by Unsplash from pixabay.com)
Yang hobi fotografi mana? Hobimu bisa juga menghasilkan uang. Kamu bisa menjadi fotografer lepas, menjual hasil jepretanmu hingga mengikuti lomba-lomba foto yang sering digelar. Di samping itu kalau kamu mau menyediakan waktu, sambil jalan-jalan ke tempat wisata, bawa kamera dan tawarkan jasa ke para pengunjung, itu potensial sekali.

Pemrograman dan Web Desain

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Desain Web & Pemrograman (credit by FirmBee from pixabay.com)
Ketimbang sibuk mikirin coding yang seabrek kemudian hasilnya hanya tersimpan dalam laptop kenapa tidak diuangkan saja. Sekarang semua sudah serba digital, hobi kamu itu potensial dan banyak dicari pasar. So, kamu bisa pasarkan jasamu mengenai pemrograman dan desain web. Lumayan uangnya dan portofolio yang akan kamu dapat, selain itu kamu juga akan semakin tajam dalam memrogram dan mendesain web.

Blogging

hobi mahasiswa yang menghasilkan uang
Hobi Blogging (credit by geralt from pixabay.com)
Halo, siapa yang hobi blogging (selain yang buat ini tulisan). Tahukah, hobi blogging bisa menghasilkan uang juga. Tapi sebelum itu kamu harus mengerti dasar-dasar Internet Marketing dan memilih platform blog yang bisa dimonetisasi, karena gak semua platform blogging yang mudah untuk dimonetisasi.
Sebenarnya masih banyak hobi mahasiswa yang bisa menghasilkan uang lainnya, kalau semuanya dituliskan di sini akan amat sangat panjang. Intinya, ketika kamu memiliki hobi, asah terus hobi itu. Selain menambah nilai pada dirimu, memelihara hobi bisa juga menjadi sumber rezeki. Nah, itulah artikel kali ini tentang hobi mahasiswa yang bisa menghasilkan uang. Yuk, cari uang, Sob, asal kuliah jangan dinomorduakan, kuliah tetap yang utama.[]
error: Konten dilindungi