Cara menghafal cepat? Adakah? Menghafal memang suatu kegiatan yang menjemukan, betapa tidak, kamu harus memaksa otakmu buat mengingat sederet teori njelimet yang gak asik. Tapi, menghafal bisa jadi asyik dan menyenangkan kalau kamu tahu cara menghafal cepat dan menyenangkan. Ibaratnya kalau kita sudah tahu rahasia sesuatu kita pasti akan bisa mengendalikannya. Menghafal cepat juga ada rahasianya, mungkin lebih tepat dikatakan sebagai metode kali ya. Salah satu metode menghafal cepat yang paling terkenal itu metode jembatan keledai yang pernah saya bahas di postingan sebelumnya. Nah, kali ini saya akan kembali mengulangnya dengan beberapa cara atau metode lain yang bisa untuk kamu adopsi demi kepentingan menghafalmu. Hanya saja sebelum itu, beberapa kiat ini rasanya bisa membantu.

Hal yang perlu kamu lakukan sebelum dan saat menghafal

Jangan berharap kamu bisa menghafal dengan cepat tanpa ada persiapan. Jika kegiatan menghafal dianalogikan sebagai perang, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar di medan perang nanti tidak mudah tumbang. Menghafal juga demikian, ada yang perlu kamu persiapkan agar bisa maksimal dalam menghafal, beberapa persiapan itu di antaranya:

  • Suplai makanan bergizi
    Memberi asupan baik pada otak akan membuat otak bekerja lebih baik. Kamu perlu mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi agar otakmu bisa cemerlang sehingga ketika menghafal jadi gampang. Menurut penelitian ilmiah, makanan dan minuman yang dibutuhkan otak ini agar memori tetap terjaga dengan baik adalah susu, telur, ikan, kerang, kacang, jagung, bayam, jeruk, alpukat, wortel dan lainnya. Konsumsi salah satu atau beberapa di antaranya–kalau semuanya kering kantong kita–dan hindari makanan cepat saji atau junk food. Kalau kita sehat belajar jadi semangat, setuju.

Baca juga: Cemilan yang Baik untuk Menemani Kamu Belajar

  • Istirahat yang cukup
    Seringkali siswa atau mahasiswa baru mulai belajar atau menghafal semalam sebelum ujian akan dilaksanakan, biasanya disebut Sistem Kebut Semalam (SKS). Hal ini tidak baik lho, karena kamu memaksa otakmu (memaksa dirimu), ujung-ujungnya bukan kebaikan yang didapat malah hal negatif yang datang. Istirahat yang cukup adalah persiapan penting untuk menghafal. Menghafal membutuhkan energi yang cukup banyak sehingga saat menghafal kamu harus dalam kondisi prima. Kondisi prima maksudnya adalah semangat tinggi, tidak mengantuk dan kelelahan. Siapapun, bahkan orang jenius sekalipun, butuh untuk istirahat sebelum memulai pelajaran.
  • Fokus dan konsentrasi
    Jangan berharap kegiatan menghafalmu akan sukses dan menyenangkan kalau kamu tidak fokus dan konsentrasi. Kamu perlu menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dan menjauhkan segala sesuatu yang akan mengganggu/memecah konsentrasi dan fokusmu. Oke, sekarang simpan ponsel dan hal-hal lainnya! Fokus dan konsentrasilah agar kegiatan belajarmu bisa sukses.

Baca juga: Tips Belajar Efektif dan Efisien

Nah, kita sudah melakukan persiapan yang cukup, selanjutnya kiat menghafal cepat saat kegiatan menghafal tengah dilakukan. Ada beberapa tips penting yang perlu kamu pertimbangkan, beberapa tips ini sudah pernah saya lakukan dan alhamdulillah bermanfaat.

  • Lihat waktunya, estimasikan berapa lama kamu akan menghafal karena kalau kelamaan otak jadi lemas, jadi bosan juga kan. Ketika kamu telah memberikan estimasi waktu maka gunakan seefektif mungkin. Selain itu memilih waktu yang tepat untuk menghafal juga penting. Ini tergantung kebiasaan masing-masing. Kalau saya suka menghafal sebeluh shubuh atau pagi hari.
  • Lakukan gerakan-gerakan kecil. Melakukan gerakan-gerakan kecil akan membantu kamu menjaga kesadaran sehingga bisa tetap fokus dan semangat dalam menghafal, tapi jangan berlebihan ya, berlebihan membuat gerakan malah aka menguras kalori dan bikin capek.
  • Libatkan lebih banyak indera. Saya pribadi ketika menghafal suka menuliskannya terlebih dahulu, setelah itu saya baca ulang. Seringkali saya berlagak seperti dosen yang sedang mengajar atau seperti seorang presentator (materi yang saya hafal itu). Dengan begitu saya bisa melibatkan lidah saya untuk mengucapkan, tangan yang membentuk gerakan sehingga materi yang saya hafal bisa lebih meresap.
  • Jangan terburu-buru dan hafal lah per bagian berulang-ulang. Ini cara yang mainstream bukan? Hafal bagian tertentu dengan cara mengucapkannya berulang-ulang dan baru pindah saat yang tdi sudah hafal, kemudian di akhir lakukan review. Dan seterusnya. Dan seterusnya.
  • Pahami yang sedang difahal. Menghafal saja tanpa memahami akan percuma. Ketika kita sudah paham menghafal mah jadi gampang. Dan lagi, saat kita telah paham kita bisa menerjemahkan materi yang kita pahami tersebut dengan bahasa kita sendiri.
Nah, sudah sejauh ini, kamu sudah tahu beberapa cara menghafal cepat dan menyenangkan sejauh penjelasan saya di atas. Tapi jangan bosan dulu ya (meskipun artikel ini kepanjangan dari yang biasanya). Sekarang saya bagikan beberapa metode menghafal agar kegiatan menghafal kita jadi menyenangkan.

Metode Jembatan Keledai

Untuk metode yang satu ini sudah pernah saya bahas, intinya kita membuat jembatan-jembatan tertentu dari materi hafalan kita. Jembatan itu dibuat sedemikian rupa sehingga menarik dan gampang dihafal. Penggunaan metode ini sudah populer, terutama di pelajaran yang melibatkan deret panjang dan daftar njelimet seperti kimia. Ingin baca lebih jauh tentang metode ini? Yuk mampir ke artikel sebelah: Cara Cepat Menghafal dengan Jembatan Keledai

Metode Mnemonic

Metode mnemonic adalah suatu cara menghafal yang bersifat abstrak. Di metode ini kita bisa merubah suatu kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat dibayangkan agar mudah diingat. Metode ini terbagi 2 pula, yaitu sistem gambaran dan sistem persamaan bunyi.
a) Sistem gambaran
Jakarta ~ digambarkan dengan Monas
Yogyakarta ~ digambarkan dengan Borobudur
b) Sistem persamaan bunyi
Irak ~ lebih mudah diingat dengan kata rak
Singapura ~ lebih mudah diingat dengan kata singa
Lah, cuma untuk satu kata begitu? Hmm, memang susah kalau menghafal paragraf dengan metode ini, tapi metode ini bisa dipakai untuk menghafal bentuk diagram, siklus dan sebagai macam.

Metode Memori Sport

Sebenarnya otak manusia itu seperti otot, harus dilatih biar kuat. Lantas bagaimana cara melatih otak? Dengan senam otakkah? Ah, bisa jadi seperti itu. Tapi metode ini jauh kepada bagaimana kita mengulang-ulang menghafal sesuatu atau mengerjakan soal. Semakin sering kita mengolahragakan otak kita maka materi hafalan atau pelajaran akan semakin gampang diingat. Intinya bisa karena biasa. Saya jadi ingat permainan Duel Otak, saat teman selalu menang karena sudah terbiasa main, apakah ini relevan dengan kasus kita? Ah, entahlah.

Metode Story System

Metode ini menggunakan cerita, lebih tepatnya membuat cerita, dari materi yang ingin dihafalkan agar lebih mudah diingat. Kita mengumpulkan informasi lalu menggabungkan satu sama lain menjadi sebuah cerita.
Contohnya, saya pakai materi kuliah saya di Manajemen & Rekayasa Industri, tentang jenis-jenis waste atau pemborosan dalam produksi.
Materinya: Over production (produksi berlebih) – Waiting (menunggu) – Transportation (transportasi) – Inventory (Penyimpanan) – Motion (Pergerakan) – Over processing (proses yang berlebih) – Defective Units (cacat).
Kita rubah jadi cerita:
Dia datang dengan dengan transportasi terbaik, tapi dia dibuat menunggu lama. Yang ditunggu tidak juga menampakkan pergerakan. Sementara pabrik yang dia tinggal pasti sudah over production sehingga tidak muat di ruang penyimpanan. Pasti over processing sehingga kemungkinan banyak produk cacat. Itulah yang dinamakan pemborosan.

Metode Relation System

Metode ini adalah metode mencari relasi materi yang dihafal. Kita menghubungkan informasi satu dengan informasi yang lain secara terikat. Metode ini biasanya dipakai untuk menghafal kalimat berpasangan seperti sungai dan provinsi, budaya dan asal negara, hubungan sebab dan akibat serta kalimat berpasangan lainnya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar dari Diri Sendiri

Nah, itu tadi metode-metode yang bisa kamu gunakan dalam menghafal. Setiap orang memiliki cara menghafalnya masing-masing. Oleh karena itu, mungkin tidak semua metode bisa digunakan setiap orang. Yang terpenting adalah menemukan cara menghafal atau cara belajarmu sendiri. Saya rasa cukup untuk artikel dengan judul cara menghafal cepat dan menyenangkan ini. Intinya adalah bagaimana kita bisa menyugesti diri kita sendiri agar bisa semangat dalam belajar.

 

error: Konten dilindungi