Jujur saja, kalau kelamaan belajar pasti ini otak menjadi suntuk, pengennya lakuin hal yang lebih seru dan bikin mata melek. Kelamaan belajar tidak akan memberikan manfaat yang besar jika saja kegiatan belajarnya kita itu tidak efektif dan efisien. Nah, oleh karena itu pada postingan ini saya ingin berbagi tentang 7 tips belajar efektif dan efisien agar tujuan kita belajar bisa tercapai dengan seoptimal mungkin.

1. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai ‘ritual’ belajar adalah menyiapkan segala sesuatunya. Buku referensi, alat tulis dan kelengkapan lain seperti kalkulator, sempoa atau apapun yang kamu butuhkan. Termasuk cemilan yang akan menemani kegiatan belajar kita.

2. Mengatur waktu belajar
Tentukan atau atur waktu yang akan kamu gunakan untuk belajar. Jika kamu memutuskan untuk belajar selama 2 jam, patuhi keputusan itu. Belajarlah dengan baik selama 2 jam itu dan jangan lakukan kegiatan lain yang akan mengurangi waktu belajarmu. Bila terpaksa, tambahkan waktu sesuai waktu yang terpakai. Dengan mengatur jadwal memberikan kamu gambaran yang jelas tentang penggunaan waktu dan tujuan yang hendak dicapai.

3. Menandai bagian yang penting
Ketika belajar, jangan lupa untuk menandai bagian-bagian yang penting. Hal ini akan memberikan kamu kemudahan saat ini mempelajari bagian penting tersebut di waktu yang lain atau pada saat me-review yang sudah dipelajari.

4. Membuat catatan dan/menggambar
Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa semakin banyak indera yang bekerja saat belajar maka daya serap akan pelajaran menjadi semakin baik. Sangatlah berbeda saat belajar hanya dengan membaca dengan membaca dan menuliskannya. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menggambarkan konsep dengan mind map atau metode lain.

5. Membuat rangkuman pelajaran
Sebagai bukti bahwa kamu telah belajar, buatlah rangkuman tentang pelajaran tersebut. Lihat kembali bagian-bagian penting yang sudah ditandai, catatan yang sempat ditulis serta gambar yang sempat dilukis. Gunakan semuanya untuk membuat rangkuman tentang hal yang kamu pelajari.

6. Lakukan studi kasus atau kuis
Jika kamu sudah punya ‘senjata’ yang cukup, ambilah sebuah kasus yang terkait dengan materi pelajaran tersebut. Sebagai misal, menyelesaikan persamaan diferensial dan lainnya. Atau bisa juga dengan mengadakan kuis, pilihlah soal-soal di buku dan jawablah dengan memberikan waktu seperti kuis sebenarnya.

7. Bagikan apa yang kamu pelajari

Jika sudah memiliki ilmu tugas kamu selanjutnya adalah membagikannya. Ilmu akan hilang kalau tidak dibagikan. Buatlah kelompok belajar dan bantu teman-temanmu dalam diskusi. Hal ini akan membuatmu semakin mantap dalam materi tersebut, mengeratkan hubungan pertemanan dan menambah pahala.

Baca juga: Tips sukses belajar menjelang ujian

Oh ya, jangan lupa membersihkan niat belajar dan memulai dengan doa begitu pula saat mengakhirinya. Semoga kegiatan belajar kita berkah. Semoga dengan 7 tips belajar efektif dan efisien ini kegiatan belajarmu menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa sebarkan agar orang lain juga mengetahuinya. Salam semangat.[]

error: Konten dilindungi