Motivasi belajar memang suka naik dan turun. Suatu ketika dia bisa sangat tinggi-tingginya, di waktu yang lain malah jatuh serendah-rendahnya. Jika sudah begitu kamu harus segera menemukan cara untuk meningkatkan motivasi belajar itu. Bisa saja mendapatkan cara meningkatkan motivasi belajar dari orang lain, namun yang paling baik adalah menemukan atau memunculkan motivasi belajar dari diri sendiri. Lantas, bagaimanakah cara meningkatkan motivasi belajar dari diri sendiri itu? Semoga artikel ini dapat membantumu.

1. Tetapkan target atau visi
Dalam sebuah perancangan apapun, menetapkan target adalah hal yang sangat penting. Kenapa demikian? Target atau visi adalah tujuan yang akan dicapai. Dalam belajar tentu harus ada tujuan yang ingin kamu capai, karena melakukan sesuatu tidak akan membuahkan hasil yang signifikan. Ketika kamu telah menentukan tujuan/visimu maka percayalah motivasi untuk mencapai tujuan itu akan timbul. Lalu, apakah tujuan atau visimu dalam belajar?

2. Wujudkan dengan upaya-upaya atau misi
Jika tujuan belajar sudah ditentukan, kamu perlu untuk merancang upaya-upaya yang akan ditempuh. Upaya-upaya ini bisa disebut dengan misi. Dengan melakukan upaya-upaya inilah tujuan kita akan semakin jelas di depan mata sehingga semangat belajar kita akan meningkat.

3. Terapkan sistem reward dan/atau punishment
Kamu perlu untuk menghargai dirimu sendiri, salah satu cara meningkatkan motivasi belajar adalah dengan memberikan reward (hadiah) dan/atau punishment (hukuman) pada dirimu sendiri ketika tujuan atau upaya-upaya di atas tidak terjalankan. Sebagai contoh, ketika berhasil mendapatkan nilai bagus di ujian akhir semester maka “saya akan pergi berlibur” namun jika tidak “saya harus belajar lebih serius di masa liburan”. Hal ini diharapkan dapat memacu motivasi belajarmu.

4. Menciptakan lingkungan yang kondusif
Hal penting lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Lingkungan yang kondusif adalah lingkungan yang baik untuk belajar, minim gangguan hingga berada di sekitar orang-orang yang motivasi belajarnya juga tinggi.

5. Ingatlah bahwa kamu berjuang bukan untuk diri sendiri
Poin terakhir adalah dengan menyadari bahwa kamu belajar—berjuang—bukan untuk dirimu seorang. Perjuanganmu juga berdampak pada keluarga, sahabat dan orang lain di sekitarmu. Kamu belajar untuk mencapai sesuatu, sesuatu yang kamu capai itulah yang akan menjadi persembahan darimu. Jika kamu telah menyadari itu maka motivasi belajar akan meningkat.

Baca juga: Tips Belajar Efektif dan Efisien

Banyak lagi cara meningkatkan motivasi belajar dari diri sendiri yang belum saya sebutkan, namun  5 poin di atas rasanya sudah cukup sebagai modal awal. Bagian terpentingnya adalah, ketika kamu sudah berhasil meningkatkan motivasi belajarmu maka tularkanlah energi itu kepada orang lain agar motivasimu tetap terjaga. Salam.[]

error: Konten dilindungi