Bisa kuliah di Jerman itu memang sesuatu banget. Pasalnya, Jerman adalah negara yang super keren untuk dijadikan destinasi belajar ke luar negeri kamu. Cuma, ada beberapa ketentuan yang harus kamu pahami sebelum kamu memilih untuk studi di Jerman apalagi sampai nekat ke sana tanpa persiapan.

Dikutip dari dw.com sebuah situs broadcaster internasional Jerman dan dari cerita dosen saya yang lulusan Jerman, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian setiap calon pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman. Ada 12 hal, mereka adalah sebagai berikut:

Ketentuan Kuliah di Jerman yang Perlu Kamu Tahu

Punya kenalan yang pernah atau sedang kuliah di Jerman

Hal ini sangatlah penting, sebelum kamu berangkat kuliah ke sana, kamu harus terlebih dahulu mencari kenalan yang sudah pernah atau yang tengah studi di sana. Dengan memiliki kenalan kamu dapat bertanya-tanya tentang kehidupan perkualiahan di Jerman dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Tidak semua perkuliahan di Jerman itu gratis

Ada yang mengatakan bahwa kuliah di Jerman itu gratis, sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Mahasiswa akan mendapatkan gratis untuk biaya perkuliahan jika mendaftar dan diterima di universitas negeri. Selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa berkuliah dalam kondisi sebagaimana warga Jerman biasanya (harus bisa bahasa Jerman misalnya, sehingga tidak memerlukan kelas khusus internasional). Namun, jika memilih kuliah di swasta tidak bebas biaya dan mahal. Mendapatkan beasiswa juga akan membantu mahasiswa.

Aturan yang amat sangat ketat, apalagi soal pajak

Tahukah kamu bahwa Jerman adalah negara yang amat sangat disiplin. Jika di Indonesia kamu bisa dengan mudah menemukan pedagang kaki lima, kalau di Jerman semua aktivitas bisnis walaupun kios kecil harus punya izin. Jika tidak bisa ditangkap dan dipenjarakan. Jerman saat taat terhadap pajak. Selain itu mereka mematuhi aturan yang berlaku, jadi jangan pernah berpikiran untuk iseng atau segala macamnya ya.

Boleh kerja sambilan asal jelas dan terdaftar

Sebagaimana yang saya jelaskan di poin #3, jika seorang mahasiswa ingin mencari pekerjaan sambilan, hal itu dibolehkan dengan syarat memenuhi aturan seperti hanya sekian jam dalam seminggu tergantung kebijakan universitas dan aturan lokal. Dan, pastikan pekerjaan yang kamu ambil sudah terdaftar dan kamu melapor pada pihak yang berwenang.

Orang Jerman lebih suka paten daripada publikasi

Dosen saya, dalam suatu kelas, pernah bilang bahwa orang Jerman tidak seperti orang Amerika yang ngeh banget bikin publikasi seperti jurnal. Orang Jerman justru menyembunyikan hasil penelitiannya untuk dikembangkan dan dipakai sendiri. Mereka lebih suka paten dibanding publikasi. Hal ini adalah pengetahuan yang penting bagi kamu yang ingin kuliah di Jerman untuk program pascasarjana.

Beasiswa dari pemerintah Jerman dengan nama DAAD

Ngebet pengen kuliah di Jerman tapi tidak punya uang? Jangan khawatir, pemerintah Jerman setiap tahun membuka peluang bagi pelajar internasional untuk mendaftar ke beasiswa mereka yang bernama DAAD. DAAD adalah lembaga negara Jerman yang memberikan beasiswa paling banyak bagi mahasiswa asing. Selain itu masih ada yayasan lain yang juga memberikan beasiswa.

Sangat direkomendasikan untuk bisa berbahasa Jerman

Jangan berpikir untuk mencukupkan diri dengan kemampuan bahasa Inggris saat kamu kuliah di Jerman, sebab kamu akan kesusahan dan berdampak bagi studimu. Akan lebih baik jika kamu belajar bahasa Jerman sebab itu akan memudahkanmu dalam perkuliahan nanti dan dalam bersosial dengan warga Jerman nantinya.

Urus Visa dengan baik dan jangan lupa hubungi kedutaan besar RI di sana

Mungkin tidak akan terlalu rumit bagi mereka yang memakai Visa Uni Eropa, tapi bagi mahasiswa yang berasal dari luar Eropa harus mengurus Visa dengan lengkap dan sebaik-baiknya. Carilah informasi yang valid mengenai ini, salah satunya adalah dengan menghubungi kenalan di poin #1 tadi. Jika pun Visa sudah berhasil kamu dapatkan, jangan lupa untuk menghubungi KBRI ketika kamu telah di Jerman nanti.

Universitas tidak membimbing mahasiswa, semuanya bebas

Satu pil pahit yang harus kamu telan jika berkuliah di Jerman adalah, tidak adanya bimbingan langsung dari universitas. Ketika kamu diterima sebagai mahasiswa di Jerman kamu akan dimasukkan ke dalam labor kemudian dibiarkan begitu saja. Dengan kata lain kamu harus mempunyai motivasi yang kuat dan inisiatif untuk bekerja dan menghubungi dosen pembimbing agar studimu selamat dan berhasil tamat.

Banyak asrama di Jerman untuk mahasiswa

Jangan khawatir soal tempat tinggal di Jerman. Sama halnya dengan di Indonesia, di sana juga banyak asrama atau kos-kosan mahasiswa. Udah gitu harganya tidak mahal pula. Kabar baik lainnya adalah biaya hidup di Jerman tidak semahal di Amerika Serikat ataupun Inggris.

Jangan membuat masalah atau kamu bakal dideportasi

Peringat penting bagi kamu yang ingin kuliah di Jerman, jangan sampai berbuat hal-hal aneh atau mencari masalah saat kamu sudah di Jerman nanti. Sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya, Jerman itu taat aturan. Kalau kamu melanggar peraturan bukan tidak mungkin kamu akan dipulangkan ke negara asal alias dideportasi.

Berpikir untuk Tinggal di Jerman Setelah Studi

Setelah menyelesaikan kuliah di Jerman kamu tiba-tiba berpikir untuk tinggal di sana. Mungkin karena sudah terlanjur nyaman, atau sudah ada pekerjaan. Tidak mengapa, sebab pemerintah Jerman tidak pernah mempermasalahkan itu. Hanya saja, jangan pernah lupa tanah airmu.

Baca juga: 7 Tips Mendapatkan IPK Tinggi Saat Kuliah

Nah, itulah 12 ketentuan yang harus kamu pahami saat kamu memiliki keinginan untuk kuliah di Jerman. Intinya, ketika kita berada di suatu daerah, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kearifan lokal di daerah tersebut. Mau kuliah di manapun tidak masalah, semuanya baik, tapi jika kamu diberi kesempatan kuliah ke Jerman, kenapa tidak?[]

error: Konten dilindungi