5 Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Sehat

tips menjaga pola makan sehat

Semenjak dunia dilanda pandemi, saya jadi jarang keluar rumah. Jarangnya saya keluar rumah juga menjadikan saya jarang untuk jalan-jalan alias ngider ke mana gitu. Bahkan meskipun hanya untuk makan mie ayam yang merupakan kuliner favorit saya bersama istri. Yah, meskipun masih bisa pesan makanan dengan jasa ojek online, saya jadi sangsi gitu. Sebaiknya memang makan makanan yang dimasak sendiri saja untuk saat ini.

Omong-omong soal makanan, menjaga pola makan merupakan bagian dari pola hidup sehat lho. Konon katanya banyak penyakit yang datang dari perut. Itu maksudnya banyak penyakit yang bersumber dari makanan. Sebagai contoh konsumsi gula yang berlebih bisa meningkatkan resiko diabetes, atau pun kandungan atau zat lainnya yang dikonsumsi secara berlebihan, bahkan vitamin sekalipun.

Tapi tenang saja, mencari informasi mengenai tips menjaga pola makan sehat itu tidaklah gampang, kamu bahkan bisa menemukannya dengan mudah di internet. Meskipun begitu, saya tertarik untuk menuliskan ini juga. Barangkali tips yang akan saya tuliskan memang tidak sempurna dan hanya beberapa saja, tapi paling tidak ini bisa jadi pertimbangan bagi kita dalam mengelola apa yang kita makan.

Tips Menjaga Pola Makan Sehat

Patuhi jam biologis tubuh

Ketika melewatkan sarapan atau telat sarapan saya biasanya merasa lemas dan sakit perut. Tak hanya sarapan, jam makan siang dan makan malam pun demikian. Terkadang sampai membuat asam lambung menjadi naik. Itu karena saya tidak konsisten memenuhi jam biologis tubuh.

Tubuh kita memiliki jam biologisnya sendiri. Itu seperti waktu-waktu di mana tubuh terbiasa melakukan hal tertentu. Misalnya kalau kamu biasa bangun subuh, mau tidur cepat atau telat pun biasanya juga akan terjaga saat subuh datang. Jam makan pun begitu, ketika biasanya kamu sarapan jam tertentu maka usahakan esoknya untuk makan di jam itu juga. Telat atau lalai patuh terhadap jam biologis tubuh bisa menyebabkan tubuh kita sakit.

Konsumsi kalori secukupnya

Salah satu permasalahan kesehatan yang terkait dengan makan adalah peningkatan berat badan. Tubuh kita punya kebutuhan kalorinya masing-masing, itu berbeda setiap gender dan profesi. Orang yang berprofesi sebagai petani tentu saja membutuhkan kalori yang lebih banyak, sedangkan pegawai kantoran butuh lebih sedikit.

Yang perlu kita lakukan adalah mengenal kebutuhan kalori tubuh kita dan lalu memenuhinya. Usahakan untuk mengasup tubuh dengan kalori yang cukup, tidak lebih atau kurang. Agar kamu bisa beraktivitas dengan baik karena mendapatkan tenaga yang cukup.

Hindari makanan olahan

Makanan olahan di satu sisi memang praktis, namun di sisi yang lain ia memiliki berbagai kandungan bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Memang kalau dikonsumsi sedikit saja tidak akan mempengaruhi tubuh saat sekarang ini, tapi kalau semakin sering kita memakan makanan olahan, zat berbahaya tersebut akan semakin menumpuk di tubuh kita dan dapat merusak organ tubuh seperti ginjal hingga jantung.

Imbangi dengan banyak minum air putih

Ahli kesehatan sangat menyarankan kita untuk minum air putih dengan cukup. Konon, kita dianjurkan untuk meminum 2 liter air dalam sehari, itu setara dengan 8 gelas air. Kebutuhan konsumsi air ini dapat berbeda-beda setiap orang, terutama bagi orang yang memang bekerja di lapangan yang kerap berpanas-panasan. Oh ya, mengimbangi makan dengan minur air putih juga akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik lho.

Konsumsi suplemen makanan jika perlu

Saya pribadi saat ini merutinkan diri untuk meminum suplemen makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih saat ini dunia tengah dilanda pandemi akibat Covid-19. Adapun suplemen yang saya minum adalah habbatussauda, yaitu suplemen dari jintan hitam. Jadi pas minum ini, khasiatnya dapat, sunnah-nya juga dapat. Untuk informasi, terutama bagi kamu yang muslim, meminum habbatussauda sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW lho.

Selain beberapa tips mengelola pola makan sehat di atas, masih banyak tips lainnya terkait ini. Hanya saja saya mencoba menulis apa yang bisa saya lakukan. Adapun tips lain dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai sumber. Selain itu, pola hidup sehat lainnya juga perlu untuk kita lakukan. Seperti menjaga diri agar tidak stres dengan berusaha menghindari melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan stres tersebut.

Soal aktivitas yang bisa menjadi penyebab stres sudah pernah saya tulis juga, bisa dibaca di sini: 6 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kamu Mudah Stres dan Depresi

Lebih baik lagi, jika kita bisa merutinkan olah raga juga, meskipun itu hanya di dalam rumah.

Nah, itulah beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan untuk menjaga pola makan sehat. Memang agak rumit ya, tapi memang hidup sehat itu tak gampang. Meskipun demikian, sesulit-sulit kita menerapkan pola hidup sehat, lebih sulit lagi menjalani hari-hari jika kita jatuh sakit. Ketika kita sakit, berbagai kegiatan atau aktivitas sulit untuk dilakukan. Hal itu akan membuat produktivitas kita menjadi menurun. Kinerja kita di kantor atau di tempat kerja lain juga dapat menurun. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Yuk jaga pola makan sehat dari sekarang.

14 tanggapan pada “5 Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Sehat”

  1. Uda, kalau sarden dan kornet itu apa termasuk makanan olahan? Kadang terbantu banget sama dua makanan itu. Tapi, katanya termasuk olahan juga. Jadi galau akutu huhuhu

  2. Nah kalau jam tidur blogger kyk sy nih ngalong gitu kak.selama wfh… malem melek ampe subuh ehh pagi jam 10 udh pules aampe sore huhu ga baek ya kak..auto ubah jadwal jam tidur biologis lagi deh biar balik normal..maksih udah diingatkan melalui tulisan ini

  3. Iya banyak banget penyakit yang berasal dari perut sebenarnya. Contohnya sok-sokan nih diet pakai lemon padahal nggak semua orang cocok pakai lemon yang ada maag kita yang malah kambuh hehehe

  4. Banyak minum air putih nih yaa kadang udah lupita ajahh kl bukanya pake es kelapa muda, hadewhhh makasih sudah mengingatkan yo Da…
    Tp kl pas sahur sih insyaallah pasti minumnya air putih anget hehe

  5. Tipsnya pas banget nih buat saya yang masih belum menjalani dengan baik semua tips di atas. Terutama minum air putih dan memahami jam biologis. Peer bangeetz. Makasih Uda tipznya.

  6. Waduh seperti kena jitak aku sama mas bro ini…. Entah kenapa jadi suka makan makanan olahan alias instan seperti mi, sosis, kornet soalnya praktis dan murah… Takut nak ke pasar hihi seharusnya kagak boleh ya, makanan sehat itu penting…

  7. tips di atas benar sekali. jangan sampai deh demi diet kita jadi skip jam makan. Kurus nggak malah maag. Itulah pengalaman kebodohan saya dulunya, hiks.

  8. mau tanya mbak, kalo aku kenapa kalo siang itu mau makan males sekali, tapi kalo malam aku kaya tikus, makan terus sampai subuh.

    cara mengatasi pola yg tidak sehat itu bagai mana ya

  9. Selama pandemi gini emang rasanya mau keluar rumah kek mau perang Uda
    Pasang masker dll demi kesehatan bersama
    Makanan ini banyak butuh perbaikaan huhuhu

  10. Selama pandemi gini emang rasanya mau keluar rumah kek mau perang Uda
    Pasang masker dll demi kesehatan bersama
    Makanan ini banyak butuh perbaikaan huhuhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *