kebiasaan penyebab stres dan depresi

Apakah kamu adalah seseorang yang kerap mengalami stres bahkan depresi? Seringkali saat stres atau depresi ini melanda kita kerap kehilangan mood. Hilang nafsu makan atau malah jadi lebih emosional.

Pada tingkat yang wajar stres dapat mengganggu keseharian kita, namun pada tingkat yang akut ia bahkan bisa menghancurkan hari atau bahkan masa depan kita. Bagaimana tidak, jika tidak diobati dan ditangani dengan tepat stres atau depresi dapat mengantarkan penderitanya pada perbuatan yang tidak-tidak.

Namun, sadarkah kamu, bahwa depresi seringkali dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak pernah kita sadari dengan benar dampaknya. Dalam sebuah penelitian yang dilansir oleh bloodsky.com depresi dapat diakibatkan oleh hal-hal kecil lagi sederhana ini. Bagi kamu yang sering mengerjakannya, insyaf sekarang juga.

Hal yang dapat menyebabkan stres dan depresi

Bermalas-malasan

Penyakit yang paling sering diderita oleh pelajar adalah penyakit malas. Tahukah kamu, bahwa malas-malasan adalah salah satu penyebab depresi. Malas membuat kadar hormon serotonin dalam otak kita meningkat dan pada akhirnya membuat kita depresi. Jadi, jangan banyak malas ya. Namun jika malas begitu kuat menyerang.

Kurang sosialisasi

Menutup diri dan jarang bersosialisasi juga merupakan penyebab timbulnya depresi. Kebiasaan menyendiri akan menyebabkan mudahnya timbul pikiran negatif dan merasa kesepian.

Mengkonsumsi junk food secara berlebihan

Junk food atau makanan cepat saji serta makanan olahan lainnya membuat seseorang rentan terkena depresi karena kandungan bahan kimia di dalam makanan tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan kimia tersebut akan menyebabkan perubahan kimia di otak sehingga dapat menimbulkan depresi.

Terlalu sering buka media sosial

Zaman sekarang media sosial itu adalah sebuah kebutuhan. Hampir semua kita memiliki akun media sosial, namun siapa sangka terlalu sering membuka media sosial dapat membuat seseorang terkena depresi. Hal ini dikarenakan pengguna media sosial akan cenderung untuk sering multi-tasking yang bisa menyebabkan timbulnya depresi. Belum lagi dengan konten media sosial yang seringkali membuat kita pusing karena muatan-muatan tertentu.

Sering bergaul dengan orang negatif

Agar tidak mudah diserang oleh depresi kamu perlu selektif dalam memilih pergaulan. Bergaul dengan orang yang negatif atau pesmistis akan membuatmu mudah diserang oleh sikap depresi. Sebaliknya, ketika kamu sering bergaul dengan mereka yang memiliki sikap positif, kamu akan menjadi orang yang optimis dan berpikiran jernih.

Merokok

Bagi kamu yang merokok, resiko diserang depresi jauh lebih besar lho. Kandungan nikotin dalam rokok dapaat mengganggu keseimbangan struktur kimia di dalam otak, apabila keseimbangan tersebut terganggu maka depresi akan timbul.

Baca juga : Kiat Membangun Rasa Percaya Diri

Rasanya tidak ada satu orang pun yang ingin dilanda depresi. Sebaliknya kita kerap menginginkan kondisi di mana pikiran dan hati kita sehat. Tidak disempitkan oleh masalah-masalah dan sebagai macamnya. Oleh karena itu, menjaga diri dari depresi menjadi sangat penting dan menjauhi beberapa penyebab depresi di atas adalah langkah untuk mencegah depresi atau stres itu sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.[]