tips mengisi waktu luang sebelum bekerja

Berhasil lulusan dari perguruan tinggi tempat kamu menuntut ilmu merupakan pencapaian yang luar biasa. Hanya saja, lulus dari kampus itu hanyalah awal dari perjuanganmu yang sesungguhnya. Sebab setelah itu kamu perlu mencari kerja dan sebagainya.

Bicara soal cari kerja nih, faktanya lapangan pekerjaan yang tersedia jauh lebih sedikit dari jumlah pencari kerja itu sendiri. Sehingga tak jarang seorang fresh graduate membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Nah, untuk mengisi waktu sembari mencari kerja tersebut, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Ikuti Pelatihan atau Workshop

Sembari mengisi waktu luang sebelum mendapatkan pekerjaan, kamu bisa mengikuti pelatihan atau workshop keahlian tertentu. Akan lebih bagus lagi jika pelatihan tersebut mendukung profesi yang akan kamu jalani. Misalnya pelatihan pengelasan untuk teknik mesin, pelatihan AMDAL, K3 dan lain sebagainya. Sertifikat dari pelatihan tersebut akan sangat berguna bagi pekerjaanmu kelak.

Jika tidak memungkinkan untuk pelatihan spesifik seperti yang kami contohkan di atas, kamu bisa mengambil kursus bahasa asing atau kursus kemampuan komunikasi seperti public speaking dan lain sebagainya. Dengan begitu, waktu menunggumu akan diisi oleh kegiatan yang berguna.

Mencari Kerja Sambilan atau Paruh Waktu

Setelah lulus dari kampus biasanya kita mulai segan untuk menerima uang saku dari orang tua dan keluarga. Rasanya gengsi gitu. Sementara kita belum juga mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu, kamu bisa memilih untuk menjalani kerja paruh waktu, hitung-hitung untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

Pekerjaan paruh waktu yang diambil tentu harus dipikirkan dengan matang agar tidak mengganggu usahamu dalam mencari pekerjaan tetap. Selain itu waktu bekerja juga perlu kamu perhatikan.

Mencoba pekerjaan lepas atau freelance

Jika menurutmu pekerjaan sambilan atau paruh waktu menguras waktu dan bersifat mengikat. Kamu bisa mencoba pekerjaan lepas. Banyak model pekerjaan lepas yang bisa dilakukan saat menunggu pekerjaan yang diimpikan didapatkan. Sebagai contoh, kamu bisa menjadi surveyor, penulis, desainer grafis, fotografer dan berbagai jenis proyek lepas lainnya.
Kamu bisa mencari pekerjaan lepas itu di situs-situs pekerja lepas–bisa dicari dengan mudah di internet lho. Hanya saja, sebelum memulai pekerjaan freelance saya sarankan kamu mempertajam kemampuanmu dulu, misalnya dengan mendalami hobi.

Mendalami Hobi

Selain tiga tips di atas, sembari menunggu dapat pekerjaan kamu juga bisa mengisi waktu dengan mendalami hobi. Apapun hobimu, entah itu menulis, fotografi, sinematografi, berkebun dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa ikut lomba atau event yang berkaitan dengan hobimu itu. Jika dapat penghargaan atau lainnya itu dapat membuat CV mu lebih berwarna.

Membantu orang tua dan keluarga

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan seorang anak bergantung kepada ridho kedua orang tua. Dan lagi, ketika kamu telah mendapatkan pekerjaan yang kamu idam-idamkan nanti, akan sedikit waktu yang kamu miliki untuk bercengkrama dengan kedua orang tua atau keluarga besarmu. Oleh karena itu, membantu orang tua dan keluarga termasuk ke salah satu tips mengisi waktu sebelum bekerja yang sangat saya sarankan.

Baca juga : Kuliah Sambil Kerja? Ikuti Kiat Ini Agar Kamu Sukses

Nah, itulah tadi beberapa tips dari kami buat kamu yang sudah lulus tapi masih menunggu mendapatkan pekerjaan. Setidaknya dengan demikian kita bisa mengisi waktu menunggu dengan kegiatan yang bermanfaat dan juga mengurangi stres dari tekanan pascakampus.

Selamat mencoba dan semoga cepat dapat pekerjaan terbaik.