Sebelum saya menjelaskan mengenai alasan masuk lembaga dakwah kampus, saya ingin bercerita terlebih dahulu. Ketika masih duduk di bangku S1 dulu, saya termasuk aktif dalam kegiatan lembaga dakwah kampus. Terhitung 4 tahun saya gabung dalam susunan pengurus lembaga dakwah kampus (LDK). Dua tahun di jenjang fakultas dan 2 tahun di jenjang universitas. Dan selama 4 tahun di LDK itu saya mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Sangat banyak manfaatnya.

Eh, tapi Lembaga Dakwah Kampus itu apa sih? Sebelum kita terlalu jauh baiknya memang dijelaskan terlebih dahulu. Meskipun rasanya sudah banyak yang tahu, sederhananya lembaga dakwah kampus adalah rohis atau rohani islam, hanya saja ia tumbuh di lingkungan kampus dan kegiatannya jauh lebih kompleks ketimbang rohis yang hanya di jenjang sekolah. Intinya tetap sama, yaitu kegiatan keislaman dan mengajak orang lain untuk membudayakan nilai-nilai islam.

Nah, bagi kamu yang masih bingung apakah harus ikut LDK atau tidak. Tujuh poin ini barangkali bisa menguatkan kamu untuk memutuskan bergabung dengan LDK.

 

#1 Sarana melatih soft skill

Hal pertama yang bisa kamu jadikan alasan masuk lembaga dakwah kampus adalah karena dengan aktif di LDK, yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa, kamu dapat melatih soft skill. Soft skill di sini dapat berupa kemampuan komunikasi. Kemampuan manajemen konflik. Kemampuan lobi dan lainnya yang akan kamu dapatkan seiring bergiat di LDK.

#2 Menambah keluarga baru

Ikut di LDK akan memberikanmu keluarga baru. Bukankah persaudaraan karena iman itu jauh lebih kuat bahkan dari persaudaraan karena ikatan darah. Ketika kamu masuk dan aktif di LDK kamu akan memiliki banyak saudara yang sedia membersamaimu baik suka maupun duka.

#3 Lingkungan yang baik bagi yang pengen hijrah

Di LDK setiap anggota selalu berorientasi kepada Allah, Rasulullah dan Al Qur’an. Tujuan teman-teman di LDK adalah menciptakan lingkungan yang madani, alias lingkungan rabbani atau qur’ani yang sangat tepat bagi mereka yang pengen hijrah.

#4 Semangat fastabiqul khairat

Anak-anak LDK selalu menjaga semangat kompetisi. Kompetesi di sini adalah kompetisi beramal kebaikan. Saat kamu masuk LDK kamu juga akan terpacu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

#5 Belajar manajemen waktu

Memang sih, saat memutuskan untuk bergabung dengan LDK itu kamu harus menambah kesibukanmu, tapi ada yang mengatakan bahwa semakin sibuk seseorang semakin piawai ia memanajemen atau mengatur waktu. Dengan ikut LDK kamu akan belajar bagaimana membagi waktumu untuk pos-pos tertentu.

#6 Ladang amal tersendiri

Misi utama LDK adalah berdakwah, dan dakwah itu adalah suatu amalan yang disukai oleh Allah. Dengan kata lain, LDK adalah ladang amal bagi kamu untuk mengumpulkan lebih banyak bekal untuk akhirat.

#7 Berbagi keterampilan yang beragam

Kalau ada yang bilang di LDK itu kerjanya cuma ngaji, maka itu salah besar. Di LDK bahkan hampir semua keterampilan dibutuhkan lho. Keterampilan media, keterampilan berdagang dan lainnya. Bukankah Islam itu syamil atau menyeluruh? Oleh karena itu semua hal di kehidupan itu harus tersentuh oleh Islam.

#8 Punya jaringan daerah hingga nasional

Hebatnya LDK, mereka punya jaringan komunikasi dan koordinasi di jenjang daerah, regional hingga nasional. Ada namanya Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia yang merupakan wadah nasional bagi para pejuang di LDK. Dengan jaringan yang luas otomatis kamu punya peluang untuk mengenal lebih banyak orang dari berbagai daerah dan latar budaya yang berbeda.

#9 Pelengkap dan follow up pelajaran agama

Memang sih di kampus ada pelajaran agama, tapi bagi kamu yang kuliahnya di kampus umum, pelajaran agama itu hanyalah sekali dan itupun hanya 2 atau 3 sks. Setelah itu selesai tidak ada lagi. Oleh karena itu, ikut aktif di LDK akan memberimu peluang untuk dapat mempelajari Islam lebih jauh.

#10 Terbiasa tawazun antara dunia dan akhirat

Tawazun berarti seimbang. Kita harus menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat, dengan catatan kehidupan dunia kita harus memberikan dampak yang baik bagi kehidupan akhirat kita. Aktif dan sibuk di LDK tidak ada salahnya, karena kamu akan mendapatkan keduanya sekaligus: dunia dan akhirat. Jadi tidak usah ragu.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampus

Lembaga dakwah kampus (LDK) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang rata-rata ada di setiap kampus umum. LDK memiliki poin plus dibanding organisasi lain dikarenakan kegiatan di LDK tidak hanya memberikan hasil di dunia tapi juga pahala di akhirat, insyaa Allah. Di samping itu, LDK diisi oleh orang-orang yang belajar menjadi baik sehingga kita yang ada di dalamnya juga akan terpacu untuk terus memperbaiki diri. Jadi, jangan sungkan untuk masuk LDK ya!

error: Konten dilindungi