Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kenapa kamu harus ikut organisasi kampus, tahukah bahwa secara umum otak kita dibagi menjadi 2 bagian, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan atau mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan logika yang rasional sedangkan otak kanan berkaitan dengan kreatifitas. Kemampuan kita mengerjakan soal matematika dan soal-soal pelajaran lainnya dikelola oleh otak kiri, sedangkan kemampuan bermain musik, melukis dan hal-hal kreatif lainnya dikelola oleh otak kanan. Kemampuan otak kiri dan otak kanan ini harus kita seimbangkan, mengembangkan otak kiri tidak sulit karena di sekolah atau kampus kita telah melakukannya dalam kegiatan belajar. Namun bagaimana dengan otak kanan? Salah satu yang memungkinkan adalah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dalam ekskul atau organisasi di kampus kita.

Selain  itu, kemampuan kita sebagai pelajar pun terbagi 2, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan akademis yang kita dapatkan dalam kegiatan belajar dan mengajar, sedangkan soft skill adalah kemampuan yang harus dicari dengan melakukan kegiatan sosial, dengan kata lain berhubungan dengan orang banyak. Oleh karena itulah, kenapa kamu harus ikut organisasi kampus. Lebih lengkapnya simak beberapa poin di bawah ini ya.
1. Mencari pengalaman baru
Dengan ikut dalam organisasi kampus kamu bisa mencari pengalaman baru. Kalau biasanya kamu cuma pulang ke rumah saat pelajaran usai, ketika kamu sudah tergabung dalam organisasi kampus kamu punya tempat mampir. Punya kegiatan baru sesuai passion dan jenis organisasimu, tentu saja hal itu akan menambah pengalaman baru.
2. Menambah kenalan atau relasi
Selain menambah pengalaman, mengikuti organisasi kampus juga menambah kenalan atau relasi. Mempunyai banyak kenalan adalah keuntungan, selain bisa berteman baik dengan mereka kamu juga bisa mengembangkan bisnis atau proyek-proyek lainnya dengan relasi yang telah kamu bangun.
3. Menggunakan waktu luang untuk hal bermanfaat
Ketika kamu telah bergabung dengan organisasi, kamu bisa menggunakan waktu luang untuk hal yang lebih bermanfaat. Ketimbang waktu luangnya dipakai buat tidur atau main game, berkegiatan di organisasi kampus tentu lebih bermanfaat, bukan?
4. Menebar manfaat dengan orang lain
Selain memberikan manfaat bagi dirimu sendiri, saat kamu aktif di organisasi kampus, kamu juga bisa memberi manfaat bagi orang lain. Minimal sesama anggota organisasi hingga dengan orang-orang yang terkait dengan organisasi tempatmu berkegiatan.
5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Terbiasa bersosialisasi dan rapat dalam organisasi secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasimu. Nyatanya, selama di dalam organisasi kampus dan kegiatan-kegiatannya kamu terlibat dalam kegiatan sosial yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik agar pekerjaan selesai dengan baik pula.
6. Meningkatkan rasa percaya diri
Saat kamu sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal, memecahkan sekian masalah dan mencari solusi dalam organisasi yang kamu ikuti, rasa percaya akan muncul pada dirimu. Suatu ketika jika kamu dihadapkan dengan masalah lain kamu akan lebih siap dan lebih optimis untuk menjalaninya, percayalah.
7. Merubah pola pikir
Hal terakhir menjadi hal paling penting, ketika kamu sudah terbiasa dengan lingkungan organisasi kampus yang kamu ikuti, kamu akan mempelajari tentang fenomena-fenomena sosial. Saat bersama, kamu akan mempelajari bagaimana menekan ego pribadi demi kepentingan kelompok. Saat bersama kamu akan belajar bagaimana cara berpendapat da menghargai pendapat orang lain. Dengan kata lain, kamu akan belajar untuk merubah pola pikirmu menjadi lebih baik.
Sebenarnya masih banyak lagi alasan kenapa kamu harus ikut organisasi kampus. Hanya saja semoga 7 poin di tulisan inilah kenapa kamu harus ikut organisasi kampus ini bisa bermanfaat. Jangan pernah takut untuk mencoba. Ayo menjadi pelajar yang tidak biasa. Mengikuti organisasi kampus memang pilihan, tapi pilihan ini adalah pilihan yang sangat dianjurkan. Salam semangat.[] 
error: Konten dilindungi