Hingga tahun 2012 lalu, masih terhitung sebanyak 127 gunung berapi aktif yang tersebar di Indonesia dengan sekita 5 juta orang yang tinggal di sekitar gunung berapi tersebut. Jumlah tersebut adalah jumlah yang banyak sehingga layak dipertanyakan mengapa banyak dijumpai gunung berapi di Indonesia.

mengapa banyak dijumpai gunung berapi di indonesia
Gunung Merapi (satujam.com)

Jika kamu penasaran atau ingin mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, saya akan coba jelaskan dengan singkat mengenai penyebab banyaknya gunung api tersebut. Setidaknya beberapa hal ini lah yang menjadi penyebab dari fenomena itu:

  1. Indonesia memiliki varias permukaan daratan seperti pantai, dataran rendah dan dataran tinggi yang menyebabkan banyak gunung di Indonesia.
  2. Indonesia terletak pada dua lempeng benua yang berbeda yaitu Lempeng Benua Asia dan Lempeng Benua Australia yang masing-masing terletak di barat dan timur Indonesia.
  3. Selain dua lempeng benua tersebut, Indonesia juga terletak di pertemuan lempeng dunia.
  4. Ditambah lagi dengan dilintasinya oleh jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sedikit penjelasan mengenai Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania yang menjadi faktor penyebab mengapa banyak gunung api di Indonesia tadi. Bahwa Sirkum Pasifik adalah rangkaian pegunungan yang berada di sekeliling Samudera Pasifik. Pegunungan ini berawal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, Gunung Rocky di Amerika Utara, Alaska, Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Irian Jaya hingga ke Selandia Baru.

Sedangkan Sirkum Mediterania diisi oleh pegunungan dari Afrika Utara dan Eropa Selatan yanag melalui Asia Barat, Pegunungan Himalaya, Thailand Utara, Myanmar hingga ke Indonesia. Tiba di Indonesia jalur tersebut pecah menjadi dua jalur yang dikenal dengan jalur busur dalam dan jalur busur luar. Sebagian besar gunung berapi di Indonesia masih aktif sehingga diperlukan pengawasan oleh pihak terkait.

Itulah penjelasan mengenai penyebab mengapa banyak dijumpai gunung berapi di Indonesia. Selain gunung berapi banyak juga gunung tidak berapi di Indonesia. Selain banyaknya gunung di Indonesia, juga terdapat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

(Baca: Inilah Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi).

Banyaknya gunung berapi yang ada di Indonesia adalah pesan dari Tuhan agar manusia selalu ingat bahwa dunia dan seiisinya ada dalam pengawasan dan kekuasaannya. Gunung-gunung api di Indonesia belakangan banyak yang mulai menunjukkan aktivitasnya. Beberapa gunung mengalami letusan dan menjadi bencana nasional dalam beberapa kurun waktu terakhir. Semoga pihak terkait dapat bekerja dengan baik sehingga dapat memantau aktivitas gunung berapi dan memperingatkan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan gunung berapi itu untuk menghindari dampak tertentu.

error: Konten dilindungi