Indonesia terkenal dengan negeri yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Indonesia memiliki banyak jenis flora dan fauna. Hal ini tidak dimiliki oleh negara lain. Namun, mengapa Indonesia sampai memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi seperti itu? Selengkapnya akan dibahas di bawah.

keanekaragaman hayati indonesia

Setidaknya terdapat sekitar 38.000 jenis tumbuhan, 3.000 jenis lumut, 4.000 jenis paku, dan 20.000 jenis tumbuhan biji (8% dari dunia) yang telah diselidiki di Indonesia. Nah, dari sebanyak itu jenis tumbuhan barulah 10% yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Pemanfaatannya berupa bahan pangan, tanaman hias, obat-obatan, bahan bangunan, industri dan sebagainya.

Selain tumbuhan, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hewan yang menurut penelitian IBSAP pada tahun 2003 setidaknya terdapat 515 jenis mamalia (36% endemik, peringkat pertama dunia), 35 jenis primate (25% endemik), 511 jenis reptil, 1.531 jenis burung (sebagian jenis endemik), 270 jenis amfibi, dan 212 jenis kupu-kupu (44% endemik) di Indonesia. Banyak sekali bukan?

Mengenai mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi seperti data yang dijelaskan di atas akan dijelaskan di bawah ini.

Mengapa Keanekaragaman Hayati Indonesia Sangat Tinggi

Keanekaragaman hayati Indonesia sangat tinggi disebabkan oleh beberapa hal yang melatarbelakanginya, hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia merupakan negara kepulauan
  2. Indonesia memiliki 2 zona geografi yaitu wilayah oriental (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan) dan wilayah australian (wilayah Timur Indonesia)
  3. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia yang tidak tersentuh manusia sehingga tingkat endemisnya tinggi, flora dan fauna di sana masih terjaga.
  4. Indonesia memiliki laut yang luas sehingga kekayaan lautnya melimpah dan beragam
  5. Indonesia memiliki daerah hutan yang luas sebagai tempat hidupnya flora dan fauna, di samping itu hutan Indonesia relatif masih terjaga sehingga flora dan fauna tersebut terlindungi.

Nah, itulah alasan mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Kekayaan Indonesia ini adalah aset yang sangat penting dan perlu dijaga oleh semua kalangan. Dari yang tua hingga yang muda, bahkan siswa di sekolah sekalipun. Jagalah kekayaan alam Indonesia karena dengan kekayaan alam dan keanekaragaman hayati itulah Indonesia menjadi negara yang besar dan dikenal oleh negara lain.

error: Konten dilindungi