Bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa barangkali sudah sangat sering mendengar istilah agent of change. Lebih jelasnya peran mahasiswa sebagai agent of change, namun sudahkah kamu pahami secara benar mengenai apa arti dari agent of change itu?

Jika diartikan secara etimologis atau secara bahasa “agent of change” yang merupakan istilah dalam bahasa Inggris berarti agen perubahan. Agen perubahan di sini dapat diartikan sebagai promotor atau penggerak dari perubahan itu sendiri. Perubahan seperti apa? Tentu saja perubahan ke arah yang lebih baik.

mahasiswa sebagai agent of change

Sebagai bagian dari kalangan intelektual mahasiswa menyandang beban berat di pundaknya sebagai generasi harapan bangsa yang diharapkan dapat membawa bangsa ini menjadi lebih baik lagi di masa depan. Kehadiran mahasiswa yang merupakan anak-anak peradaban memiliki posisi yang sangat penting di dalam masyarakat.

Mengenai perubahan yang dibawa oleh agen tadi, perubahan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri. Saat berkuliah, seseorang diharapkan dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik, mengubah pola dan cara berpikirnya menjadi lebih matang dan dewasa. Setelah ia berhasil mengubah dirinya sendiri, ia bertanggung jawab untuk mengubah keluarganya. Memperbaiki nasib keluarga dan segala macamnya. Lebih jauh dari itu, seorang mahasiswa bertanggung jawab mengubah lingkungan tempat ia tinggal hingga bangsa dan negaranya.

Indonesia saat ini tidak kekurangan orang-orang hebat lagi baik, hanya saja orang-orang hebat dan baik itu belum mendapatkan tempat. Sebagian besar dari mereka malah masih duduk di bangku perkuliahan. Namun, di masa depan kelak, mahasiswa yang telah berhasil lulus sudah pasti siap untuk menyambung estafet pembangunan masyarakat dan negara.

Baca juga : 4 Fungsi Mahasiswa di Dalam Masyarakat

Jika ada yang salah di negara ini, itulah yang akan mereka ubah. Jika ada yang kurang, mereka tambah. Sebagai agent of change atau agen perubahan tadi, mahasiswa diharapkan dapat membawa perubahan-perubahan positif ke tengah masyarakat demi kemaslahatan bersama, demi majunya bangsa dan negara Indonesia.

Nah, itulah makna mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan tadi. Jika kamu adalah mahasiswa, camkan lah dalam dirimu bahwa kamu bisa membawa perubahan mulai dari hari ini.

error: Konten dilindungi