Halo sahabat pembelajar, saya yakin kamu adalah seorang yang berminat untuk kuliah di luar negeri. Itulah mengapa kamu tersesat ke artikel cara kuliah di luar negeri ini. Kuliah di luar negeri memang menjadi impian bagi banyak orang, bahkan termasuk saya. Namun, bagaimana kiat agar bisa kuliah di luar negeri itu? Baiklah, kita akan bahas setelah ini.

Memilih kuliah ke luar negeri adalah pilihan yang tidak mudah. Kenapa? Karena kamu harus menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Agar kelak ketika kamu mendapat kesempatan kuliah di luar negeri kamu tidak akan kewalahan.

cara kuliah ke luar negeri
Zurich University, Switzerland

Adapun cara kuliah di luar negeri adalah sebagai berikut:

Menentukan tempat kuliah terlebih dahulu

Ketika kamu bermimpi bisa kuliah di luar negeri kamu tidak bisa hanya sekadar bermimpi. Kamu harus bertindak. Mulailah dengan menentukan tempat kuliah yang kamu inginkan. Hal ini penting karena kalau masih ngambang peluang kamu akan semakin kecil.

Semakin jelas tujuan kamu maka akan semakin jelas langkah-langkah yang dapat dilalui. Oleh karena itu mulailah untuk memilih tempat yang akan kamu tuju. Jika tidak cukup satu, pilihlah dua atau tiga. Jangan kebanyakan juga.

Mempelajari kultur daerah yang bersangkutan

Sekarang kamu sudah menentukan tempat yang akan kamu tuju, selanjutnya adalah mempelajari kultur daerah yang bersangkutan. Optimis bisa ke sana! Dan jika kesempatan itu datang kamu sudah siap dengan segalanya karena kamu sudah mempelajarinya lebih dahulu. Mau kuliah di luar negeri manapun kamu akan siap sedia.

Mencari peluang untuk bisa terbang ke luar negeri

Next, marilah mencari peluang untuk bisa terbang ke negara tujuan yang telah kamu tentukan, begitulah cara kuliah di luar negeri selanjutnya. Peluang-peluang ini bisa jadi beasiswa, pertukaran pelajar, tugas kuliah dari perusahaan dan segala macamnya. Catatlah setiap peluang yang kamu punya dan cobalah ambil peluang itu.

Mendapatkan surat tanda terima alias Letter of Acceptance dari kampus tujuan

Lebih sering disebut sebagai LoA. Surat ini adalah surat sakti yang menjadi syarat utama kamu bisa kuliah ke luar negeri. Tanpa ini kamu hanya akan terkatung-katung di negeri orang nan jauh di sana. Pastikan kamu memiliki LoA terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri. Jangan sampai berpikir untuk nekat.

Menabung dana pendidikan atau mencari dari sumber lain

Jika memungkinkan, kamu bisa menabung dari sekarang, sisihkan uang jajan dan uang hasil kerjamu sedikit demi sedikit karena biaya kuliah ke luar negeri itu tidaklah sedikit. Selain itu, akan lebih baik jika kamu mencari sumber dana atau sponsor lain.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Kuliah ke Luar Negeri

Nah itulah beberapa cara kuliah di luar negeri dengan mudah. Apa? Gak mudah ya? Ya namanya juga sesuatu yang hebat, mana ada yang mudah. Semuanya butuh usaha yang gak setengah-setengah. Tapi cara-cara di atas dapat dilakukan mulai dari sekarang kok. Percayalah dan optimislah bahwa kamu bisa meraihnya.[]

error: Konten dilindungi