Hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri. Banyak sekali mahasiswa atau calon mahasiswa yang kerap bertanya bagaimana cara kuliah luar negeri. Caranya banyak, salah satunya adalah dengan mengikuti seleksi beasiswa kuliah lur negeri. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus disiapkan bagi yang benar-benar minat untuk mencoba belajar di negeri orang. Menimbang karena pengalaman dan wawasan global yang didapatkan saat kuliah di luar negeri itu sangat penting dan bisa menjadi nilai plus dalam mencari lapangan kelak, persiapannya tentu tidak mudah. Setidaknya kamu harus menyiapkan 10 hal di bawah ini.

1. English Preparation

Kamu ingin mencoba kuliah ke luar negeri? Maka kamu perlu menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris. Menguasai dalam konteks ini harus dapat dibuktikan dengan sertifikasi. Ada standar-standar nilai yang dipatok oleh penyedia beasiswa dan perguruan tinggi tujuan, hal-hal tersebut adalah nilai IELTS, TOEFL dan tes sejenis.

2. Konsultasilah dengan konselor atau siapapun yang telah berkecimpung di dalamnya

Jika kamu memang benar-benar minat untuk mencoba kuliah luar negeri, berusahalah untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai bidang studi, prospek karir serta pemilihan negara dan universitas berdasarkan minat dan kemampuan. Berkenalanlah dengan konselor (biro konsultasi) atau mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang telah berkuliah di luar sana.

3. Menyiapkan aplikasi

Aplikasi pendaftaran berupa dokumen yang berisi berkas-berkas penting. Berkas-berkas itu seperti formulir pendaftaran yang telah diisi, ijazah dan transkrip nilai, sertifikat kemampuan bahasa Inggris serta paspor. Berkas-berkas tadi adalah yang paling umum, siapkan berkas sesuai yang diminta oleh penyedia beasiswa kuliah luar negeri dan oleh perguruan tinggi tujuan. Tambahkan dokumen lain bila diperlukan, misalnya proposal penelitian, surat rekomendasi dan sebagainya.

4. Letter of Acceptance (LoA)

Bagi kamu yang memang minat untuk berkualiah di luar negeri pasti sudah tidak asing dengan istilah Letter of Acceptance (LoA) alias Surat Tanda Penerimaan ini. LoA ini sangat penting karena beberapa beasiswa menjadikan ini sebagai syarat. Jenis LoA ada 2; conditional dan unconditional. Syarat beasiswa kebanyakan unconditional LoA, atau LoA tanpa syarat, yang menjadi indikasi bahwa semua berkas administrasi sudah selesai alias lengkap.  

5. Pembayaran biaya

Sebelum bisa memulai kuliah luar negeri, kamu harus menyiapkan pembayaran biaya perkuliahan dan segala macamnya. Jika kamu mengikuti seleksi sebuah beasiswa dan dinyatakan lulus maka pengelola beasiswa akan menanggung semua pembiayaan, namun jika tidak kamu harus menyiapkan biaya kuliah sendiri. Biaya kuliah luar negeri ini tidak murah lho, jadi tidak direkomendasikan untuk nekad tanpa persiapan pembiayaan.

6. Paspor dan visa

Untuk bisa berangkat ke luar negeri, paspor adalah barang yang mutlak diperlukan. Selain itu kamu juga harus mengurus visa pelajar sesuai dengan negara yang menjadi tujuan. Untuk mengurus visa kamu harus memiliki paspor terlebih dahulu serta persyaratan lainnya. Ngurusnya dimana? Biasanya sih di kantor Kedutaan Besar negara yang menjadi tujuan kuliah luar negeri kita.

7. Pre Departure Briefing

Nah, sebelum berangkat kuliah ke luar negeri, bagi kamu penerima beasiswa, biasanya akan ada program yang bernama pre departure briefing yang berisi pengarahan dari konselor sebelum berangkat ke negara tujuan.

Baca juga: Inilah Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Mudah

Selain 7 hal yang harus disiapkan untuk kuliah luar negeri di atas, penting juga bagi kamu untuk riset mengenai negara tujuan kuliah luar negerinya. Pertimbangkanlah biaya hidup, iklim hingga kultur atau budayanya. Kenali betul agar tidak canggung ketika sudah berada di sana. Semoga artikel ini bermanfaat.

error: Konten dilindungi