Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa negara kita perlu kerja sama dengan negara lain? Secara Indonesia adalah negara berkembang, maka hubungan dengan negara lain menjadi penting dalam perkembangan Indonesia menuju negara maju. Dalam menjalin hubungan internasional itu tentu harus ada alasannya. Berikut ini adalah alasan mengapa Indonesia perlu melakukan hubungan internasional.

mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain
sumber demokrat.or.id

 

Alasan mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain

Saling Membantu
Sebagaimana kita berteman dengan orang lain, dalam hubungan internasional pun suatu negara dengan negara lainnya dapat saling membantu. Bantuan yang dapat diberikan pun beraneka ragam. Dapat berupa bantuan cuma-cuma ketika ada bencana. Bantuan pendidikan dan lain sebagainya. Dengan adanya kegiatan saling membantu ini kedua negara dapat berkembang.

Pertukaran Sumber Daya dan Teknologi
Ada sumber daya yang ada di Indonesia tapi tidak ada di luar negeri, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, hubungan internasional sangat berguna dalam pertukaran sumber daya dan teknologi. Yang dipertukarkan bukan cuma sumber daya alam saja, tapi juga dapat berupa sumber daya manusia.

Menjaga Ketertiban dan Perdamaian Dunia
Indonesia adalah negara anggota PBB. Adanya PBB adalah untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dunia. Oleh karena itu salah satu alasan mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain adalah untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dunia tadi.

Meningkatkan perekonomian dan faktor lainnya
Salah satu keuntungan dari hubungan internasional adalah dapat meningkaktkan sektor perekonomian. Tapi tidak cuma itu, sektor lainnya pun dapat terbantu akibat adanya hubungan internasional Indonesia dengan negara sahabat ini. Bisa sektor militer, pendidikan dan sebagai macamnya.

Melakukan kerjasama lainnya
Terakhir, alasan mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain adalah dapat melakukan kerjasama dengan negara terkait. Perjanjian kerjasama dapat dilakukan pada banyak sektor. Hal ini diharapkan dapat membantu kedua belah pihak untuk berkembang.

Baca juga: Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung kepada Alam

Nah, itulah tadi 5 alasan mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain. Tidak cuma negara, kamu pun perlu bekerja sama dengan orang lain. Tapi kerjasama dalam hal yang baik ya, jangan dalam hal mencontek saat ujian dan hal tidak baik lainnya. Salam.

error: Konten dilindungi