Mungkin ada di antara kamu yang ingin tahu mengapa negara maju tidak tergantung pada alam, tepatnya pada sumber daya alam. Jawaban dari pertanyaanmu akan kita ungkap seiring waktu dalam artikel ini. Yang jelas, negara maju tidak akan bisa berdiri kokoh jika tidak dibantu oleh negara-negara berkembang, terutama negara berkembang yang memiliki sumber daya alam yang kaya.

Indonesia adalah negara berkembang dengan sumber daya alam yang melimpah. Karena itulah, Indonesia sangat dibutuhkan oleh negara-negara maju. Sumber daya alam dari negara berkembang dapat diolah menjadi bahan setengah jadi dan dikirim ke negara maju untuk diolah menjadi barang jadi. Itulah salah satu alasan mengapa negara maju tidak tergantung pada alam.

mengapa negara maju tidak tergantung alam

Adapun alasan lainnya mengenai mengapa negara maju tidak tergantung sumber daya alam adalah sebagai berikut.

Alasan mengapa negara maju tidak tergantung pada alam

Setidaknya ada 5 poin yang akan menjawab pertanyaan di atas, poin-poin tersebut adalah sebagai berikut:

Teknologi yang sudah maju
Teknologi yang sudah maju membuat mereka dapat memaksimalkan lahan yang sedikit untuk menghasilkan hasil yang banyak. Misalnya saja dalam bercocok tanam, negara maju bisa menerapkan bioteknologi serta beberapa teknologi lainnya.

Fokus pada jasa dan industri
Sektor yang diperhatikan di negara maju adalah sektor jasa dan industri. Dalam sektor jasa mereka mencoba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, sementara di sektor industri mereka membeli bahan setengah jadi pada negara berkembang. Sehingga mereka tidak memerlukan sumber daya alam langsung dari negara mereka sendiri.

Memiliki modal yang besar
Modal besar yang dimiliki oleh negara maju dapat digunakan dalam pengadaan segala hal, termasuk membeli bahan mentah ke luar negeri.

Tidak punya SDA yang cukup
Salah satu kekurangan dari negara maju adalah sedikitnya sumber daya yang  tersedia di alam mereka. Oleh karena itu, negara maju harus memikirkan bagaimana dengan SDM yang ada industri tetap berjalan meskipun  tidak ada SDA di tempat itu.

Wilayah yang sempit
Alasan terakhir mengenai mengapa negara maju tidak tergantung pada alam adalah terbatasnya wilayah mereka alias sempit. Wilayah yang sempit tidak dapat digunakan untuk menanam sumber daya  alam yang besar.

Nah, itulah tadi alasan mengapa negara maju tidak tergantung pada alam. Kita pun, Indonesia, lambat laun akan mulai terseret pada era di mana sumber daya alam sedikit di negeri ini jika kita tidak dapat menjaganya dengan baik.[]

error: Konten dilindungi