Menjadi mahasiswa atau pelajar bukan berarti membatasi kamu untuk melakukan kegiatan menarik lainnya. Seperti membuat usaha sampingan atau mulai menjalankan bisnis mahasiswa dan pelajar demi menambah uang saku kamu. Banyak peluang usaha atau ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu coba, sampai 25 poin lho! Kita akan membahasnya nanti.

Tapi sebelum itu, apa sih manfaatnya menjalankan bisnis mahasiswa atau pelajar? Untuk menambah uang saku, oke itu benar tapi terlalu mainstream. Banyak hal lain yang bisa kamu dapat saat kamu membuka bisnismu sendiri. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Punya penghasilan tambahan buat uang saku atau bahkan biaya kuliah/sekolah
  2. Melatih mental pekerja keras sedari bangku kuliah/sekolah
  3. Melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang banyak (pembeli)
  4. Sadar atau tidak sadar, berbisnis akan membuatmu belajar untuk menghargai jerih payah orangtuamu dalam mencari nafkah
  5. Menambah relasi atau kenalan baru
  6. dan masih banyak manfaat lainnya
    bisnis mahasiswa
    Ide bisnis mahasiswa dan pelajar

Ide Bisnis Mahasiswa dan Pelajar yang Bisa Kamu Coba

Di atas kita sudah menyinggung beberapa manfaat dari bisnis untuk mahasiswa dan pelajar. Sekarang saya akan membeberkan beberapa ide bisnis atau peluang usaha yang bisa kamu coba. Peluang usaha ini ada yang tanpa modal dan ada yang dengan modal. Mudah-mudahan ada yang cocok denganmu.

#1 Bisnis jualan pulsa
Usaha sampingan mahasiswa yang pertama adalah jualan pulsa. Kenapa saya letakkan ini sebagai yang pertama? Karena ini yang paling sering digandrungi oleh mahasiswa. Dengan modal yang kecil kamu sudah dapat menjalankan bisnis ini. Cuma keuntungannya juga kecil dan resiko banyaknya teman-teman yang ngutang sehingga modal tersendat.

#2 Bisnis les private
Sambil belajar tidak ada salahnya jika kamu juga mengajar. Mengajar private atau di lembaga kursus. Hitung-hitung mengingat pelajaran lama atau memantapkan pengetahuan. Katakanlah iseng-iseng berhadiah, mengajar apa yang kita bisa dan dapat uang pula. Kerugian dari tipe bisnis mahasiswa satu ini adalah kamu perlu menyiapkan waktu khusus di sela kesibukanmu.

#3 Jasa penulis
Hobi menulis juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha, kamu bisa menawarkan jasa menulis rilis, konten untuk website dan lain sebagainya. Kamu akan dibayar sesuai kesepakatan antara kamu dan klien. Kerugiannya adalah kadang butuh waktu yang cukup banyak dan sulit menemukan klien jika kamu adalah pemula. 

#4 Jasa desain grafis
Masih di sektor jasa. Mahasiswa dan pelajar ini banyak banget yang kreatif. Banyak dari mereka yang pandai menggunakan perangkat lunak untuk desain grafis. Jasa desain grafis adalah salah satu peluang bisnis yang menarik untuk dilakoni. Kamu bisa mencobanya. Kerugiannya sama dengan poin ketiga.

#5 Jasa desain web
Suka ngoding? Pintar desain web? Atau minimal bisa pakai CMS. Itu bisa juga dijadikan peluang bisnis. Kamu bisa membuat stok desain dan dijual. Ada lho yang menjual desain web yang dibuatnya ke sekolah-sekolah yang belum punya website ataupun instansi lain. Harganya berapa? Pertanyaan yang bagus, kira-kira sekitar 1-2 juta rupiah per desainnya. Lumayan kan? Kerugiannya, membuat website itu tidak gampang dan menawarkannya ke calon klien lebih sulit lagi.

#6 Menjadi pengembang aplikasi
Senada dengan poin ke-5, peluang usaha mahasiswa yang ini juga butuh skill ngoding. Menjadi pengembang aplikasi cukup menggiurkan. Pernah dengar cerita suksesnya game Flappy Bird yang bisa datangkan ratusan juta rupiah perhari bagi pembuatnya? Kamu juga bisa mengambil kesempatan itu jika punya kemampuan khusus di bidang ini. Kerugiannya, pun kamu sudah membuat aplikasi, menjual dan membuatnya populer bukan hal yang mudah.

#7 Menjadi penerjemah
Di lowongan-lowongan part-time banyak lowongan untuk menjadi penerjemah. Baik secara paruh waktu atau secara freelance. Kamu bisa mencari proyek-proyek freelance di situs-situs berikut ini:
Sribulancer.com
Projects.co.id

#8 Tour guide
Punya skill komunikasi yang bagus? Jadi tour guide aja. Pekerjaan ini mulai banyak dilakoni oleh mahasiswa dan pelajar, terutama yang bertempat tinggal dekat dengan area wisata. Penghasilan dari pekerjaan ini lumayan lho. Tergantung kamu bawanya siapa. Kamu pelancong lokal mah berapa lah, kalau pelancong asing ya lumayan lah, hehe

#9 Bisnis konveksi atau kaos
Well, bisnis tipe konveksi atau baju kaos dan baju-baju lainnya adalah salah satu jenis bisnis yang pernah saya jalani. Sekali proyek bisa lumayan pendapatannya, sampai ratusan ribu. Pekerjaannya gampang, cuma buat desain kemudian tawarkan kepada orang lain. Buka pre-order dan kumpulkan uangnya. Tidak harus punya konveksi sendiri, minimal ada kenalan. Tertarik?

#10 Menjadi penyanyi
Bagi kamu yang punya skill di bidang musik, jadi penyanyi oke juga lho. Kamu bisa nyanyi di kondangan, di kafe atau di event-event tertentu. Kamu akan dibayar setiap kali tampil. Dan di samping itu, mana tahu ada produser yang nonton jadi bisa ditawari kontrak, kan? Semoga.

#11 Menjadi seorang blogger
Saya adalah seorang blogger. Menjadi blogger itu juga bisa dijadikan peluang bisnis lho. Metode menghasilkan uangnya ada dengan job review atau dengan iklan. Hal pertama yang perlu lakukan adalah membuat blog dan mengisi blog tersebut dengan sebaik mungkin. Jangan lupakan promosi dan sekian hal rumit lainnya. Tapi, ide bisnis mahasiswa yang satu ini tidak disarankan bagi orang-orang yang kurang sabar karena untuk dapat menghasilkan perlu waktu yang lama (atau sangat lama, tergantung usahamu).

#12 Menjual buku atau ebook
Jualan buku juga menarik untuk dicoba. Kamu bisa menjualkan buku orang lain atau bukumu sendiri. Jika tak ada buku fisik, buku elektronik atau e-book pun jadi. Mulailah promosi pada teman-teman dekat namun pastikan buku yang kamu jual benar-benar bermanfaat.

#13 Menjadi dropshipper
Pernah dengar kata dropshipper? Nah, dia adalah kegiatan berjualan namun menjualkan produk orang lain setelah melakukan perjanjian dengan penyuplainya. Menjadi dropshipper tidak butuh modal yang banyak atau bahkan tidak perlu modal sama sekali. Kamu hanya perlu media (bisa media sosial, blog dan lain sebagainya) untuk menampilkan foto dan spesifikasi barang dagangan. Keuntungannya adalah selisih harga jual yang kamu tetapkan dengan harga jual dari penyuplai.

#14 Affiliate marketer
Sama dengan dropshipper namun affiliate marketer punya sistem yang berbeda. Pada pekerjaan ini kamu tidak dapat keuntungan dari selisih harga jual melainkan dari komisi sekian persen dari harga jual produk. Kegiatan jual-beli masih dalam kuasa produsen atau penyuplai, kamu hanya bertugas mengarahkan pembeli.

#15 Youtuber
Membuat video dan mengunggahnya ke Youtube.com juga dapat menghasilkan uang lho. Semakin banyak orang yang melihat video kamu maka akan semakin banyak konversi yang kamu dapatkan. Metodenya adalah berdasarkan tampilan dan klik iklan dari penonton.

#16 Menjadi fotografer
Punya kamera DSLR atau kamera yang cukup bagus? Jadi fotografer bagus juga untuk kamu coba. Kamu bisa mengiklankan jasamu atau nongkrong di tempat-tempat yang ramai dikunjungi wisatawan. Tawarkan jasa foto dan dapatkan imbalan dari sana.

#17 Mendirikan bisnis kerajinan handmade
Bisnis mahasiswa yang satu ini juga marak dilakoni, terutama ketika masa-masa akan wisuda. Misalnya kerajinan buat boneka wisuda dan ucapan-ucapan lainnya. Selain itu bisa juga membuat bros hingga pajangan seperti bunga sintetis dan sebagai macamnya. Hasil kerajinan inilah yang kemudian akan dijual kepada konsumen.

#18 Menjadi sopir travel
Teman saya ketika kuliah dulu ada yang jadi sopir travel ketika waktu senggang lho. Ada juga yang jadi sopir taksi. Malu? Ah, gak ah. Buat apa malu untuk pekerjaan yang halal. Buktinya mereka bisa mandiri. Ini juga layak untuk dicoba.

#19 Gabung di agen travel
Masih teman saya, ada juga yang ikut gabung di agen travel dan menjual tiket pesawat. Penghasilannya lumayan lho. Meskipun ada modal untuk investasi di awal tapi tidak perlu waktu yang lama untuk mengembalikan modal itu jika kamu gigih berusaha.

#20 Bisnis kuliner
Di kampus saya banyak lho mahasiswa yang menjalankan bisnis kuliner, mulai dari skala gerobak hingga skala kafe. Tidak ada salahnya bisnis kuliner dicoba sebagai ide bisnis mahasiswa dan pelajar. Soalnya, bisnis kuliner adalah bisnis yang paling jelas untung dan ruginya.

#21 Jasa instal ulang dan servis laptop
Bisa instal ulang dan servis laptop? Lha, uangkan saja. Karena tidak semua mahasiswa yang mengerti dengan hal begituan. Taruhlah harga jasa yang sedikit di bawah harga yang ditaruh oleh penyedia jasa resmi.

#22 Jadi asisten lab atau dosen
Siapa bilang anak yang study oriented gak bisa menghasilkan uang? Jadi asisten laboratorium dan asisten dosen juga bisa mendatangkan gaji lho!

#23 Konsultan IT dan konsultan lainnya
Gak perlu sampai menunggu lulus kuliah, kamu bisa jadi konsultan bahkan saat tengah kuliah. Meskipun skalanya tidak besar tapi tak apalah. Yang penting kemampuanmu tersalurkan dan hitung-hitung sambil magang.

#24 Jadi Event Organizer

Penyelenggara event. Yap, model bisnis mahasiswa satu ini juga jadi favorit lho. Banyak mahasiswa yang mulai menjalaninya. Hanya saja, butuh kemampuan komunikasi, relasi yang banyak dan popularitas yang cukup.

#25 Ikut gabung di LSM atau NGO
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau dalam bahasa Inggrisnya Non Government Organization adalah lembaga yang didirikan oleh masyarakat dengan arah gerak tertentu. Kebanyakan sih geraknya di bidang sosial, tapi bukan berarti tidak ada gerakan lainnya. Dari mana datangnya uang di LSM atau NGO? Dari sistem crowdfunding atau penggalangan dana, dari sanalah pengelola LSM atau NGO bisa mengambil beberapa persennya.

Baca juga: 7 cara efektif kerja sambil kuliah

Nah, itulah 25 ide bisnis mahasiswa dan pelajar. Adakah dari peluang usaha mahasiswa di atas yang menarik bagimu? Jika ada, jangan takut untuk memulai. Hanya saja, sebaik-baik permulaan adalah yang sudah dipersiapkan dan dirancang sebelumnya. Jika ada peluang usaha yang belum sempat dituliskan di daftar di atas, jangan sungkan untuk menambahkannya di kotak komentar. Bagikan juga artikel ini agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat. Salam semangat.

error: Konten dilindungi