Apakah kamu adalah siswa kelas 12 yang siap untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri? Kalau iya, kamu tentu harus tahu tentang SBMPTN 2016. Baik itu dari jadwalnya maupun tips lulus SBMPTN itu sendiri.

Hari ini kamu beruntung sebab artikel yang sedang kamu baca ini akan bahas beberapa tips dan trik lulus SBMPTN yang bisa kamu lakukan. Tips atau cara lulus SBMPTN ini tergolong sederhana, tapi jangan salah, kalau kamu bisa melakukannya maka mimpi kamu kuliah di kampus yang kamu suka bisa menjadi nyata.

Jadi, apa saja tips tersebut, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips Lulus SBMPTN 2016

#1 Siapkan niat yang benar

Apapun yang kamu lakukan di dunia ini, segala sesuatunya pasti dimulai dengan niat. Oleh karena itu hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah berniat dengan benar. Yap, ini wajib untuk dilakukan. Niat yang benar akan menghasilkan sesuatu yang benar.

Contoh niat gak benar:
Kuliah di kampus favorit biar dipuji orang
Kuliah di kampus tertentu ikut pacar
Kuliah di kampus tertentu biar jauh dari keluarga dan bisa ngapa-ngapain

Contoh niat yang benar:
Kuliah di kampus favorit biar lebih mantap ilmunya
Kuliah jauh dari keluarga biar bisa mandiri

Jadi, bagaimana dengan niat kamu? Sudah benar apa belum?

#2 Menentukan pilihan sesuai kebutuhan bukan keinginan

Kadangkala kita suka punya keinginan tapi kebanyakan keinginan kita itu justru jauh dari apa yang kita butuhkan. Seperti misal kita pengen motor buat ke sekolah, padahal jarak rumah ke sekolah cuma 1 kilometer, jadi pakai sepeda sebenarnya cukup.

Bukan. Bukan saya melarang kamu berkeinginan tinggi, Tapi,…

….keinginan tinggi juga menuntut tanggung jawab dan pengorbanan yang tinggi pula.

Ketika kamu kuliah di kampus favorit maka akan ada ratusan orang yang bersaing mendapatkan posisi utama. Kalau kamu tidak sanggup bersaing kan ribet urusannya.

So, dalam memilih tujuan kuliah harus disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Misalnya kamu butuh pulang ke rumah satu kali sebulan, ya jangan kuliah lintas pulau. Kebutuhan kamu tentu kamu yang lebih tahu.

#3 Pilih jurusannya dulu, baru kampusnya

Kebanyakan orang justru terbalik, mereka memilih kampus dulu baru jurusan. Yang begitu bisa bahaya. Kenapa?
Karena ketika ingin melamar kerja nanti yang ditanya jurusan, bukan kampus!
Buat apa kira-kira kuliah di kampus ternama tapi di jurusan bukan favorit dan peluang kerjanya nanti sempit? Lebih baik kuliah di jurusan favorit meskipun di kampus yang menengah. Tapi jauh lebih baik lagi kuliah di jurusan favorit di kampus favorit.

#4 Melakukan persiapan dengan matang

Kita anggap kamu sudah memilih jurusan yang tepat dan sudah mendaftar. Untuk bisa lulus SBMPTN kamu tentu harus melakukan persiapan yang matang. Kamu harus rajin membahas soal-soal SBMPTN terutama soal 2 tahun terakhir.
Kamu bisa belajar mandiri atau bersama kelompok belajar. Jika kamu memiliki dana, ikut di bimbel atau program intensif akan lebih baik lagi.
Tingkatkan kemampuanmu, karena SBMPTN adalah ranah pertempuran sesungguhnya. Jauh lebih ekstrim daripada SNMPTN yang cuma melihat nilai rapor saja.

#5 Ketika ujian jangan lupa bawa jam tangan dan perlengkapan lainnya

Ketika telah sampai jadwal ujian, jangan lupa untuk membawa jam tangan. Jam tangan berguna untuk memantau waktu agar kamu tidak keteteran karena kehabisan waktu.
Selain itu persiapkan juga perlengkapan lainnya. Seperti alat tulis yang kalau bisa dibawa 2 atau lebih serta penghapus dan perautnya.
Jangan sampai ujian kamu terganggu gara-gara masalah teknis.
Selain itu jangan berlama-lama dengan soal tertentu, Kerjakanlah soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu, jika memang buntu beranjaklah ke soal lain sebelum kamu kehabisan waktu.

#6 Usahakan mendapatkan nilai di setiap mata ujian

Tahukah kamu bahwa penilaian SNMPTN dua tahun terakhir adalah menggunakan sistem persentil. Maksudnya adalah kamu baru bisa lulus ketika kamu mendapatkan nilai stabil di semua mata ujian. Jika kamu hanya mendapatkan nilai bagus di TPA saja namun tidak dengan IPA atau IPS maka kesempatan kamu lulus akan mengecil.
Oleh karena itu kamu harus bisa mengerjakan beberapa soal di setiap mata ujian, dan pastikan bahwa jawaban tersebut adalah benar.

#7 Selepas ujian, lupakan dan berdoalah agar mendapatkan yang terbaik

Jika ujian telah selesai jangan pernah bertanya ke teman tentang jawaban soal ujian, hal itu hanya akan membuat kamu stres. Yang perlu kamu lakukan adalah berdoa kepada Tuhan agar diberikan jalan terbaik.
Sembari itu kamu bisa belajar lagi dan mencoba ikut tes yang lain lagi. Mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan kursi di kampus yang diinginkan.
Nah, itulah tips lulus SBMPTN 2016 yang patut kamu coba. Pastikan kamu melakukan persiapan yang prima. Berlakulah jujur pada saat ujian dan tetap semangat. Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan hasil.
Sebarkan artikel ini jika menurutmu dapat membantu teman-teman yang lain.
Selamat belajar.
error: Konten dilindungi