Halo Sobat, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah sesuatu yang sangat dianjurkan. Apalagi bagi kamu yang menempuh jenjang pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Karena perkembangan zaman dan semakin sulitnya persaingan untuk mendapat pekerjaan, masa depanmu ditentukan mulai dari saat kamu memilih jurusan kuliah. Selain mengenai prospek jurusan tersebut ketika kamu sudah lulus, beberapa tips memilih jurusan kuliah ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak menyesal kelak. Simak ya.

Sumber gambar: www.kresnagaluh.com

1. Ketahui passion atau minat kamu
Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah passion atau minat kamu. Kelompok jurusan manakah yang kamu sukai. Apakah kamu suka menghafal atau tidak. Apakah kamu suka berseksperimen di laboratorium atau malah di lapangan. Seseorang dengan minat sosial yang tinggi akan lebih baik jika memilih jurusan-jurusan sosial, sebab wilayah kerja mereka di antara orang banyak. Namun, tidak disarankan bagi mereka yang memiliki minat bersosial yang tinggi untuk memilih jurusan teknik, karena hampir semua lapangan pekerjaan teknik jauh dari keramaian.

2. Kenali bakat atau kemampuan kamu yang menonjol
Selain minat, mengenali bakat juga penting. Memilih jurusan sesuai dengan bakatmu akan membantumu start dengan lebih baik. Ibaratnya sebuah sepeda motor yang sudah panas, jadi tinggal gas. Saya mempunyai bakat di bidang kepenulisan dan pelajaran Fisika, saya dulunya bimbang memilih Sastra Indonesia atau Teknik, namun setelah mempertimbangkan poin ketiga saya akhirnya memilih teknik.

3. Kenali prospek jurusan kamu di masa depan
Prospek atau peluang kerja dari jurusan yang akan kita pilih juga harus menjadi pertimbangan penting lho, Sob. Kenapa demikian? Karena kita kuliah untuk persiapan karir di masa depan, bukan? Oleh karena itu kita perlu memastikan apakah jurusan yang akan kita pilih memiliki prospek atau peluang kerja yang bagus. Berapa banyak lulusannya yang terpakai di dunia kerja, dan segala macamnya.

4. Kenali karakteristik jurusan dan tantangan yang akan kamu hadapi nantinya 
Jika kamu sudah memiliki pilihan itu belum cukup. Carilah informasi mengenai karakteristik dari jurusan tersebut, meliputi metode kuliahnya, beban-beban kuliah, praktikum, mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti, Jangan sampai syok karena tidak tahu bahwa jurusan yang bersangkutan penuh dengan fisika terapan padahal kamu sukanya kimia, atau kasus-kasus serupa. Jika sudah mendapatkan informasi yang cukup, sesuaikan dengan kondisimu: motivasi, kesehatan dan sebagai macamnya.

5. Siapkan alternatif lain sebagai pilihan kedua, ketiga dan seterusnya
Dalam memilih jurusan kuliah yang akan diambil, siapkan juga pilihan kedua, ketiga dan seterusnya sebagai alternatif jika pilihan pertama tidak bisa digapai. Dalam pendaftaran SNMPTN atau SBMPTN pun kita bisa memilih lebih dari 1 pilihan. Aturlah pilihanmu sedemikian rupa, urutkan dari tingkat persaingan atau passing grade yang paling tinggi.

Nah, itulah tips memilih jurusan kuliah yang perlu kamu ketahui dan terapkan agar kamu tidak menyesal ketika salah pilih. Apapun pilihanmu nanti, bagaimanapun keadaannya berusahalah untuk mencintai pilihan tersebut karena tidak ada yang tahu bagaimana masa depan karena manusia cuma bisa berusaha, sisanya Tuhan yang menentukan. Salam semangat.[]

error: Konten dilindungi