Belajar tidak harus lama. Yang menentukan suatu pelajaran dapat diserap oleh otak bukan seberapa lama kamu belajar, namun seberapa efektif kegiatan belajarmu. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana cara belajar efektif. Dengan belajar secara efektif kamu dapat menghemat waktu untuk pekerjaan lain. Selain itu kamu akan terhindar dari rasa bosan saat belajar.

Cara Belajar Efektif dan Efisien

Namun, bagaimana kiat belajar efektif itu? Apa yang akan saya tuliskan di bawah ini tentang cara belajar yang efektif bisa jadi cocok untuk kamu, bisa pula tidak. Sejatinya setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Namun tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba beberapa cara di bawah ini untuk menemukan cara belajarmu sendiri. Yuk, disimak, Sob.

#1 Menentukan anggaran waktu sebelum mulai belajar
Penting sekali untuk menganggarkan waktu sebelum memulai belajar. Sebagai misal, kamu menganggarkan 2 jam untuk belajar, maka kamu benar-benar harus mematuhi anggaran waktu yang kamu beri itu. Kamu perlu menghargainya dengan serius belajar selama 2 jam itu. Sebisa mungkin singkirkan semua yang berpotensi mengganggu kegiatan belajarmu. Intinya, selama 2 jam itu kamu harus belajar dengan totalitas.

#2 Langsung kepada subjek atau bagian yang dibutuhkan
Agar waktu belajarmu efektif, pelajarilah bagian-bagian yang benar-benar kamu butuhkan. Seperti pada saat belajar untuk persiapan ujian, maka pelajarilah apa saja yang ada di kisi-kisi, jangan pelajari hal di luar itu karena kamu hanya akan menghabiskan waktu.

#3 Menandai apa saja bagian yang pentin
Di saat belajar usahakanlah untuk menandai bagian-bagian penting. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu mencarinya pada saat mengulang pelajaran. Kamu bisa menandainya dengan stabilo, pena dan alat lain. Memberi lipatan pada halaman-halaman yang penting juga akan membantumu dalam memetakan materi. Ini wajib untuk dilakukan agar belajar jadi efektif.

#4 Membuat resume hal yang sudah dipelajari
Cara belajar efektif lainnya adalah dengan membuat resume atau ringkasan dari apa-apa yang sudah kamu pelajari. Hal ini dapat menjadi parameter untuk melihat apakah kamu paham dengan materi pelajaran atau tidak. Selain itu, membaca resume pada saat yang lain akan lebih mudah dibanding membaca ulang materi pada buku.

#5 Melakukan uji kompetensi dengan soal-soal terkait
Jika kamu sudah melakukan beberapa cara belajar efektif sebelumnya, maka sempatkanlah juga untuk menguji kompetensimu dengan latihan mengerjakan soal-soal terkait. Ini akan membantumu lebih familiar dengan soal dan lebih paham dengan materi yang telah dipelajari.

#6 Mencari kasus yang relevan di dunia nyata
Seringkali kita mempelajari sesuatu hanya karena guru atau dosen mengajarkan itu, tapi pernahkah kita mencoba mencari tahu apakah kegunaan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Bukankah ilmu yang kita pelajari pada akhirnya diimplementasikan pada kehidupan nyata? Oleh karena itu, saat belajar perlu juga untuk mencari kasus di kehidupan sehari-hari yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari.

#7 Mengajarkan apa yang sudah dipelajari agar semakin ingat
Agar kamu dapat lebih mengerti tentang pelajaran terkait, maka setelah kamu paham ajarkanlah pada orang lain. Kamu bisa membuat kelompok belajar dan menjadi tutor untuk materi tersebut. Selain mendapatkan pahala kamu akan lebih mantap dengan materinya.

Baca juga: 7 Cara Belajar Unik yang Mungkin Pernah Kamu Lakukan

Nah, itulah tadi 7 cara belajar efektif yang wajib kamu tahu. Sekarang kamu telah mengetahuinya, pengetahuan tersebut tentu saja akan menjadi percuma jika tidak diamalkan atau dipraktekkan. Bagikan juga artikel ini jika menurutmu cukup membantu, agar orang lain di luar sana juga terbantu. Selamat belajar.

error: Konten dilindungi