Aktif dalam organisasi itu memang pilihan, sebab tidak semua orang yang mampu membagi waktu dan fokusnya pada banyak hal. Namun, bagi mereka yang mampu melakukannya ada balasan yang setimpal yang akan mereka dapat. Bagi kamu pelajar, mahasiswa atau siapapun yang pernah aktif dalam organisasi mungkin kamu telah merasakan manfaatnya. Di sini saya hanya akan mengulangi dan merangkum tentang 7 hal yang hanya akan didapatkan oleh mereka yang aktif organisasi. Dengan kata lain keuntungan ikut organisasi, yuk disimak.

Banyak Pengalaman

Tentu yang paling pertama dari keuntungan ikut organisasi itu adalah memiliki banyak pengalamanan. Ini pulalah yang menjadi alasan termainstream seseorang ikut organisasi: mencari pengalaman. Saat kamu aktif dalam organisasi kamu akan menghadapi banyak hal yang akan menambah pengalaman kamu.

keuntungan ikut organisasi
Pengalaman yang didapat dari organisasi

Emosi yang Lebih Matang

Di organisasi itu wajar kalau banyak konflik, atmosfir perdebatan atau apapun itu. Aktif dalam organisasi akan membantumu mematangkan emosi kamu. Ujung-ujungnya kamu akan menjadi lebih dewasa. Kamu akan dihadapkan pada kondisi di mana terkadang anggota lain berseberangan pemikiran. Kamu akan menemukan sejuta (ah lebay) karakter manusia lainnya di muka bumi ini dan belajar beradaptasi dengan uniknya karakter-karakter itu.

keuntungan ikut organisasi melatih emosi
Melatih emosi saat aktif dalam organisasi

 

Punya Teman Diskusi

Sebuah organisasi itu biasanya berjalan dengan satu ide utama, satu visi dan mungkin satu minat. Saat bergabung dengan organisasi kamu akan mendapatkan teman-teman diskusi yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kamu.

keuntungan ikut organisasi teman diskusi
Bisa dapat teman diskusi dan bangun komunitas

 

Lebih Piawai Memanajemen Waktu

Alasan banyak orang tidak mau ikut organisasi adalah tidak mau repot dalam memanajemen waktunya, padahal semakin sibuk seseorang maka akan semakin piawai ia mengatur waktu. Oleh karena itu aktif di organisasi akan meningkatkan kemampuanmu dalam memanajemen waktumu sehingga hidupmu akan lebih teratur. Oh ya, di bawah ada tautan ke artikel khusus mengenai manajemen waktu, silakan baca kalau sempat.

Baca juga: Kiat Mengatur Waktu Agar Hidupmu Lebih Bermutu

keuntungan ikut organisasi manajemen waktu
Manajemen waktu dalam berorganisasi

 

Terbiasa Bekerja Sama

Sudah tabiatnya organisasi kalau banyak kerja. Kerja-kerja organisasi bukan kerja pribadi atau individu melainkan kerja tim. Kerja tim tentu membutuhkan kerja sama banyak orang. Saat aktif di organisasi kamu akan belajar bagaimana bekerja sama dengan baik dan kamu akan terbiasa dengannya. Dalam dunia pekerjaan aspek penting yang dibutuhkan adalah kemampuan bekerja sama dalam tim, maka apabila kamu sudah terbiasa saat di organisasi itulah poin tambah bagi kamu.

keuntungan ikut organisasi terbiasa bekerja sama
Beroganisasi melatih kerja sama

 

Terlatih Bekerja di Bawah Tekanan

Dalam organisasi ada hirarki, ada susunan jabatan atasan dan bawahan. Kamu bisa menjadi pemimpin atau yang dipimpin. Atmosfir kerja dalam organisasi akan pekat dengan tekanan. Tekanan dari tenggat waktu kerja hingga tekanan eksternal lainnya. Semakin sering kamu bekerja di bawah tekanan maka akan semakin terlatih mental dan fisikmu, hal ini penting untuk persiapan memasuki dunia kerja.

keuntungan ikut organisasi bekerja dibawah tekanan
Terbiasa bekerja di bawah tekanan

 

Aktualisasi Diri

Terakhir, keuntungan dari ikut organisasi adalah sarana aktulisasi diri. Dengan mengikuti organisasi kamu bisa mendapatkan pengakuan, kamu bisa berbagi dengan orang lain, bisa menanamkan pemahaman, bisa ini dan itu lainnya. Kamu membagikan warnamu dengan orang lain. Intinya kamu mendapatkan tempat untuk mengaktualisasikan dirimu. Tertarik untuk berorganisasi? Artikel saya yang di bawah ini akan lebih menguatkan kamu untuk ikut organisasi, silakan dibaca jika berkenan.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampus

keuntungan ikut organisasi aktualisasi diri
Tempat yang cocok untuk aktualisasi diri

Itulah tadi 7 hal yang hanya akan didapatkan oleh mereka yang aktif beroganisasi. Keuntungan ikut organisasi yang saya jabarkan di atas bisa menjadi milik kamu kalau kamu mau untuk sedikit sibuk dan membagi waktumu untuk ikut dalam organisasi. Tapi kamu perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu organisasi apa yang akan kamu ikuti sebab zaman sekarang banyak organisasi yang bukannya memberikan manfaat malah ngajak sesat. Bahaya. Kenali terlebih dahulu lalu ikuti. Salam semangat.

error: Konten dilindungi