Bagi siapapun yang memutuskan untuk kerja sambil kuliah, ia akan menghadapi tantangan yang lebih besar ketimbang orang-orang yang fokus untuk bekerja saja atau fokus untuk kuliah saja. Sebab, kerja dan kuliah ini tidak mungkin untuk dikerjakan dalam satu waktu. Tapi, tenang saja, jika kamu tahu trik-triknya kamu akan dapat membagi waktu dan fokus kamu agar kedua hal tersebut dapat berjalan dengan baik. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai 7 cara efektif kerja sambil kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat.

tips kerja sambil kuliah
Kerja Sambil Kuliah

 

Yakin, Siap dan Berani Menerima Resiko

Keyakinan sebelum memulai sesuatu adalah kunci pertama dari gerbang keberhasilan. Kamu tidak akan bisa berhasil kalau kamu tidak membuka gerbang jalannya. Melewati gerbang tentu lebih mudah ketimbang memanjat pagar atau sejenisnya. Oleh karena itu, sebelum memulai apapun, termasuk bekerja sambil kuliah kamu benar-benar harus bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu bisa. Keyakinan tersebut harus diikuti dengan persiapan yang matang dan harus siap menerima resiko apapun yang mungkin akan terjadi nanti. Jika kamu tidak memiliki itu, lebih baik kembali.

Dukungan Lingkungan yang Baik

Lingkungan mempunyai peranannya tersendiri. Keberhasilanmu dalam kerja sambil kuliah bergantung pada dukungan lingkungan. Dukungan seperti apa? Misalnya dukungan kampus dalam artian kampus tidak mengikat mahasiswa secara berlebihan dan memberi kebebasan bagi mahasiswa untuk aktif di luar kampus. Jadwal di kampus tidak terlalu padat dan segala macam. Di tempat kerja pun demikian, tempat kerja tidak melarang pekerjanya kerja sambil kuliah. Jika dukungan yang demikian itu tidak ada, sebaiknya jangan mengambil keputusan untuk kerja sambil kuliah.

Cukup Secara Finansial

Cara efektif kerja sambil kuliah lainnya adalah memiliki kecukupan secara finansial. Ini mungkin bisa dicapai dengan bekerja. Maksudnya, kamu memiliki uang untuk membiayai kuliah sambil bekerja. Mau bagaimanapun, meski uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang.

Memperoleh Restu

Hal yang sangat penting lainnya agar kerja sambil kuliah berhasil adalah memperoleh restu, minimal dari orangtua. Restu orangtua adalah doa yang akan menyertai kita dimanapun dan apapun yang kita lakukan. Selain itu dengan adanya restu rezeki yang kita raih akan menjadi berkah. Baik untuk memberitahu orangtuamu andaikata kamu memutuskan untuk bekerja sambil kuliah agar ke depan tidak ada kesalahpahaman. Jelaskan saja dengan sebaik mungkin dan buat mereka paham. Namun jika hal itu terlalu sulit, kamu bisa mengambil keputusan yang sesuai dengan hatimu sendiri.

Mampu Membagi Waktu

Permasalahan yang paling pelik saat seorang mahasiswa memutuskan kerja sambil kuliah adalah sulitnya membagi waktu untuk kuliah dan kerja. Alhasil, salah satu atau keduanya keteteran. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi kamu perlu untuk berusaha menjadwalkan dan membagi waktumu agar kuliahmu tetap lancar meskipun kamu bekerja di samping itu.

Harus Berani Mengambil Keputusan Jika Diperlukan

Pada suatu waktu mungkin saja kamu akan dihadapkan pada dua pilihan sulit: memilih mendahulukan pekerjaan atau perkuliahan. Keduanya sama-sama penting dan sama-sama harus dikerjakan pada satu waktu. Jika kondisinya demikian, kamu harus berani mengambil keputusan untuk memenangkan salah satunya, tentu saja setelah mempertimbangkan skala prioritasnya. Dan kamu juga harus siap dengan resiko dari keputusan itu.

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Yang ngasih rezeki kan Tuhan, yang membuat kita lulus kuliah Tuhan juga. Oleh karena itu kamu harus dekat dengan pemberi rezeki dan pemberi kelulusan. Meskipun sesibuk apapun kerja dan kuliah juga, jangan lupa untuk ibadah sebagai wujud syukur atas karunia-Nya. Dengan mendekatkan diri kepada-Nya rezeki dan ilmu yang akan kita peroleh akan menjadi berkah dan bermanfaat.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja? Ikuti Tips Ini Agar Kamu Sukses

Nah, itulah 7 cara efektif kerja sambil kuliah versi Jurnal Pembelajar, masih banyak artikel tentang kehidupan kampus baik untuk pelajar dan mahasiswa di blog ini, bagi kamu yang punya banyak waktu silakan berkeliling dahulu. Tentang kerja sambil kuliah itu, bukan hal yang mustahil untuk bisa sukses di kedua hal tersebut., semuanya tergantung pada dirimu sendiri. Salam semangat.

error: Konten dilindungi