Selain mengikuti kelas perkuliahan, alangkah baiknya jika mahasiswa itu mulai memikirkan atau mempersiapkan karier mereka sewaktu duduk di bangku kuliah. Dengan memikirkan hal tersebut maka setidaknya mahasiswa sudah mempunyai gambaran untuk persiapan kehidupan pascakampus mereka. Tentang perusahaan atau pekerjaan apa yang akan dilamar dan segala macamnya. Menimbang pentingnya hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai tips menentukan karier sejak kuliah sebagai salah satu artikel mengenai Student Guide di blog ini. Mari disimak, Sob.

tips menentukan karier sejak kuliah
Sukses Menentukan Karier

Cari dan pertimbangkan passion kamu

Sebagaimana dalam memilih jurusan kuliah, sebaiknya memang kamu mencari dan mempertimbangkan passion kamu. Dalam menentukan karier pun harus demikian. Bekerja sesuai passion akan membuatmu lebih totalitas dan sepenuh hati. Oleh karena itu kamu perlu untuk mencari tahu passion kamu, gali lebih dalam dan kembangkan. Lalu, pikirkanlah tentang karier yang berkaitan dengan passion itu.

Ikuti organisasi untuk memperoleh jaringan dan lebih banyak informasi

Dalam sebuah organisasi terdapat banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Hal itu akan membantumu dalam memahami banyak karakter orang lain dan kamu bisa berbagi cerita serta bertukar informasi dengan mereka. Bisa saja ada yang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga kamu bisa meminta saran mereka. Selain itu organisasi dapat membantumu memperoleh jaringan yang luas dan membantumu menentukan karier yang kamu inginkan setelah lulus kuliah.

Mempertimbangkan hobi juga penting lho

Kamu hobi apa? Tidak sedikit orang di luar sana yang menjalani karier mereka sesuai hobi yang ia geluti selama ini, pun hobi tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan saat ia kuliah. Tidak ada yang salah dengan itu, bukankah akan lebih menyenangkan bekerja dengan hal yang kita gemari. Oleh karena itu hobi juga bisa menjadi parameter bagi kamu untuk menentukan karier impianmu kelak.

Baiknya kamu coba dengan mengikuti magang

Kamu sudah punya gambaran mengenai karier yang ingin kamu jalani setelah kamu lulus nanti, ada baiknya kalau kamu mencoba pekerjaan tersebut jika ada peluang magang. Hal itu akan membuatmu tahu apa yang harus dipersiapkan untuk menyongsong kariermu kelak. Selain itu juga akan membantumu mengevaluasi apakah kamu benar-benar cocok atau tidak dengan apa yang sudah kamu putuskan sebelum benar-benar terjun di pekerjaan tersebut.

Baca juga: 6 Persiapan Penting Sebelum Melamar Kerja

Sekarang kamu sedikit banyaknya sudah tahu mengenai bagaimana tips menentukan karier sejak kuliah. Kamu bisa mencoba memikirkannya dari sekarang. Jika kamu telah lulus nanti kamu sudah memiliki gambaran tentang pekerjaan apa yang ingin kamu jalani, setidaknya itu akan membantumu menghemat waktu, bukan? Salam semangat.

error: Konten dilindungi