Kamu sudah tamat dari kampus dan sudah saatnya memasuki dunia kerja. Dunia di mana kemampuan yang telah kamu asah bertahun-tahun digunakan. Itulah saat praktikum yang sesungguhnya. Namun sayangnya, tidak seperti praktikum di masa kuliah di mana semua peserta berhak ikut, di dunia kerja kamu harus bersaing untuk mendapatkan slot pekerjaan. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui beberapa persiapan penting sebelum melamar kerja ini. Silakan disimak.

persiapan melamar kerja

Mencari informasi mengenai perusahaan yang menjadi tujuan lamaran kerja
Persiapan pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melamar kerja adalah mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan yang menjadi tujuan lamaranmu. Dimulai dari profil perusahaan meliputi visi & misi hingga orang-orang penting dan susunan organisasi di perusahaan tersebut. Cari tahu juga mengenai budaya dari perusahaan tujuan lamaranmu itu.

Membuat Curriculum Vitae (CV) yang lengkap
Membuat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah hal yang sangat penting. Namun membuat CV tidak bisa sembarangan. Format CV yang kamu tulis hendaknya lengkap dan eye-catching (menarik untuk dilihat) dan dapat dibaca dengan jelas. Di dalam CV masukkan poin-poin penting yang dibutuhkan perusahaan seperti pelatihan yang pernah kamu ikuti hingga pengalaman organisasi.

Mengetahui skill yang menjual dari diri kamu
Skill atau kemampuan yang dmaksud adalah hard skill maupun soft skill. Hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan akademis, kenalilah di bagian mana kamu lebih unggul dari sekian banyak subjek yang kamu pelajari selama kuliah, seperti di laboratorium mana kamu menjalankan penelitian dan sebagai macam. Selain itu soft skill juga diperlukan karena bagaimanapun di dalam dunia kerja kita butuh kemampuan komunikasi, dalam bekerja dengan tim hingga melobi klien. Oleh karena itu, kenali pula di bagian mana kamu terampil, soft skill ini dapat diperoleh dari kegiatan-kegiatan sosial dan organisasi selama di kampus.

Mempelajari teknik wawancara
Banyak calon pekerja yang sudah lulus di sekian tahap namun tersandung di sesi wawancara. Hal tersebut tentu menjadi pukulan telak. Oleh karena itu, sebelum melamar kerja pelajarilah tentang teknik wawancara. Kamu juga bisa berlatih wawancara di rumah bersama orang sekitar.

Baca juga: 7 Tips Wawancara Kerja Agar Diterima

Percaya Diri
Persiapan penting sebelum melamar kerja lainnya adalah: percaya diri. Be positive! Ini penting untuk menyugesti dirimu dan memberikan semangat optimisme sehingga perjalanan mencari kerja akan menyenangkan.

Berdoalah sebelum memasukkan lamaran pekerjaan
Pada dasarnya manusia hanya bisa berusaha dan Tuhanlah yang memutuskan segalanya. Apabila kamu sudah berusaha sebaik mungkin dalam melamar pekerjaan, sisanya adalah menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Namun sebelum melamar pekerjaan, sangat dianjurkan sekali untuk berdoa serta meminta restu orang tua. Bagi kamu yang beragama Islam, tidak ada salahnya untuk mendirikan shalat malam dan shalat dhuha agar rezekimu lancar.

Itulah 6 persiapan penting sebelum melamar kerja, kapanpun dan di manapun kamu melamar kerja, pastikan bahwa kamu sudah melakukan persiapan yang matang. Percaya diri yang kuat sehingga kuat pula untuk bersaing dengan ribuan pencari kerja lainnya. Semoga kamu menemukan jalan rezekimu dan nyaman di pekerjaan yang akan kamu jalani itu.

error: Konten dilindungi