Saat liburan datang, para mahasiswa pastilah senang. Bisa pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga. Bisa meninggalkan rutinitas mahasiswa yang sering bikin kepala mumet. Waktu liburan adalah waktu untuk yang tepat untuk menikmati me time, waktu untuk bersenang-senang. Tapi, hal itu cukuplah berlaku bagi mahasiswa baru atau tahun-tahun awal, bagi mahasiswa tahun akhir akan lebih baik mengisi waktu dengan bermanfaat seperti mencari peluang kerja. Minimal menyiapkan diri untuk bekerja. Nah, kali ini Jurnal Pembelajar akan membahas mengenai manfaatkan liburan untuk mencari kerja, mari disimak, Sob.

memanfaatkan liburan untuk mencari pekerjaan
Liburan untuk cari kerja

Coba Manfaatkan Liburannya buat Magang

Waktu yang paling ideal untuk magang memang ketika liburan, sebab kita bisa fokus melakukan magang tanpa ada pikiran lain. Kegiatan magang ini amat sangat penting, selain memberimu pengalaman kerja layaknya profesional, magang juga bisa memperluas jaringanmu. Magang di perusahaan impian tentu menjadi nilai tersendiri karena kamu bisa mulai PDKT dengan orang-orang di perusahaan tersebut. Pengalaman magang juga memberikan kamu pengetahuan mengenai kemampuan apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja nanti.

Perbaharui Kemampuan

Liburan jangan cuma habis buat bersenang-senang semata, tapi manfaatkanlah waktu liburan kamu itu untuk menambah atau memperbaharui kemampuanmu (skill). Pelajari hal-hal baru yang bisa menaikkan nilai jualmu, semakin banyak kemampuan yang kamu kuasai maka akan semakin mudah kamu mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Mengumpulkan Informasi

Informasi itu mahal, oleh karena itu mengumpulkan banyak informasi adalah sesuatu yang penting. Selama kamu liburan kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai dunia kerja yang kamu butuhkan. Cari tahulah lowongan-lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan studimu. Selain itu bisa juga mengumpulkan informasi terkait perusahaan-perusahaan yang membutuhkan banyak pekerja.

Menyiapkan Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Tidak ada salahnya menyiapkan daftar riwayat atau curriculum vitae (CV) hidup lebih awal, sebab manatahu jika ada lowongan buka dalam waktu dekat, yang penting sedia payung sebelum hujan, sedia CV sebelum lamaran. Sebagai pelengkap kumpulkanlah sertifikat/piagam penting yang bisa menjadi penunjang aplikasimu.

Cari Kerja Sambilan

Terakhir, daripada liburmu monoton dan tidak menghasilkan, lebih baik mencari tempat kerja sambilan. Kerja sambilan ini biasanya dibagi dalam beberapa shift, kamu bisa menyesuaikan dengan waktumu untuk kegiatan yang lain.

Liburan memang merupakan momen yang ditunggu-tunggu, namun kelamaan libur juga bisa menjadi membosankan kalau tidak ada kerjaan atau teman, oleh karena itu kita perlu manfaatkan liburan untuk mencari pekerjaan. Dengan menyiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan selama liburan akan membuat liburanmu lebih bermanfaat. Semoga dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.
error: Konten dilindungi