Saat menjalani seleksi sebuah pekerjaan ada tahap di mana kamu akan dipanggil untuk duduk di depan satu atau lebih orang yang akan menghujammu dengan beberapa pertanyaan. Itulah tahap yang dinamakan wawancara kerja. Wawancara kerja adalah penting, di mana perusahaan dapat menilai calon karyawan yang akan mereka terima. Wawancara kerja bertujuan untuk menggali pengetahuan pelamar terhadap bidang kerja serta perusahaan yang ia tuju. Selain itu wawancara kerja juga berfungsi untuk menilai komitmen, motivasi serta kecocokan pekerjaan yang ditawarkan dengan pelamar. Oleh karena itu, agar dapat lulus kamu harus tahu tips wawancara kerja agar diterima. Berikut beberapa tips yang barangkali bisa kamu adopsi.

wawancara kerja diterima dan sukses

Lakukan persiapan yang cukup sebelum menjalani wawancara kerja

Apapun yang kamu lakukan harus diawali dengan persiapan yang matang. Persiapan yang matang akan memberimu kelancaran saat menjalani sesuatu. Termasuk saat wawancara kerja, kamu harus mempersiapkan beberapa hal agar wawancara bisa berjalan sukses. Beberapa hal itu meliputi persiapan fisik serta persiapan mental. Jagalah kesehatan tubuhmu agar bisa dalam kondisi prima ketika wawancara. Konsumsilah makanan sehat dan istirahat secara teratur. Kesiapan fisik akan mempengaruhi kesiapan mental/psikis. Ketika kamu kurang istirahat dan kurang sehat yakinlah kamu tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 6 Persiapan Penting Sebelum Melamar Kerja

Kumpulkanlah informasi mengenai perusahaan dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul

Bagaimana mungkin seorang pelamar berani melamar tanpa mengetahui lebih dahulu tentang yang akan dilamarnya. Bahkan ketika kamu melamar seseorang untuk dijadikan pendamping hidup kamu harus tahu bibit, bebet dan bobotnya. Begitu pula saat melamar kerja, kamu perlu tahu segala sesuatu mengenai perusahaan sebagai modal untuk diwawancara. Selain itu carilah informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang keluar saat wawancara dan bagaimana jawaban yang baiknya.

Berpakaianlah dengan rapi dan seperti seorang profesional

Penampilan merupakan salah satu kunci yang akan menentukan suksesnya sebuah wawancara kerja. Penampilan yang rapi akan menjadi alasan bagi pewawancara untuk memilih kamu. Rapinya penampilanmu juga menjadi parameter profesionalitasmu.

Datanglah lebih awal dari waktu wawancara yang ditentukan

Ketika hari wawancara telah tiba datanglah lebih awal dari waktu yang ditentukan. Kenapa? Karena gak lucu kalau kamu telat datang wawancara sementara pewawancara sudah menunggu. Ini yang butuh kerjaan entah siapa. Bisa-bisa kamu digagalkan bahkan sebelum masuk ke ruangan. Oleh karena itu, datang lebih awal akan lebih baik. Selain berjaga-jaga agar tidak telat kamu juga bisa bertanya-tanya dengan pelamar lain yang sudah wawancara terlebih dahulu.

Gunakan bahasa yang sopan, jelas dan tepat sasaran

Saat wawancara dilakukan pastikan kamu bisa menjaga kesopanan. Kata-katamu harus jelas dan tepat sasaran. Jelas dari kualitas suara dan tepat sasaran dengan langsung kepada inti jawaban tanpa rangkaian kalimat yang ambigu. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele atau mengulang-ulang kalimat yang sama.

Sebisa mungkin perlihatkan sikap percaya diri dan teguh pendirian

Ketika melaksanakan wawancara kerja kamu harus percaya diri. Hilangkan gugup sebisa mungkin dan sugestilah dirimu bahwa kamu pantas untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu kejar itu. Selain itu kamu harus teguh pendirian, tidak menunjukkan sikap yang plin plan dan mudah digoyahkan oleh pewawancara.

Perhatikan gerak-gerik dan bahasa tubuhmu

The last but not simple adalah menggunakan bahasa tubuh dan gerak-gerik yang baik. Saat melakukan wawancara gerak dan bahasa tubuhmu dinilai bahkan saat pertama kali kamu memasuki ruangan. Jangan lupa berikan senyuman secukupnya, duduklah secara tegap dan baik namun tidak tampak tegang. Jangan menunduk, pandanglah pewawancara. Jangan duduk sebelum dipersilakan. Salami mereka ketika minimal ketika wawancara telah selesai.

Baca juga: Alasan Umum Kenapa Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Itulah beberapa tips wawancara kerja agar diterima. Banyak lagi tips lainnya namun yang saya tuliskan di atas adalah pengetahuan minimal yang bisa kamu pakai saat akan menghadapi wawancara kerja. Yang terpenting adalah lakukan yang terbaik, jika sudah, berdoalah kepada Tuhan agar kamu diluluskan, sebab yang namanya rezeki tidak akan kemana bukan?

error: Konten dilindungi