Halo, salam semangat untuk kawan-kawan pelajar. Menjadi pelajar itu susah-susah gampang. Susah kalau kita tidak nyaman dan tidak tahu kiat-kiatnya, gampang kalau kita sudah tahu strateginya. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahu kawan-kawan tentang 7 tips menjadi pelajar sukses dan berprestasi. Semoga setelah membaca ini kita jadi termotivasi. Here they are!

1. Memahami tujuan kita belajar untuk apa

Hal paling mendasar yang paling mendasar yang perlu kamu lakukan sebelum sukses sebagai seorang pelajar adalah memahami tujuan kamu belajar untuk apa. Kalau kamu sudah paham kamu sudah punya modal yang cukup dan mampu mengatur strategi selanjutnya. Tujuan kita adalah visi yang harus dicapai di masa akan datang. Contoh: tujuan saya belajar adalah untuk lulus ujian tes kuliah kedokteran!

Baca juga: Tips Belajar Efektif dan Efisien

2. Mengatur jadwal sehari-hari 
Kalau sudah kita pahami tujuan kita menjadi seorang pelajar selanjutnya kita perlu mengatur jadwal untuk menjalankan strateginya kita. Seorang pelajar yang baik mampu membagi-bagi waktu antara belajar, membantu orang tua dan bermain. Setelah kamu mempunyai jadwal, berusahalah untuk patuh dengan jadwal itu agar kita menjadi seorang yang disiplin.

Baca juga: Tips Manajemen Waktu Agar Hidupmu Bermutu

3. Gunakan kesempatan dengan tepat
Dalam perjalanan kamu menjadi seorang pelajar akan muncul sekian kesempatan yang bisa kamu gunakan demi mencapai tujuanmu, gunakan kesempatan itu sebaik-sebaiknya. Ketika guru menerangkan pelajaran, itu kesempatanmu untuk memperhatikan sebaik-baiknya. Ketika ada ulangan harian atau ujian, itu kesempatanmu untuk mendapat nilai yang tinggi. Jika ada perlombaan, itu kesempatanmu untuk menguji kemampuan bersaing. Pokoknya, jangan pernah lewatkan kesempatan yang datang.

4. Jadilah pelajar yang aktif, bukan pasif
Selama di sekolah atau di manapun jadilah pelajar yang aktif. Aktif di sini adalah gemar berdiskusi tentang keilmuan dengan teman, tidak malu bertanya jika tidak mengerti, rajin mengunjungi perpustakaan untuk menambah ilmu dan lainnya.

Lima: Pupuk bakat sosialmu dengan kegiatan ekstakurikuler
Untuk menjadi pelajar yang sukses kamu tidak bisa mengabaikan kegiatan-kegiatan sosial. Toh kita, manusia, adalah makhluk sosial, bagaimanapun kita perlu bantuan orang lain dalam mencapai tujuan kita. Cara yang paling gampang untuk memupuk bakat sosialmu adalah ikut dalam ekskul atau kegiatan pemuda. Yakinlah, bakat sosial ini sangat kamu butuhkan baik hari ini maupun di masa akan datang.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi

6. Cari hobi yang positif dan peliharalah 
Hal penting lainnya untuk menjadi pelajar yang sukses dan berprestasi adalah dengan mencari hobi positif dan memeliharanya. Jangan salah, dengan hobi yang terpelihara seseorang bisa mencapai prestasi dan menghasilkan uang. Misalnya menulis, olahraga, bisnis dan lainnya. Selain itu dengan memiliki hobi kamu mempunyai cara untuk sejenak istirahat dari rutinitas sebagai seorang pelajar.

7. Manfaatkan semua media yang ada 
Tips terakhir adalah memanfaatkan semua media yang ada. Ya, zaman sekarang ini sangat banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk belajar, mencari informasi dan menyalurkan kreatifitas kita. Media elektronik, internet dan sebagai macam. Kamu bisa gunakan itu semua untuk membantumu menjadi pelajar yang sukses dan berprestasi.

Nah, itulah yang bisa saya bagikan hari ini, semoga 7 tips menjadi pelajar sukses dan berprestasi ini bisa bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan dengan teman ya. Salam semangat.[] 

error: Konten dilindungi