Apakah kamu seorang mahasiswa? Atau seorang pelajar? Menjadi pelajar terkadang merupakan profesi yang sulit. Kamu akan menghadapi hal-hal yang sama secara berulang-ulang. Setiap hari melakukan hal yang (mungkin) menjemukan hanya untuk mendapatkan nilai atau gelar dari pendidikan. Tapi, sulitnya kehidupan tentu bukan alasan untuk mundur, bukan? Ingat pepatah lama, di mana ada niat, di situ ada jalan. Selama kamu punya niat  untuk menjadi pelajar yang baik dan berprestasi maka selama itu pula jalan akan membentang di hadapanmu. Nah, 12 kiat menjadi mahasiswa hebat  yang saya terjemahkan dan rangkum dari situs wikihow.com ini mudah-mudahan bisa cukup membantu.

1. Semua pelajar hebat selalu menanam perhatian
Ketika dosen atau guru menjelaskan pelajaran, jangan lupa untuk mencatat. Apabila ada hal yang belum kamu mengerti jangan sungkan untuk bertanya. Percaya atau tidak, semakin banyak yang kamu tanyakan semakin banyak yang kamu dapatkan. Manfaatkan waktu yang hanya beberapa jam dalam kelas untuk menyerap pengetahuan yang diberikan.

2. Baca ulang catatanmu ketika ada waktu luang
Di saat kamu punya waktu luang, sempatkan untuk membaca kembali catatan yang kamu buat selama di kelas.

3. Tulis dan jawablah soal yang menurutmu sulit, atau minta bantuan teman untuk menjawabnya
Berlatih dengan soal-soal yang sulit akan membuatmu terbiasa dengan standar soal yang lebih rendah. Bertanya kepada teman yang lebih paham atau membentuk kelompok belajar juga hal yang bagus.

4. Kerjakan pekerjaan rumahmu
Dosen ataupun guru memberikan PR tentu bukan untuk membebani para pelajar, justru untuk membuatmu lebih mengerti dengan materi yang telah diajarkan. Kebanyakan PR adalah soal-soal review dari materi yang telah kamu dapati. Mengerjakannya sendiri akan lebih baik.

5. Lakukan persiapan sebelum kelas dimulai
Sebelum kelas dimulai, persiapkan semua yang kamu butuhkan, baik itu buku pelajaran, buku tulis atau hand out dan sebagai macamnya yang kamu butuhkan. 

6. Lakukan dengan teratur
Manajerial yang bagus akan memudahkan proses belajar. Pisahkan buku-buku tulis untuk mata pelajaran yang berbeda. Jika terbiasa menggunakan satu buku yang sama, maka berilah penanda di setiap batas mata pelajaran yang berbeda.

7. Belajar dengan jadwal
Kamu mungkin juga perlu merencanakan jadwal belajarmu, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda. Tidak masalah jika waktu yang kamu alokasikan hanya 1 jam asalkan komitmen untuk menjalaninya setiap hari.

8. Cobalah sedikit lebih banyak membaca
Membaca akan memberikanmu pengetahuan baru dan hal-hal hebat lainnya (Baca: 10 Alasan Kenapa Membaca Buku Menyelamatkan Hidupmu). Membaca materi yang akan diajarkan di kelas akan membuatmu lebih dahulu mengerti tentang materi tersebut.

9. Mintalah keluarga atau sahabatmu untuk memberikan mini-test terutama ketika akan menghadapi ujian
Kamu bisa meminta mereka membuka bukumu dan memilihkan soal untuk kamu jawab.

10. Jangan panik ketika menemukan kebuntuan
Stay cool and focus on your work. Tetap berpikir jernih dan kamu akan sukses di masa depan.

11. Buatlah mind map atau peta pikiran
Membuat mind map adalah cara jitu untuk memahami hal-hal yang sulit. Lain kali akan saya tuliskan juga artikel tentang mind map ini, hehe.

12. Jauhkan gadget dan segala hal yang mengganggu!
Ini adalah godaan yang berat, setiap kali belajar cobalah untuk meletakkan jauh-jauh ponsel, pemutar musik atau benda-benda lainnya yang dapat mengganggu konsentrasimu dalam belajar. Toh, setelah jam belajarmu selesai kamu bisa kembali bercengkrama dengan mereka, bukan?

Setiap orang punya gaya belajarnya masing-masing. Punya target dan kiatnya masing-masing pula. Kalau ada yang bilang belajar itu adalah hal yang membosankan, saya cukup setuju. Tapi jika kita bandingkan proporsi waktu yang kita berikan untuk belajar dengan hal yang lain, mungkin kita akan menyadari bahwa terkadang kita tidak adil dengan diri sendiri. Semoga 12 kiat menjadi pelajar yang hebat ini bisa membantumu menjadi pelajar yang baik. Salam semangat.

error: Konten dilindungi