Saat berbincang-bincang dengan istri soal lemak pada tubuh, ia bilang kalau lemak tersimpan di bawah lapisan kulit. Ah, masa? Tanya saya. Dia menegaskan kembali jawabannya, dan tak lupa menyinggung soal perawatan sedot lemak yang mahalnya minta ampun. Tapi soal di bawah lapisan kulit yang mana, saya sih tidak menanya langsung, yang jelas lemak ada di bawah lapisan kulit.

Bicara tentang lapisan kulit, kulit saya duduk di bangku sekolah dasar (SD) dulu, banyak juga teman-teman yang suka bereskperimen dengan lapisan kulit—yah sebut saja begitu. Kami suka menautkan jarum pentul di lapisan kulit ari kami. Karena kulit ari adalah lapisan kulit teratas, jadinya “eksperimen” itu tidak memberikan rasa sakit.

Oh ya, soal lapisan kulit ini, adakah kamu masih mengingat apa saja lapisannya? Hei, itu adalah pelajaran ketika sekolah dulu, tapi barangkali banyak yang terlupa dengan ini. Bagaimana kalau kita bahas lagi?

Lapisan kulit manusia – Infographic vector created by brgfx – www.freepik.com

Lapisan-lapisan pada kulit manusia

Epidermis

Lapisan teratas dari kulit kita adalah lapisan epidermis atau kulit ari. Lapisan ini sangat tipis namun memiliki sifat tahan air. Pada lapisan ini, tidak ada pembuluh darah, jadi kalau epidermis tergoros tidak akan menimbulkan sakit. Itu jugalah alasan mengapa teman-teman SD saya suka menautkan peniti atau jarum pentul di kulit ari mereka.

Dermis

Dermis merupakan lapisan kulit yang berada di bawah lapisan epidermis. Pada lapisan dermis ini terdapat banyak ujung saraf yang menjadi indera peraba dan panas. Di lapisan ini juga lah terdapat folikel rambut, kelenjar keringat dan sebagainya. Pada lapisan ini juga terdapat pembuluh darah yang menyediakan makanan.

Hipodermis

Hipodermis merupakan lapisan kulit yang berada di bagian paling bawah. Lapisan ini merupakan lapisan paling tebal yang merupakan lapisan kulit lemak atau jaringan ikat. Pada lapisan hipodermis terdapat kelenjar lemak dan keringat. Hipodermis juga disebut sebagai jaringan subkutis atau subkutan. Pada lapisan ini lah terdapat lemak seperti yang saya singgung di atas tadi.

Menjaga kesehatan kulit dengan berolah raga teratur

Setiap lapisan kulit manusia diciptakan dengan fungsi masing-masing. Epidermis diciptakan untuk melindungi lapisan kulit yang lebih dalam di mana terdapat syaraf dan pembuluh darah. Baik lapisan epidermis, dermis maupun hipodermis harus dijaga dengan baik. Menjaga kulit itu sangat penting dalam kehidupan kita dan salah satu cara menjaga kesehatan kulit itu adalah dengan berolah raga.

Usahakan dalam seminggu kita berolah raga setidaknya 2 kali. Hal ini agar kulit kita dapat tetap kencang, bersih dan jauh dari penyakit. Kenapa demikian? Sebab olah raga dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kulit adalah bagian dari tubuh kita yang punya peran penting, terutama sebagai indera peraba.

Selain berolah raga, agar kulit tetap terjaga, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk perawatan kulit atau produk lainnya. Hanya saja, pilihlah dengan seksama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada kulit kita. Sebagai contoh memilih deodorant, pilihlah deodorant yang bersahabat dengan kulit seperti tidak menyebabkan iritasi dan sebagainya.

Nah, apakah kamu punya cerita menarik tentang kulitmu? Saya rasa kita semua punya cerita unik masing-masing, namun persoalan apakah mau dibagi atau tidak tentu urusan kita masing-masing. Hanya saja, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu kita mengenal tubuh kita dengan lebih baik, tentu saja salah satunya adalah lapisan kulit. Selanjutnya, jangan lelah untuk mempelajari hal lainnya ya.