ragam bahan pilihan baju kerja

Apakah anda adalah seorang pekerja? Bagaimana anda menjalani rutinitas kerja harian? Ternyata banyak faktor yang dapat mempengaruhi mood kita saat bekerja lho, salah satunya adalah pilihan baju kerja yang kita pakai.

Memilih baju kerja yang baik ternyata tak semudah membayangkannya. Banyak parameter yang harus kita pertimbangkan. Mulai dari model baju, ukuran hingga bahan yang ingin digunakan. Di pasaran cukup banyak bahan yang bisa dibeli per meter, tapi apakah semua bahan itu cocok untuk dibuat baju kerja?

Di samping itu, memang sih ada baju kerja langsung jadi alias siap pakai, tapi mencari baju jadi yang benar-benar cocok ukurannya dengan kita bukan hal yang mudah juga. Oleh karena itu, pilihan terbaik sebenarnya adalah mencari bahan sendiri lalu menjahitnya sendiri—maksud saya menyewa tukang jahit untuk mengerjakannya untuk kita. Nah, berikut beberapa pilihan bahan baju kerja yang umum digunakan.

Bahan Katun

Bahan katun adalah bahan paling populer untuk dijadikan baju apapun, tentu saja termasuk baju kerja. Katun ini berasal dari serat alami yaitu serat kapas. Kain katun memiliki beberapa kelebihan seperti tidak pas, gampang menyerap keringat, tidak mudah kusut, tidak luntur saat dicuci dan sebagainya. Nah, baju kerja yang dapat dibuat dengan bahan ini adalah kemeja formal.

Bahan Drill

Pernahkah anda mendengar bahan bernama Japanese Drill atau American Drill? Bahan drill ini cukup diminati lho, terutama sebagai bahan pilihan baju kerja. Dibandingkan dengan katun, bahan ini lebih tebal. Dulunya drill sering dijadikan bahan untuk seragam militer, namun sekarang sudah umum dipakai untuk pembuatan seragam kantor. Cuma biasanya bahan drill tidak dipakai sendiri, melainkan dipadukan dengan bahan dasar seperti katun dan bahan lainnya.

Bahan Tropical

Pernahkah anda mendengar bahan tropical? Jujur, saya juga baru tahu jenis bahan ini. Nah, bahan ini kerap dijadikan bahan untuk seragam kantoran lho. Kain tropical ini dijual di pasaran dengan beberapa merek dengan harga yang beragam

Bahan Wool

Selain katun, bahan kain dari serat alam lainnya yang sering dijadikan bahan pilihan baju kerja adalah wool atau wol. Bahan ini lebih sering dijadikan bahan jas karena lebih tebal dari katun. Kelebihan dari wol adalah lebih tahan terhadap panas sehingga tidak mengkilat pada saat dibentuk dengan setrika yang sangat panas.

Bahan Semi Wool

Bahan semi wool adalah bahan wol yang telah dicampurkan dengan bahan sintetis, salah satunya adalah poliester. Keunggulan bahan ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan wol murni. Hanya saja, terkadang standar bahan tidak jelas karena kadar campuran dapat mempengaruhi sifat dari kain atau bahan.

Bahan Sintetis

Bahan pilihan baju kerja terakhir adalah bahan sintetis atau bahan buatan. Salah satu bahan sintetis yang paling umum digunakan adalah poliester. Bahan ini kerap digunakan untuk membuat jas dan blazzer. Nah, keunggulan dari bahan ini adalah sifatnya yang elastis dan tebal. Selain itu bahan ini kuat dan tidak mudah kusut sehingga cocok digunakan untuk membuat baju kerja. Kekurangannya adalah bahan ini tidak sehalus dan seadem bahan dari serat alami seperti katun dan wol.

Pada akhirnya, mengenakan baju kerja yang aman dan nyaman adalah suatu kebutuhan yang dapat berpengaruh kepada produktivitas kerja kita. Ketika baju kerja yang kita gunakan nyaman, maka kita bisa bekerja dengan nyaman pula. Sebaliknya, jika baju kerja itu tidak nyaman, bisa jadi mood kita dalam bekerja dapat terpengaruh olehnya. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih bahan baju kerja ya.