tips memilih mesin cuci yang bagus

Selepas mendapatkan rezeki sebagai pemenang utama di salah satu kompetisi, saya dan istri berencana ingin membelikan ibu saya sebuah mesin cuci yang bagus. Secara, di rumah saya belum ada mesin cuci sementara cucian kami bejibun. Alhasil, kami putuskan untuk membelikan ibu sebuah mesin cuci baru dengan segera.

Rencana membeli mesin cuci baru ternyata tidak sesederhana yang saya bayangkan. Sebelum pergi ke toko yang ada di kota kecamatan, saya dan istri berdiskusi tentang merek mesin cuci yang bisa diandalkan. Lantas tersebutlah beberapa merek dari mulut kami. Awalnya saya ingin beli mesin cuci yang sama dengan yang saya dan istri pakai, tapi akhirnya justru pengen beli yang sama mereknya dengan yang ada di rumah mertua—yang biasa dipakai ibu dari istri saya.

Oh ya, memang memilih mesin cuci itu susah-susah gampang. Jika Anda berencana untuk mencari mesin cuci juga, beberapa tips di bawah ini barangkali bisa membantu Anda.

Tips Memilih Mesin Cuci yang Bagus

#1 Ketahui kebutuhan Anda terlebih dahulu

Sebelum membeli mesin cuci, Anda mesti menimbang-nimbang kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apakah Anda memang membutuhkan mesin cuci atau tidak. Misalnya, seberapa sering Anda harus mencuci. Apakah Anda sudah berkeluarga dan sebagainya.

Kenapa itu penting? Itu karena setiap kita punya kebutuhan yang berbeda, ibu rumah tangga tentu butuh mesin cuci dalam rutinitas pekerjaannya. Berbeda dengan mahasiswa atau pekerja yang masih lajang, daripada uang dibelikan buat mesin cuci, lebih baik bersabar mengucek baju agar uangnya bisa ditabung untuk uang pendidikan atau uang nikahan.

#2 Tentukan jenis mesin cuci yang Anda ingin beli

Mesin cuci punya jenis yang berbeda-beda lho. Misalnya dari segi jumlah tabung, ada mesin cuci 1 tabung dan ada yang 2 tabung. Berdasarkan pintunya juga berbeda, ada yang pintu di atas dan di samping. Istilah lainnya top loading dan front loading. Ke semua itu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing lho.

#3 Pilihlah kapasitas mesin cuci sesuai kebutuhan

Berkaitan dengan poin kedua tadi, kapasitas mesin cuci juga perlu diperhatikan. Jika Anda punya banyak cucian, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas besar agar tidak mengulang-ulang proses mencuci. Tapi jika cuciannya biasanya sedikit, pilih yang kecil saja.

Ketika membelikan mesin cuci untuk ibu, saya sengaja memilihkan kapasitas yang besar karena cucian ibu saya banyak. Dan ternyata, harganya juga tidak terpaut jauh antara kapasitas lebih kecil dengan yang besar.

#4 Beli mesin cuci dari merek atau pabrikan terpercaya

Ketika Anda sudah bisa mendefinisikan kebutuhan Anda, selanjutnya tinggal memilih mesin cuci yang ingin Anda beli. Pastikan untuk memilih mesin cuci dari pabrikan terpercaya. Kenapa demikian? Karena produk dari pabrikan terpercaya biasanya lebih awet dan terjamin kualitasnya. Paling tidak mereka punya mekanisme quality control dan sebagainya.

#5 Perhatikan garansi dan layanan purna jual

Tips memilih mesin cuci yang bagus terakhir adalah memikirkan garansi dan layanan purna jual. Yang namanya alat elektronik tidak ada jaminan tidak akan rusak, bukan? Oleh karena itu pilihlah mesin cuci yang jelas garansinya. Selain itu pilih juga yang gampang ditemukan tempat perbaikannya. Hal ini agar Anda bisa dengan mudah memperbaiki mesin cuci ketika terjadi kerusakan dan hal tidak diinginkan nantinya.

Nah, itulah tadi beberapa tips memilih mesin cuci yang bagus. Tips-tips di atas juga saya lakukan pada saat membelikan mesin cuci untuk ibu saya. Sekarang alhamdulillah mesin cuci itu sangat bermanfaat bagi ibu dan adik perempuan saya di rumah.

Apakah Anda punya cerita tentang memilih dan membeli mesin cuci? Jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar ya.[]