Saat pertama kali mencoba belanja online dulu saya dihantui oleh berbagai ketakutan. Contohnya takut barangnya tidak sampai, takut ditipu sama penjualnya. Ataupun jika barangnya sampai, takut tidak sesuai dengan deskripsi seperti rusak dan sebagainya. Pasalnya saat berbelanja online, kita tidak bisa cek langsung fisik barang, hanya bisa mengandalkan kepercayaan pada penjual dan toko online-nya.

Ya, benar-benar kepercayaan. Namun, jangan mudah percayaan juga. Ada juga orang-orang tidak bertanggung jawab yang berusaha merugikan pelanggan. Jadi kita harus jeli melihat mana kira-kira penjual yang amanah alias dapat dipercaya. Lantas, bagaimana kita bisa mengetahui ini? Nah, cara-cara berikut ini bisa dipertimbangkan oleh buyer atau pembeli sebelum belanja.

1. Pilihlah penjual yang sudah terverifikasi

Sebelum memutuskan untuk belanja online di suatu tempat, usahakan belanja pada toko/penjual/merchant yang sudah terverifikasi. Memang lebih baik belanja pada akun official dari suatu merek sih, tapi jika pun tidak pilihlah yang sudah terverifikasi oleh marketplace tempatnya berjualan. Misalnya beberapa contoh di bawah ini

penjual official blibli.com
Tangkapan layar dari Blibli.com

2. Jika pun belum, perhatikan rating penjual

Namun jika penjual yang ingin kamu beli produknya belum terverifikasi atau ditandai sebagai official merchant, kamu bisa memperhatikan rating penjual di marketplace. Semakin bagus rating-nya maka itu akan semakin terpercaya. Tingkatan rating dan prestasi itu juga ada, di Blibli.com misalnya. Mulai dari Silver, Gold hingga Diamond.

badge prestasi penjual blibli.com
Tangkapan layar dari Blibli.com

3. Baca review pada produk yang dijual oleh toko

Jangan lewatkan juga untuk membaca review atau ulasan produk yang akan kamu beli tersebut. Pastikan bahwa review-nya baik dan kalau bisa banyak. Agar kamu tahu bagaimana respon pembeli terhadap produk yang dikirimkan oleh penjual terkait.

4. Jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dari umumnya

Ini yang sering menjadi gerbang ketertipuan kita oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan pernah tergiur dengan harga yang sangat murah alias tidak wajar. Sebab bisa jadi yang dijual itu barang fiktif atau barang palsu. Lebih baik kita beli agak mahal tapi terjamin kualitas dan keasliannya.

5. Belanjalah pada toko atau marketplace yang memiliki pelayanan purna jual yang baik

Terakhir, untuk menanggulangi jika ada hal yang tidak baik terjadi pada barang yang kita beli, belanjalah pada toko online atau marketplace yang memiliki layanan purna jual yang baik. Apaan tuh layanan purna jual? Itu layanan yang bisa kamu dapatkan setelah suatu produk dibeli. Misalnya perlindungan konsumen seperti pelayanan retur atau pengembalian barang, asuransi pengiriman dan sebagainya.

Ada toko yang memberikan itu? Ya, ada, contohnya adalah Blibli.com. Tidak hanya memanjakan pembeli, Blibli.com juga memberikan kenyamanan dan dukungan penuh terhadap penjual lho.

Jualan Online di Blibli.com Lebih Untung Berkat Pelayanan Retur, Asuransi Pengiriman dan Merchant Care

Bisnis e-commerce atau perdagangan elektronik memang berkembang pesat saat ini. Berbagai orang dari berbagai kalangan berlomba-lomba untuk bisa meraup untung dari berjualan online. Nah, jika kamu punya keinginan untuk jualan online juga, kamu mesti jeli memilih toko online atau marketplace tempatmu berjualan.
Tidak hanya kemudahan dalam menjual produk, pastikan toko online yang kamu pilih juga memberikan pelayanan purna jual yang prima. Sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya, hal yang sangat urgen sekali untuk membangun kepercayaan calon pembeli adalah dengan layanan purna jual ini. Beruntungnya, Blibli.com sebagai marketplace kenamaan di Indonesia memberikan pelayanan retur dan asuransi pengiriman pada setiap produk yang kamu jual.

Mengapa Pelayanan Retur Penting?


Adanya fasilitas pelayanan retur ini sangat penting lho, ini sejenis garansi kepada konsumen terkait produk yang kamu jual. Garansi ini bagian dari perlindungan konsumen atas haknya untuk mendapatkan barang yang dibelinya secara online. Dengan adanya pelayanan retur, konsumen tidak akan ragu dan takut berbelanja seperti yang gambarkan di awal tulisan tadi.
Blibli.com sangat memikirkan penjual dan pembeli di platform mereka, sehingga memberikan informasi yang terbuka tentang cara menggunakan fasilitas layanan retur atau pengembalian produk yang tidak sesuai pesanan dan sebagainya.
Pengembalian produk di Blibi.com sangat mudah lho, pembeli cukup melengkapi formulir pengembalian produk dan kirim produk kembali ke Blibli. Cara lengkapnya adalah sebagai berikut:
  1. Login ke akun Blibli kamu, baik via dekstop, mobile web dan aplikasi
  2. Pilih menu atau tab “Pengembalian Produk” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”
  3. Pada tab “Pesanan Selesai” pilih produk yang ingin kamu kembalikan, pilih “Pengembalian Produk” dan lengkapi formulir
  4. Isi formulir dengan lengkap dan bubuhkan alasan mengapa produk ingin dikembalikan, setelah itu konfirmasi pengajuan
  5. Setelah pengajuan pengembalian produk diterima, kamu bisa mencetak label pengembalian produk untuk ditempel di paket yang akan dikembalikan
  6. Bungkus paketnya dengan rapi dan kirimkan ke alamat gudang retur Blibli. Jangan khawatir, biaya pengiriman produknya akan diganti Blibli kok
  7. Lebih detailnya, kamu bisa lihat video di bawah ya

Asuransi Pengiriman


Setiap merchant atau seller yang berjualan di Blibli juga tidak perlu khawatir akan keamanan dari produk yang dikirim, pasalnya Blibli memberikan jaminan dengan asuransi pengiriman. Blibli menjamin dari proses pembelian hingga pengiriman produk, produk itu terjamin akan sampai ke tangan pembeli.

Pun jika ditemukan masalah dalam proses pengiriman seperti produk lama sampai atau belum tiba, bahkan jika mengalami kerusakan saat diterima, Customer Care Blibli siap sedia 24/7 untuk menerima pengaduan pelanggan.

Nah, hebatnya lagi, jika pelanggan diberikan dukungan dengan Customer Care, penjual diberikan dukungan penuh dengan Merchant Care. Sehingga baik belanja dan jualan di Blibli.com sama-sama untung.

Lantas apa itu Merchant Care Blibli.com?

Merchat Care Blibli.com Buat Jualan Online Jadi Nyaman


Merchant Care adalah pusat bantuan atau call center yang disediakan khusus untuk membantu penjual mengatasi kesulitan dalam berjualan di Blibli.com. Dengan adanya merchant care ini siapapun menjadi mungkin untuk berjualan online, bahkan yang belum pernah berpengalaman sama sekali.
Lantas, bagaimana cara menghubungi Merchant Care Blibli?
Penjual bisa menghubungi Blibli via email di merchant.care@blibli.com atau telepon di 021-5797-7777. Layanan merchant care ini buka setiap hari lho dari pukul 08.00 – 22.00 WIB. Jadi jangan khawatir dengan akhir pekan atau hari libur.

Perlindungan Konsumen Adalah Salah Satu Kunci Sukses Berjualan

Kegiatan berjualan tidak akan ada artinya ketika tidak ada konsumen atau pembeli yang mau memboyong produk kita. Hei, itu sama ceritanya dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan–sama ngenesnya. Oleh karena itu, penjual yang smart pasti mau memberikan perlindungan konsumen seperti asuransi pengiriman, pelayanan retur dan sebagainya.
Saya jadi teringat sebuah pepatah lama bahwa “pembeli adalah raja”. Yes, itu mungkin masih relevan dengan zaman sekarang. Nah, untuk melayani “raja” ini tentu kita harus memberikan pelayanan terbaik dan memastikan hak-haknya aman.
Blibli sebagai marketplace atau platform jualan online sadar betul bahwa konsumen dan penjual adalah prioritas mereka. Hal itu mendorong mereka menciptakan banya terobosan untuk membuat kedua pihak tersebut dapat berjual-beli dengan aman dan nyaman di Blibli.com. Untuk penjual misalnya, ada banyak fasilitasnya, jadi akan sangat membantu sekali bahkan bagi pedagang pemula (lihat gambar di akhir tulisan ya).
So, kamu sendiri kepikiran untuk jualan online tidak? Jika iya, Blibli.com siap menjadi partner terbaik untuk kegiatan berjualan online-mu.[]