Salah satu zat atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi. Kebanyakan orang tahu bahwa sumber utama zat besi adalah daging merah, cuma daging kan mahal dan tidak semua orang bisa makan daging. Nah, kabari baiknya selain daging merah ternyata ada lho sayuran dengan zat besi tinggi yang bisa kita konsumsi.

For your information nih, zat besi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat utamanya adalah untuk mengangkut oksigen ke aliran darah. Tapi itu baru satu manfaat zat besi bagi tubuh lho teman-teman. Selain itu zat besi juga merupakan komponen utama pembentukan hemoglobin yang merupakan bagian dari sel darah merah. Zat besi juga bermanfaat dalam metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh secara normal hingga pembentukan hormon dan jaringan ikat.

So, dengan banyaknya manfaat zat besi bagi tubuh, kita perlu nih untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian kita. Sebab kekurangan zat besi bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh yang tidak bisa disepelekan seperti anemia, memicu rambut rontok, menimbulkan rasa lelah dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada bayi dalam kandungan.

Sayuran dengan Zat Besi Tinggi

Selain daging merah, sayuran ternyata juga mengandung zat besi yang tinggi lho teman-teman. Hal ini tentu menjadi sebuah kabar baik apalagi bagi mereka yang merupakan vegetarian. Nah, beberapa dari sayuran yang memiliki zat besi tinggi adalah sebagai berikut:
Bayam

Siapa sih yang tidak kenal dengan bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat diminati–bahkan oleh Popeye! Nah, konon dalam 3 cangkir bayam terdapat kandungan zat besi hingga 18 mg. Kalau dibandingkan dengan daging, zat besi yang bisa kamu dapatkan dari 3 cangkir bayam lebih banyak ketimbang 3 ons daging sapi.
Brokoli

Sayuran kriting yang unik ini ternyata menjadi salah satu sayuran dengan zat besi tinggi. Selain kadar zat besi yang tinggi, brokoli juga mengandung antioksidan, vitamin K, C dan magnesium. Brokoli cocok untuk kamu konsumsi sebagai pemasok kebutuhan zat besi harianmu.
Bok Choy
Bok choy merupakan sayuran asal Cina yang memiliki kadar zat besi yang tinggi lho teman-teman. Setidaknya terkandung 1,8 mg zat besi dalam 1 cangkir bok choy. Selain itu, sayuran ini juga kaya dengan vitamin A.
Kale

Kale merupakan sayuran sejenis selada yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 3 cangkir kale mengandung 3,6 mg zat besi.
Nah itulah beberapa sayuran dengan zat besi tinggi. Yang paling gampang dicari ya tentu bayam ya teman-teman. Ternyata Popeye gak bohong kalau makan bayam bisa bikin kuat–becanda. Well, sayuran memang dikenal sebagai makanan sehat yang mengandung serat dan zat bermanfaat bagi tubuh lainnya. Jadi, jangan enggan untuk makan sayur ya![]