Beberapa hari yang lalu seseorang mengontak saya via chat personal di Telegram, konon katanya beliau baru saja browsing dan “nyasar” di blog saya yang satunya lagi. Alhamdulillah, yang barsangkutan (ybs) mengapresiasi blog tersebut dengan baik; bermanfaat dan bisa tampil di halaman pertama hasil pencaharian Google. Menurut beliau itu suatu yang hebat, dan ybs tiba-tiba saja minta saya mengajarinya–meskipun sebenarnya saya hanyalah seorang blogger yang belum juga move on dari status pemula meskipun sudah mulai ngeblog sejak 2009.

Oh ya, tidak sekali sih saya mendapatkan pertanyaan seputar blog: bagaimana cara bikin blog; bagaimana agar tampak menarik; bagaimana konsisten nulisnya; bagaimana agar bisa mendapatkan uang dari blog (untuk pertanyaan ini saya hanya bisa berteori, tapi prakteknya jauh banget, hehe) dan pertanyaan senada lainnya. Nah, berlatar belakang itulah kali ini saya sempatkan untuk menulis tips membangun atau memulai sebuah blog dengan cara yang paling mudah.

Credit: Pixabay

Tapi,… satu hal yang perlu kamu pahami dengan benar: ngeblog lah untuk cinta bukan untuk uang! Kalau kamu mau ngeblog agar bisa dapat uang kayak blogger-blogger pengalaman itu, percaya deh, kamu akan berhenti di tengah jalan, sebab agar bisa mendapatkan uang dari blog itu bukanlah suatu hal yang mudah dan butuh waktu yang lalu. Jika kamu sudah bisa bersepakat dengan itu, mari kita mulai tips dan triknya.

Tips Membangun Blog Baru dengan Mudah

First of all, kamu perlu menentukan blog seperti apa yang ingin kamu bangun. Jika kamu ingin membangun sebuah blog pribadi itu akan sangat mudah. Namun kalau kamu ingin membangun blog dengan tema khusus, umumnya disebut blog niche, maka tema yang paling saya sarankan adalah yang paling dekat dengan kamu. Misalnya kamu punya hobi fotografi maka kamu bisa bikin blog seputar fotografi itu atau blog yang memuat hasil jepretanmu.

Kalau kamu suka jalan-jalan, kamu bisa jadi travel blogger. Kalau kamu suka main game, bikin blog review game. Suka bikin kerajinan tangan? Ceritain aja di blog. Kalau kamu menulis apa yang kamu sukai, insyaa Allah membangun blognya akan mudah.

Pilih Platform yang Paling Cocok

Sekarang kamu sudah punya tema yang akan kamu tekuni (termasuk blog pribadi). Selanjutnya kamu perlu memilih platform blog yang tepat buat kamu. Di internet banyak sekali platform blog gratis yang bisa kamu gunakan. Contohnya Blogger (blogspot), WordPress, Tumblr, LiveJournal, Wix dan lain-lain. Yang paling digunakan adalah 3 pertama di daftar tadi. Masing-masingnya punya kelebihan dan kekurangan. Tapi kalau boleh saran buatlah dengan Blogger saja.

Kenapa dengan Blogger?

Karena kalau dengan blogger mudah dipercantik, mudah diganti domainnya, mudah dimonetisasi atau diuangkan. Blog saya ini dasarnya juga Blogger yang kemudian saya ganti domainnya agar gak pakai .blogspot.com atau .blogspot.co.id lagi.

Mulai Bikin Blog dan Menulis

Yang paling berat dari membangun sebuah blog ini adalah menulisnya dengan konsisten. Tapi agar bisa menjadi blogger profesional kamu harus menjalani hal semacam ini. Berusahalah untuk mengupdate blogmu secara berkala, minimal satu kali dalam seminggu. Jika sudah bisa konsisten dengan upaya update sekali seminggu itu kamu bisa meningkatkan frekuensinya menjadi 2 kali seminggu dan sebagainya.

Cara Cari Pengunjung yang Paling Mudah

Ketika kamu sudah lama ngeblog besar kemungkinan pengunjung bisa datang dengan sendirinya, misalnya melalui Google atau memang pembaca setia blogmu. Tapi kalau masih baru-baru, kamu memang perlu usaha ekstra. Kamu perlu promosi yang giat.

Adapun cara promosi yang bagus adalah dengan membagikan tautan blogmu ke media sosial yang kamu punya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Menulis

Gabung di Komunitas Blogger

Sebagai seseorang yang baru belajar tentu kita perlu banyak-banyak membaca. Banyak bertanya dan banyak mencoba. Oleh karena itu, bergabung di komunitas blogger akan sangat membantumu.

Komunitas blogger itu banyak, ada yang online dan offline. Di tiap daerah biasanya ada komunitas bloggernya tersendiri. Namun jika kamu kesulitan bergabung dengan komunitas offline seperti itu, kamu bisa gabung di komunitas online kok. Cari saja grupnya di Facebook, misalnya “Blog of Friendship” dan “Warung Blogger” (2 dari sekian komunitas blogger yang saya ikut–meskipun pasif di sana.

Be Consistent and Persistent

Terakhir, jadilah seorang blogger yang konsisten dan persisten atau gigih. Satu atau dua bulan pertama blog kamu mungkin bakal sepi–sedikit kunjungan, jarang komentar, dan lain-lain. Tapi apapun di hidup ini perlu proses, bukan? Jadi nikmati saja prosesnya.

Semoga tips di atas bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis di komentar 🙂

error: Konten dilindungi