Diagram alir atau biasa juga disebut bagan alir atau flowchart dalam bahasa Inggris adalah sebuah diagram atau bagan yang disusun dengan simbol-simbol grafis untuk menunjukkan aliran proses atau algoritma tertentu. Diagram ini menjelaskan langkah-langkah sistematis dari proses-proses pada suatu kegiatan yang diwakili dengan simbol dan tanda panah.

Pada penggunaannya, diagram alir sering digunakan untuk menjelaskan metodologi penelitian dalam metode ilmiah, sistem produksi atau sistem-sistem lainnya. Diagram ini sangat membantu menjelaskan kegiatan tanpa harus dituliskan dalam uraian panjang dan bertele-tele.

diagram alir

Diagram alir dan simbol-simbolnya

Kamu yang masih berstatus sebagai siswa ataupun mahasiswa wajib untuk mengenali diagram alir ini. Diagram alir akan digunakan pada tugas-tugas ilmiahmu. Jika kamu memperhatikan ruang kerja saat membuka aplikasi Microsoft Word kamu akan menemukan simbol-simbol berbentuk persegi panjang dan sebagainya pada tab insert > shape. Simbol-simbol itulah yang merupakan simbol diagram alir atau bagan alir.

Setiap simbol dari diagram alir mewakili proses tertentu. Berikut simbol-simbol flowchart itu dan masing-masing kegunaannya.

Klik untuk memperbesar (sumber conceptdraw.com)

Lebih dari 20 simbol diagram alir yang bisa digunakan namun hanya beberapa yang kerap dipakai pada aplikasi diagram alir sederhana. Beberapa simbol yang kerap dipakai itu adalah sebagai berikut:

Terminator
Simbol diagram alir ini berbentuk persegi panjang dengan masing-masing sisi kiri dan kanannya berbentuk setengah lingkaran. Simbol ini berfungsi sebagai petunjuk awal atau akhir diagram.

Proses
Simbol proses diwakili oleh persegi panjang. Simbol ini menyatakan proses yang dilaksanakan pada tahapan tertentu. Misalnya proses “pengadukan tepung dengan telur” pada diagram alir cara membuat kue bolu.

Data
Simbol data diwakili oleh jajar genjang. Simbol ini menyatakan ada input atau output data dari suatu pekerjaan yang dijelaskan oleh diagram alir. Misalnya pada contoh membuat kue bolu tadi. Input datanya bisa seperti “1 kg gula dan 2 kg tepung terigu”, sedangkan untuk output bisa seperti “2 kg adonan kue”.

Keputusan (Decission)
Pada diagram alir ada proses yang berarti pengambilan keputusan. Apakah keputusannya “iya” atau “tidak”, jika iya maka lanjut, jika tidak maka kembali ke proses tertentu. Misalnya pada proses pembuatan adonan kue kering, adonan harus cukup kering agar bisa dicetak. Jika sudah kering maka lanjut ke proses setelahnya, jika belum kering maka kembali ke proses awal.

Konektor (Penghubung)
Simbol konektor berupa lingkaran. Simbol ini berfungsi untuk membagi diagram alir yang terlalu panjang untuk ditulis di halaman setelahnya. Simbol ini sepasang dengan penyambung konektornya yang akan saya jelaskan di bawah.


Penyambung Konektor 
Simbol penyambung konektor berbentuk seperti persegi yang bagian bawahnya ditambah segitiga. Kegunaan dari simbol ini adalah untuk menyambung diagram alir dari halaman sebelumnya.


Panah
Tanda panah pada diagram alir menunjukkan arah atau alur diagramnya.

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Berikut gambar yang lebih jelas untuk masing-masingnya.

simbol flowchart

Contoh Diagram Alir

Berikut adalah contoh lengkap diagram alir untuk “Diagram membuat kue kering”. Berikut ini adalah algoritma dari cara membuat kue kering:

  1. Mulai
  2. Siapkan peralatan seperti baskom, bantalan adonan, mixer, cetakan, oven dan lainnya
  3. Sediakan bahan seperti tepung, gula, mentega, dan lainnya
  4. Bahan-bahan: tepung 200 g, air 300 ml, gula 100 g
  5. Campurkan semua bahan dengan mixer
  6. Cetak adonan dengan cetakkan
  7. Masukkan kue yang sudah dicetak ke dalam oven
  8. Angkat dan lihat apakah sudah matang
  9. Angkat kue dan hidangkan
  10. Selsai

Note: resep di atas asal-asalan, hanya untuk contoh materi mengenai diagram alir ini

Dari algoritma di atas kita dapat menerjemahkannya menjadi diagram alir seperti gambar di bawah ini:

contoh diagram alir

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat diagram alir adalah pastikan algoritma yang kamu buat sudah benar. Jika sudah benar terjemahkan ke diagram alir dengan simbol-simbol yang cocok agar orang yang membaca tidak salah menerjemahkan. Jika diagram tersebut terlalu panjang maka bagilah menjadi beberapa bagian dengan menggunakan konektor.

Itulah artikel ulasan mengenai diagram alir yang meliputi pengertian diagram alir, simbol-simbol diagram alir hingga contoh diagram alir itu sendiri. Semoga materi ini bisa bermanfaat.

error: Konten dilindungi