Pantun merupakan salah satu puisi lama yang sangat digemari oleh masyarakat. Banyak masyarakat Indonesia yang hobi berpantun terutama mereka yang berasal dari melayu. Balas-berbalas pantun pun kerap dilakukan dalam keseharian apalagi dalam acara adat. Namun, tahukah kamu bahwa pantun ini banyak jenisnya? Berikut jenis-jenis pantun dan contohnya yang dapat menambah pengetahuanmu di khazanah Sastra Indonesia.

jenis jenis pantun

Jenis-jenis Pantun

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jenis-jenis pantun baiknya kita ketahui secara umum mengenai pantun itu terlebih dahulu. Asal mula istilah pantun adalah dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “penuntun”. Mulanya pantun merupakan sastra lisan namun semakin hari pantun juga bisa dijumpai pada sastra tulisan.

Secara umum, ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut:
Memiliki bait yang terdiri dari 4 larik
Setiap larik terdapat 8-12 suka kata
Memiliki rima (a-b-a-b) atau (a-a-a-a)
Baris pertama dan kedua adalah sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi

Adapun jenis-jenis pantun adalah sebagai berikut:

Pantun Nasehat
Pantun nasehat merupakan pantun yang berisi ajakan kepada kebaikan atau teguran terhadap kesalahan-kesalahan dan mengandung pesan atau amanat di dalamnya agar seseorang dapat lebih baik. Pantun nasehat sangat mudah ditemukan dalam kehidupan

Pantun Jenaka
Pantun jenaka adalah pantun hiburan yang berisi candaan untuk menghibur orang yang mendengar atau membaca. Kadang pantun jenaka juga digunakan untuk menyindir seseorang dalam nuansa yang penuh keakraban sehingga tidak membuat tersinggung. Pantun ini bertujuan untuk memecah suasana agar menjadi riang.

Pantun Muda
Pantun muda adalah pantun khusus ditujukan atau digunakan oleh anak muda dalam pergaulannya. Pantun ini umumnya berisi muatan cinta dan hal-hal lain terkait masalah percintaan.

Pantun Anak
Pantun anak adalah pantun khusus untuk anak-anak, semua hal yang ada dalam pantun anak ini harus berkaitan dengan dunia anak.

Pantun Agama
Pantun agama adalah pantun yang berisi muatan tentang agama, lebih khususnya ajaran dalam agama, mengenai anjuran atau larangan.

Pantun Adat
Pantun adat adalah pantun yang berkenaan dengan adat tertentu yang berlaku pada daerah tertentu pula. Setiap daerah biasanya memiliki pantun adat mereka masing-masing. Pantun adat sering dibawakan ketika acara-acara adat.

Pantun Teka-teki
Pantun teka-teki adalah pantun yang berisi tebak-tebakan. Pantun ini menuntut jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Pantun Dagang
Pantun dagang merupakan pantun yang berisi kata-kata yang mengungkapkan nasib atau keadaan seseorang. Biasanya dinyanyikan atau dibacakan oleh para perantau yang tiba-tiba ingat kampung halamannya atau yang nasibnya tidak seberuntung temannya yang lainnya.

Pantun Kepahlawanan
Pantun kepahlawanan adalah pantun dengan muatan yang berhubung dengan semangat juang kepahlawanan.

Itulah tadi jenis-jenis pantun yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui jenis pantun ini kamu telah berpartisipasi dalam melestarikan warisan sastra Indonesia. Bangsa besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah dan budayanya. Salam.[] 

error: Konten dilindungi