Sebelum terlalu jauh, saya ingin sampaikan bahwa tulisan kali ini saya buat berdasarkan opini pribadi. Tentang alasan mengapa kamu harus mengambil kuliah S2 baik setelah kuliah S1-mu baru saja selesai (fresh graduated) maupun ketika kamu sudah terlanjur kerja.

Memang pada dasarnya tidak semua orang yang mau melanjutkan kuliahnya karena beberapa alasan seperti: kuliah S1 saja sudah bikin pusing, apalagi S2; mau kerja dulu karena S2 pun ujung-ujungnya cari kerja; gak mau lanjut sekolah karena takut telah nikah *thinking*

Alasan kuliah S2

Well, banyak alasan yang ada untuk menidakkan lanjut kuliah, tapi tentu juga ada alasan untuk mengiyakannya. Alasan itu saya rangkum menjadi 7 poin sederhana, jikalau menurutmu masih ada poin yang tertinggal jangan sungkan untuk menambahkan di kolom komentar.

Alasan mengapa harus lanjut ke jenjang S2

Sebab, gelar S1 saat ini sudah terlalu mainstream
Semakin zaman berkembang, standar pendidikan akan semakin tinggi. Dulu gelar sarjana saja sudah sangat wah di mata masyarakat. Tapi saat ini, gelar sarjana sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan guru-guru di sekolah sekarang sudah dituntut berpendidikan minimal S2, bukan S1 lagi. Oleh karena itu, mengambil kuliah S2 benar-benar perlu.

Demi memperdalam ilmu atau keahlian tertentu
Apa yang kita pelajari di S1 nyatanya hanya kulit-kulitnya saja. Lebih dari itu, kita mempelajari semuanya dalam rentang waktu yang sama. Ketika S2, seseorang dapat memilih ilmu atau bidang keahlian tertentu, bahkan sesuatu yang sangat spesifik.

Menambah profesionalitas
Jika lulusan S1 adalah pekerja yang harus berurusan dengan lapangan, lulusan S2 adalah konseptor atau konsultan dari mereka. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin profesional pekerjaan yang akan dilakoninya.

Untuk menambah citra baik di masyarakat
Tidak dapat dipungkiri jika gelar akademik dapat menambah baik citra seseorang di mata masyarakat. Semakin tinggi gelarnya maka akan semakin dihormati ia sebagai seorang yang terpelajar.

Syarat untuk naik jabatan
Banyak dari mahasiswa S2 melanjutkan pendidikan demi mendapatkan gelar dan ijazah yang menjadi syarat untuk kenaikan jabatan. Sehingganya, melanjutkan kuliah ke jenjang S2 adalah suatu kewajiban.

Meningkatkan taraf hidup
Gelar akademik yang tinggi berbanding lurus dengan besar gaji yang akan didapatkan seseorang dalam pekerjaan. Besarnya penghasilan adalah salah satu indikator taraf hidup seseorang.

Menambah derajat di mata Tuhan
Dan yang paling penting, sebagaimana yang tertulis dalam al-Qur’an, seseorang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya oleh Tuhan. Semakin banyak ilmu yang ia peroleh semakin baik kedudukannya.

Tujuh poin mengenai mengapa harus lanjut S2 di atas hanyalah beberapa dari alasan-alasan lainnya. Hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ke tengah kita menjadi faktor lain yang “memaksa” kita untuk berpacu dalam meraih ilmu sebagai bekal bersaing dengan orang-orang asing. Oleh karena itu, semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin baik.

Bagi kamu yang ingin lanjut S2 tapi masih banyak pikiran, terutama tentang biaya kuliah yang tidak sedikit, hari ini banyak beasiswa yang bisa kamu ikuti kok. Setidaknya jika kuliah dengan beasiswa kamu tidak akan merepotkan keluarga lagi dan bisa belajar dengan nyaman karena ada jaminan keuangan. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan ke S2?

Itulah celotehan saya mengenai 7 alasan mengapa kamu harus mengambil kuliah S2. Semoga celotehan ini bermanfaat. Sekiranya bermanfaat jangan lupa bagikan dan tinggalkan komentar di bawah. Semoga kita semua menemukan jalan yang baik di masa depan. Aamiin. 

error: Konten dilindungi