Anda mahasiswa? Saya juga. Bicara tentang mahasiswa, kita memiliki kewajiban untuk melaksanakan penelitian sebagaimana poin kedua dalam tri dharma perguruan tinggi. Bagi mahasiswa S1 disebut skripsi, bagi mahasiswa S2 disebut tesis sedangkan bagi mahasiswa S3 disebut disertasi. Dalam penulisan ketiga hal tersebut anda akan membutuhkan jurnal ilmiah sebagai referensi, namun sayangnya jurnal ilmiah yang ada hampir semuanya berbayar, apakah tidak ada yang gratis? Ada kok, kali ini saya akan berbagi cara mencari jurnal ilmiah secara gratis.

#1 Berburu jurnal open access

Cara pertama adalah mencari jurnal ilmiah yang bersifat open access alias dapat diakses secara terbuka. Beberapa publisher jurnal memiliki jurnal tipe ini. Pada Elsevier misalnya, via sciencedirect.com anda bisa mencari jurnal gratis. Berikut caranya:

  1. Masuk ke situs sciencediret
  2. Isikan kata kunci pencarian anda
  3. Klik search
  4. Ganti opsi di samping menjadi open access (perhatikan gambar di bawah)

Klik untuk memperbesar

#2 Cari informasi apakah kampus anda berlangganan

Beberapa kampus berlangganan jurnal ilmiah tertentu untuk menunjang penelitian di kampus tersebut. Jika kampus anda telah berlangganan maka anda dapat menggunakan jaringan internet kampus untuk mengunduh jurnal ilmiah berbayar secara gratis.

#3 Menggunakan Google Scholar

Google memiliki mesin pencari khusus untuk karya dan jurnal ilmiah. Anda bisa menggunakannya untuk mencari referensi. Hanya saja tidak semua jurnal dapat di download. Boleh dicoba, manatahu ada yang bisa di download untuk anda jadikan referensi. Caranya, buka scholar.google.com dan ketikkan kata kunci anda.

#4 FreeFullPDF.com

Sama halnya dengan Google Scholar atau Google Cendikia, situs ini juga dapat melakukan pencarian khusus untuk menemukan paper atau publikasi. Tidak ada salahnya untuk dicoba. Update : situs ini sudah tidak aktif lagi

Free Full PDF

#5 Research Gate

Research Gate itu semacam komunitas online bagi peneliti, di situs ini peneliti bisa mengupload jurnal mereka atau saling request jurnal secara gratis. Untuk mendaftar ke researchgate.net, anda harus menggunakan email institusi atau kampus untuk mendaftar. Silakan ke LPTIK atau ICT masing-masing untuk meminta email student atau email khusus mahasiswa.

Research Gate

#6 Minta tolong download ke teman

Cara download jurnal ilmiah gratis lainnya adalah minta tolong kepada teman anda. Jika anda memiliki teman yang sedang kuliah di luar negeri atau di kampus-kampus yang berlangganan jurnal ilmiah, anda bisa meminta bantuannya untuk mendownloadkan beberapa jurnal untuk anda gunakan.

#7 Directory of Open Access Journal (DOAJ)

DOAJ adalah direktori khusus untuk mencari jurnal yang berstatus open access, anda bisa mendowload jurnal gratis dari beberbagai publisher melalui situs ini. Silakan menuju doaj.org 

Nah, itulah 7 cara download jurnal ilmiah secara gratis yang bisa anda coba. Semakin banyak referensi yang anda gunakan dalam penelitian anda maka akan semakin berbobot penelitian tersebut. Selain itu anda juga dapat mempelajari mengenai novelti atau kebaruan dari penelitian dan tren penelitian saat ini. Salam semangat.

error: Konten dilindungi